6 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin

Bagikan :

kekurangan vitamin, kekurangan vitamin c, kekurangan vitamin d
6 Tanda Tubuh Anda Kekurangan VitaminJika sebelumnya Anda tidak pernah memperhatikan kesehatan, maka mulai sekarang Anda harus segera menyadari dan membuat beberapa usaha untuk kesehatan Anda di masa depan. Ada kalanya, Anda tidak mendapatkan semua vitamin yang Anda butuhkan sepanjang hari. Jika tubuh Anda tak cukup memiliki jumlah vitamin dan mineral yang tepat, maka tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Tulisanwanita.com memberikan beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin.

Meski sudah makan teratur, belum tentu menjamin akan memiliki semua vitamin yang dibutuhkan tubuh. Beberapa faktor yang mungkin dapat berkontribusi besar dari kekurangan vitamin sebagai berikut :

  1. Umur, ketika usia bertambah, tubuh semakin sulit menyerap vitamin.
  2. Masalah pencernaan, saat tubuh Anda merasa sulit mencerna berbagai makanan, maka ada juga kemungkinan tubuh Anda tidak mendapatkan vitamin yang Anda butuhkan.
  3. Kondisi medis lainnya, beberapa kondisi kesehatan tertentu juga bisa menghentikan penyerapan vitamin yang Anda butuhkan.

Ada beberapa tanda yang akan Anda lihat langsung karena tampak jelas pada tekstur kulit Anda. Misalnya, apakah Anda tahu sebenarnya jerawat bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin? Anda juga mungkin memiliki beberapa bintik-bintik kulit kecoklatan karena disebabkan oleh kurangnya vitamin.

Jenis vitamin penting yang Anda perlukan
Ada banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh, tetapi Anda harus mengenal beberapa vitamin penting yang akan menentukan kesehatan Anda.

  • Vitamin D – Ini adalah vitamin yang dibutuhkan baik tua ataupun muda. Jika Anda kekurangan vitamin D, maka akan meningkatkan kesempatan Anda terkena beberapa masalah medis. Seiring bertambahnya usia, vitamin D semakin banyak dibutuhkan.
  • Vitamin B12 – Fungsi otak akan bekerja maksimal jika Amda memiliki cukup vitamin B12. Anda bisa mendapatkannya dari beberapa suplemen dan produk makanan lainnya.
  • Vitamin A – Ini adalah vitamin yang Anda butuhkan untuk menjaga mata tetap sehat. Pada saat yang sama, vitamin ini juga dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda.
  • Vitamin C – Apakah Anda ingin memperkuat pembuluh darah Anda? Mungkin Anda ingin membuat kulit Anda tampak lebih sehat? Anda hanya perlu mengkonsumsi cukup vitamin C. Ada juga beberapa krim topikal yang mengandung Vitamin C.
  • Vitamin E – Apakah Anda tahu bahwa radikal bebas dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan? Jika Anda ingin tetap sehat, Anda dapat mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah yang tepat. Anda juga dapat meningkatkan sirkulasi darah Anda dengan cara ini.
  • Besi – Apakah Anda tahu bahwa besi bertugas memberikan sel darah merah? Jika Anda tidak memiliki cukup zat besi dalam tubuh Anda, Anda mungkin merasa sedikit mual karena tidak memiliki pasokan oksigen yang cukup untuk tubuh Anda.

Selain vitamin yang disebutkan di atas, masih ada lagi banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, kalsium untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat. Anda juga perlu kalium untuk menurunkan tekanan darah dan tetap dibawah kontrol.

6 Tanda jika tubuh Anda kekurangan vitamin

1. Rambut rontok
Ketika rambut Anda rontok, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki kondisi kesehatan yang serius. Juga bisa berarti bahwa Anda kekurangan Vitamin B7 yang bertugas membuat rambut dan kuku lebih kuat. Vitamin ini juga dapat membantu dalam metabolisme lemak Anda.

Jika Anda ingin mengkonsumsi jumlah vitamin B7 yang tepat, sumber terbaiknya adalah telur, alpukat, kacang-kacangan dan pisang.


2. Mati rasa pada beberapa bagian tubuh
Ketika beberapa bagian tubuh Anda mati rasa, ini mungkin disebabkan karena Anda tidak mengubah posisi terlalu lama. Tapi jika Anda sudah menubah posisi dan sering bergerak tapi masih merasa ada beberapa bagian dari tubuh Anda mati rasa, maka ini adalah tanda kekurangan vitamin B. Ada saraf perifer yang dipengaruhi oleh kurangnya vitamin B yang belum Anda cukupi setiap hari.

Selain dari beberapa bagian tubuh yang mati rasa, Anda juga mungkin merasakan beberapa sensasi rasa seperti ditusuk-tusuk atau kesemutan pada beberapa bagian tubuh, terutama pada tangan dan kaki. Jika Anda ingin mendapatkan vitamin B yang cukup, Anda perlu menambahkan banyak sayuran hijau dalam diet Anda. Jika Anda tidak terlalu suka makan sayuran, Anda dapat menambahkan daging merah dalam diet Anda.

3. Kram
Banyak hal yang dapat menyebabkan kram. Misalnya berenang dan tiba-tiba kaki rasanya kram dan sulit digerakkan dalam jangka waktu tertentu. Ada kalanya kram dapat berlangsung lama. Ketika Anda merasakan kram, ini tanda bahwa Anda kekurangan magnesium, kalsium dan potasium. Ini semua dibutuhkan oleh tubuh.

Jika Anda sering menderita kram, itu berarti semakin tinggi jumlah nutrisi dan vitamin yang Anda butuhkan secepatnya. Anda bisa mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dengan menyertakan beberapa kacang-kacangan pada diet Anda. Makan lebih banyak sayuran juga akan membuat banyak perbedaan.

4. Benjolan pada kulit
Benjolan pada kulit mungkin tampak sedikit aneh dan agak mirip dengan jerawat. Anda akan menjumpainya di berbagai bagian tubuh jika Anda kekurangan asam lemak omega 3. Anda mungkin juga kekurangan Vitamin A dan C.

Jangan lupa menyertakan ikan laut dalam diet Anda, karena banyak memiliki kandngan asam lemak omega 3.
Tambahkan lebih banyak sayuran sebagai bagian dari diet Anda. Anda dapat mengganti kentang putih dengan ubi jalar.

5. Periksa sudut bibir Anda
Jika Anda melihat ada yang berbeda pada sudut mulut Anda, Anda tidak perlu khawatir. Tapi jika Anda melihat beberapa retakan di sudut-sudut mulut Anda, ini menandakan bahwa Anda bukan saja kekurangan vitamin tetapi juga beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh.

Untuk meningkatkan jumlah mineral yang Anda butuhkan, Anda dapat menambahkan kerang atau tiram dalam diet Anda. Anda juga perlu untuk menyertakan kembang kol dan brokoli sebagai bagian dari diet Anda.

6. Berkeringat berlebihan
Jika Anda berkeringat terlalu banyak meski berada di tempat yang agak dingin maka ini merupakan tanda bahwa Anda kekurangan vitamin D. Salah satu gejala yang paling menonjol adalah Anda melihat keringat muncul pada dahi Anda. Anda perlu terkena sinar matahari pagi.

Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari ikan makarel dan belut dalam diet Anda. Jika Anda suka susu, maka Anda harus mencari susu yang diperkaya vitamin D.

Hal lain yang harus Anda ingat ketika Anda mengalami masalah kekurangan vitamin adalah perasaan murung. Anda mudah marah dengan orang lain dan tidak bisa mengendalikan suasana hati Anda. Anda harus menelusuri semua tanda-tanda yang disebutkan diatas, karena jika tidak maka Anda mungkin akan mengalamu banyak masalah kesehatan lebih banyak lagi.

Bagikan :

You may also like...