7 Fakta Tentang Antioksidan Beta Karoten

Bagikan :

beta karoten, beta carotene, betakaroten wiki, manfaat beta karoten
7 Fakta Tentang Antioksidan Beta KarotenBeta karoten merupakan pigmen oranye kemerahan yang ditemukan pada tanaman tertentu dan buah-buahan yang berwarna kuat. Ini adalah senyawa organik yang ditemukan dalam sayuran seperti labu, wortel, ubi jalar dan sebagian besar buah dan sayuran lain yang berwarna merah dan oranye. Tubuh kita mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang merupakan nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan kulit, kesehatan mata yang baik dan sistem kekebalan tubuh. Tulisanwanita.com memberikan 7 fakta tentang antioksidan beta karoten.


1. Fungsi utama antioksidan adalah untuk menyingkirkan radikal bebas dari tubuh kita karena dapat menyebabkan penyakit. Beta karoten memerangi dan menghancurkan radikal bebas yang diproduksi ketika kulit kita terkena sinar matahari. Sinar matahari membantu kulit kita dengan menyediakan vitamin D, tetapi pada saat yang sama sinar ultraviolet dari matahari juga meningkatkan tingkat radikal bebas dalam tubuh kita. Ketika kita makan makanan dengan beta karoten, senyawa ini pada dasarnya melindungi kulit kita dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas ini.

2. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang menyertakan makanan dengan beta karoten dalam dietnya cenderung mengurangi resiko terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang jarang makan beta karoten. Beta karoten mampu mencegah penyakit arteri koroner, karena itu bermanfaat bagi keseluruhan kesehatan jantung kita.

3. Beta karoten juga telah ditemukan telah menjadi faktor penting dalam mengurangi risiko beberapa jenis kanker (seperti kanker kulit). Namun, Anda harus memastikan bahwa beta karoten harus diperoleh dari sumber makanan secara alami dan bukan suplemen.

4. Beta karoten ditemukan dalam berbagai makanan – wortel, labu, ubi jalar dan semua buah-buahan dan sayuran lainnya yang warnanya memiliki perpaduan oranye, merah, dan kuning. Hal ini juga ditemukan dalam makanan seperti melon dan labu. Menariknya, beta karoten juga ditemukan dalam beberapa sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli dan bayam.

5. Seperti namanya, ‘beta’ dan ‘karoten’ yang masing-masing berasal dari bahasa Yunani dan Latin, yaitu ‘carota’ secara harfiah berarti “wortel”. Wortel adalah sumber yang paling penting dari beta karoten karena kaya akan senyawa ini yang ditemukan di dalamnya. Satu wortel saja sudah mencukupi asupan harian beta karoten bagi rata-rata orang dewasa.

6. Jus wortel memberikan lebih banyak beta karoten dibandingkan dengan sayuran mental lainnya. Hal ini karena wortel mentah juga mengandung serat yang lebih banyak yang akan dikeluarkan tubuh bersama beta karoten di dalamnya. Sementara dalam jus wortel, serat sudah dihilangkan secara efektif sehingga beta karoten lebih banyak diserap tubuh.

7. Vitamin A adalah nutrisi penting yang kita perlukan untuk kesehatan dan pertumbuhan. Jadi, pastikan menyertakan buah-buahan dan sayuran yang mengandung beta karoten. Tubuh kita bekerja dengan mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang sangat berguna untuk kesehatan kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

Bagikan :

You may also like...