7 Alasan Mengapa Penerimaan Diri Sangatlah Penting

Bagikan :

penerimaan diri, penerimaan diri (self acceptance)
7 Alasan Mengapa Penerimaan Diri Sangatlah PentingPenerimaan diri (Self-acceptance) dapat didefinisikan sebagai cara dimana Anda selalu terbuka dan mampu menerima diri sendiri dengan segala kelebihan maupun kelemahan. Ini termasuk cerminan yang Anda miliki tentang diri Anda di mata Anda sendiri. Tulisanwanita.com memberikan beberapa alasan mengapa penerimaan diri dibutuhkan untuk kesejahteraan fisik dan mental seseorang.

1. Membantu Anda untuk merasa percaya diri
Penerimaan diri adalah dasar dari rasa percaya diri. Jika Anda tidak dapat menerima diri sendiri sebagaimana diri Anda, maka kepercayaan diri Anda tidak akan bisa terpancar. Anda selalu yakin dan bisa meyakinkan diri ketika Anda menyadari dan bahagia dengan keberanian Anda sendiri. Anda tidak akan tampil menjadi pribadi yang kuat ketika Anda belum bisa menerima siapa diri Anda.

2. Membantu Anda menjadi lebih meyakinkan
Meyakinkan adalah seni yang sulit untuk dikembangkan kebanyakan orang. Anda dapat meyakinkan orang lain hanya bila Anda yakin dengan diri sendiri. Jika Anda selalu mencemaskan diri sendiri, kelemahan Anda akan muncul dan Anda tidak akan dapat meyakinkan orang lain. Dan ketika Anda tidak dapat meyakinkan, Anda tidak bisa menjadi orang yang bisa menjual hasil dari kreativitas Anda. Ini adalah salah satu alasan, mengapa penerimaan diri sangat penting dalam lingkup pribadi dan profesional.

3. Membantu Anda memiliki banyak teman
Mengapa kebanyakan orang enggan berteman dengan orang yang tidak dapat menerima kepribadiannya sendiri dan tidak suka pada diri sendiri? Jika Anda ingin menjadi damai dan akrab dengan orang lain, Anda harus memiliki kemampuan penerimaan diri. Menunjukkan kelemahan Anda sendiri sepanjang waktu akan membuat Anda depresi dan lemah. Dan suasana hati ini akan meresap dalam interaksi sosial Anda. Miliki sikap penerimaan diri agar menjadi pribadi yang lebih menyenangkan dan mudah bergaul.

4. Membuat Anda lebih kuat dalam menghadapi krisis
Salah satu kelemahan dari tidak memiliki penerimaan diri adalah, Anda akan menjadi musuh diri Anda sendiri. Jika Anda terus mengkritik diri Anda sendiri demi keinginan memiliki kepribadian jenis tertentu, Anda melemahkan kekuatan Anda sendiri untuk melawan masalah dari dunia luar. Jangan melemahkan kekuatan batin Anda dengan tangan Anda sendiri. Terima saja diri apa adanya dan jadilah orang kuat yang mampu menangani masa-masa sulit.


5. Membuat Anda merasa baik tentang diri Anda
Psikologi telah membentuk hubungan antara penerimaan diri dan kesejahteraan. Hal ini karena, Anda akan merasa baik tentang diri Anda hanya bila Anda mampu menemukan kebahagiaan dari dalam. Kebahagiaan ini bisa terjadi hanya jika Anda tetap mampu bertahan meski hidup dengan kekurangan dan keterbatasan. Merasa baik tentang diri sendiri adalah prasyarat untuk hidup sehat secara fisik dan emosional.

6. Membantu bakat Anda untuk berkembang
Kurangnya penerimaan diri adalah salah satu alasan mengapa banyak orang tidak bisa membiarkan bakat mereka sendiri berkembang. Anda mungkin memiliki kapasitas untuk menjadi seorang penulis yang sangat baik, olahragawan hebat, atau orator ulung. Tetapi Anda tidak akan dapat menemukan kualitas ini jika Anda selalu mengkritik dan mengabaikan kemampuan diri sendiri.

7. Membantu Anda untuk membuka peluang
Anda tentu sudah tahu bahwa sebuah peluang emas tidak pernah datang dua kali, kecuali Anda beruntung. Untuk melihat kesempatan dan meraihnya, Anda harus memiliki kepercayaan diri dan keyakinan diri yang tinggi. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda harus memiliki penerimaan diri.

Bagikan :

You may also like...