7 Fakta yang Harus Anda Tahu tentang Kanker Payudara

Bagikan :

kanker payudara, fakta tentang kanker payudara
7 Fakta yang Harus Anda Tahu tentang Kanker PayudaraMungkin bentuk yang paling agresif dan paling merusak dari kanker yang ditakuti oleh kebanyakan wanita adalah kanker payudara. Kanker payudara dipengaruhi faktor genetik, dan juga dapat mempengaruhi perempuan yang tidak memiliki riwayat keluarga kanker payudara. Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati dan selalu membantu untuk mengetahui tentang penyakit bahkan jika Anda tidak terpengaruh olehnya. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa fakta yang harus diketahui semua orang tentang kanker payudara.


1. Mamografi diperlukan, tetapi Anda juga harus memeriksa payudara secara klinis setelah Anda berusia empat puluh
Mamografi adalah metode screening yang memastikan untuk mengetahui apakah Anda memiliki kanker payudara dan disarankan untuk menyelesaikannya setelah Anda berusia empat puluh. Tapi dalam kasus Anda memiliki payudara yang padat, lebih baik untuk mendapatkan pemeriksaan payudara klinis dengan metode ini untuk mengetahui jejak kanker, kanker payudara terutama inflamasi, yang membuat payudara bengkak dan merah. Hal ini adalah salah satu bentuk yang paling agresif dari kanker payudara.

2. Memeriksa sendiri adalah suatu keharusan
Memeriksa diri Anda di depan cermin tidak hanya membantu untuk mencari tahu apakah ada yang tidak normal di sekitar payudara Anda, tetapi juga penting karena Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter setelah Anda menemukan benjolan abnormal pada payudara Anda.

3. Kalsifikasi
Bila muncul kalsifikasi dalam mamografi, jangan panik. Sebagian besar, hal ini kemungkinan bisa jinak, karena merupakan proses penuaan normal dari jaringan. Ahli radiologi Anda akan tahu apakah itu jinak atau kanker hanya dengan melihat bentuk kalsifikasi, dan hanya yang mencurigakan saja perlu tindakan biopsi.

4. Olahraga dan diet sehat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita
Telah terbukti secara ilmiah bahwa olahraga dan diet kaya folat dikenal untuk mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Anda tidak harus berolahraga ekstra keras, tapi menerapkan gaya hidup aktif sudah cukup baik untuk mencegah kanker payudara.

5. Kontrol berat badan Anda setelah menopause
Produksi aktif dan kehadiran estrogen dalam tubuh Anda juga merupakan penyebab kanker payudara, dan berat badan ekstra menjadi masalah setelah menopause ketika produksi estrogen lebih tinggi.

6. Tidak semua benjolan adalah gejala kanker payudara
Ada beberapa benjolan yang normal yang bisa Anda rasakan pada payudara Anda selama siklus menstruasi. Benjolan ini kista dan datang dan pergi selama siklus. Anda tidak perlu khawatir meskipun merasa benjolan yang tidak biasa ini bisa menakutkan. Selalu lebih baik untuk memeriksa diri sendiri.

7. Tidak ada hubungan ukuran payudara dengan risiko kanker payudara
Seseorang yang memiliki payudara padat mungkin akan lebih sulit dibedakan antara jaringan normal dengan jaringan kanker, sehingga ada kemungkinan mengalami kesalahan hasil. Tapi semua perempuan harus berkomitmen untuk melakukan pemeriksaan rutin.

Lakukan pengujian diri sendiri di rumah setelah Anda berusia 35. Anda dapat memeriksa payudara Anda dengan berdiri telanjang di depan cermin dan meraba payudara Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki keraguan. Tes sederhana bisa menyelamatkan hidup Anda.

Bagikan :

You may also like...