6 Tips Membuat Bayi Anda Tidur di Malam Hari

Bagikan :

cara agar bayi tidur, tips menidurkan bayi malam hari
6 Tips Membuat Bayi Anda Tidur di Malam HariPerlu kesabaran ekstra dan ketelatenan bagi orang tua baru dalam merawat bayi yang baru lahir. Salah satunya adalah menyesuaikan jam tidur bayi. Siklus jam tidur bayi usia 0 sampai 4 bulan memang belum teratur. Ada beberapa bayi tidur nyenyak sepanjang malam dan ada juga beberapa bayi tidak bisa tidur dan terbangun di malam hari. Hal yang paling penting yang perlu Anda lakukan untuk membuat bayi Anda tidur pulas di malam hari adalah dengan cara membangun dan mengikuti pola kebiasaan. Jika Anda kesulitan mencoba untuk membuat bayi Anda tidur agar Anda bisa beristirahat secukupnya di malam hari, Tulisanwanita menuliskan beberapa cara untuk melakukannya.

1. Membangun rutinitas waktu memberi makan atau minum ASI
Sebelum membuat bayi Anda tidur pulas di malam hari, berilah dia makan atau susui terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi agar dia tidak terbangun di malam hari karena lapar. Dengan menyusuinya sebelum dia tidur, juga bisa bermanfaat agar bayi tidak mudah terganggu dengan suara di sekitarnya.


2. Periksa popoknya
Ada juga bayi terbangun dan menangis tengah malam bukan disebabkan karena haus/lapar, tapi karena tidak merasa nyaman dengan popok yang dikenakannya. Bila Anda memilih popok kain daripada popok sekali pakai, maka Anda harus lebih sering memeriksa dan menggantinya. Pilihlah popok dengan daya serap tinggi. Popok yang kotor menjadi sarang bakteri dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi Anda.

3. Mandikan dengan air hangat
Mandi dengan hangat sebelum tidur juga dapat membuat bayi Anda tidur lelap. Pijat dengan lembut dan hati-hati saat dia mandi untuk merelaksasi tubuh kecilnya.

4. Mengatur suasana tidur bayi
Sejak berada dalam kandungan, bayi sudah mengenal irama sirkadian. Irama sirkadian adalah jam biologis pada tubuh manusia. Setelah dia lahir dan beradaptasi, bayi juga mengikuti irama sirkadian ini. Biasakan bayi Anda tidur dengan suasana tenang, supaya dia tahu jika suasana seperti itu berarti waktunya tidur.

4. Mengatur pola tidur bayi
Bagi bayi yang masih berusia 0 sampai 4 bulan, memang belum bisa diatur pola tidurnya. Namun, setelah dia menginjak usia 4 bulan, otak bayi mulai bisa mengenali kapan waktu siang atau malam hari. Cobalah menerapkan jam tidur siang dan malam hari untuk si kecil. Tidur siang membantu bayi Anda memenuhi jam tidur malamnya yang kurang. Bangunkan dia jika sudah waktunya makan, biasanya 2 atau 3 jam sekali. Akan lebih baik jika waktu tidur siangnya lebih singkat daripada tidur malamnya.

5. Pastikan bayi Anda tidak terlalu kedinginan atau kepanasan
Cobalah menyesuaikan suhu dan pakaian bayi Anda untuk memastikan bahwa bayi tidak terlalu kedinginan atau kepanasan. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, karena penyesuaian bayi tentu berbeda dari orang dewasa dan Anda hanya bisa mengetahuinya dengan memeriksa temperatur ruangan dan pakaiannya.

6. Berikan bayi Anda sesuatu yang berbau seperti Anda atau mengingatkannya kepada Anda
Bisa selimut atau mainan yang bisa Anda tempatkan di dalam buaian. Bayi tidur nyenyak ketika mereka merasa terlindungi orangtuanya. Anda bisa juga menerapkan metode kanguru (skin to skin care), yaitu dengan meletakkan bayi baru lahir diatas dada Anda tanpa memakai kain penghalang apapun. Dengan metode seperti ini bayi Anda seolah merasa seperti masih berada dalam kandungan dan membuatnya menjadi jarang menangis.

Setelah Anda mengetahui tips membuat bayi Anda tidur di malam hari, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Dengan mengetahui kebutuhan bayi Anda dan mengikuti rutinitas, maka Anda dan bayi dapat tidur dengan baik.

Bagikan :

You may also like...