7 Jenis Makanan untuk Membuat Rambut Sehat

Bagikan :

makanan untuk rambut sehat, makanan untuk kesehatan rambut
7 Jenis Makanan untuk Membuat Rambut SehatSetiap wanita tentu menginginkan rambut yang indah, sehat, dan mempesona. Semua ini dapat dicapai tidak hanya dengan menggunakan kosmetik saja, tetapi dengan mengonsumsi makanan sehat juga. Tulisanwanita.com memberikan beberapa daftar makanan yang harus Anda makan untuk memiliki rambut sehat.

1. Blueberry
Di antara segala macam buah-buahan berry, blueberry diketahui kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kolagen yang terkandung di dalamnya, adalah unsur yang membuat rambut kuat dan mencegah dari kerusakan atau mudah bercabang. Semakin bertambahnya usia, kolagen cenderung berkurang. Makan blueberry dan buah-buahan lain yang kaya vitamin C akan membantu memenuhi tingkat kolagen kulit Anda serta memperkuat kapiler yang membantu pertumbuhan folikel rambut. Jadi pastikan Anda menyertakan buah dalam sarapan Anda atau sebagai camilan di antara waktu makan.

2. Telur
Jika telur adalah sarapan favorit Anda, itu berarti Anda sedang beruntung karena telur juga dikenal sangat baik untuk kesehatan rambut. Tidak peduli Anda memasaknya dengan cara apapun, menyertakan dalam diet harian Anda sudah cukup memenuhi biotin, zat besi, protein, seng, belerang, selenium dan vitamin B-12. Kurangnya biotin membuat rambut rapuh dan menyebabkan rambut rontok.

3. Kenari
Kenari dikenal sangat baik untuk rambut dan kulit, karena kaya akan asam lemak Omega-3, biotin, vitamin E dan tembaga. Asam lemak ini penting untuk regenerasi rambut, dan mineral tembaga yang ditemukan dalam kenari membantu untuk menjaga warna dan kemilau rambut Anda secara utuh. Vitamin E ditemukan dalam kacang-kacangan ini juga membantu melindungi rambut Anda terhadap kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kenari juga menyediakan seng dan selenium yang diperlukan untuk kesehatan kulit kepala.

4. Lentil
Salah satu cara bagi vegetarian dan vegan untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengkonsumsi kacang yang kaya akan protein. Lentil juga mengandung zat besi, seng, dan biotin yang membantu dalam menjaga kesehatan rambut. Lentil sama halnya seperti kacang merah yang juga diperkaya asam folat yang sangat penting untuk memasok oksigen ke kulit kepala. Bertindak dalam mempercepat proses pembaharuan sel yang memungkinkan rambut tumbuh lebih cepat. Bahkan jika Anda Non-vegetarian pun harus membuat sebuah titik untuk mengkonsumsi lentil.

5. Salmon
Salmon dikenal penuh asam lemak Omega-3, Vitamin D, dan protein yang sangat penting untuk kesehatan batang rambut. Nutrisi yang ditemukan dalam ikan salmon juga mengisi minyak alami yang terdapat dalam rambut.

6. Sayuran berdaun hijau
Ada alasan mengapa para ahli gizi menyarankan agar menyertakan sayuran berdaun hijau dalam diet Anda? Entah apakah Anda mengkombinasikan dalam bentuk mentah dengan daging atau Anda mengkonsumsinya dalam bentuk salad, makan sayuran hijau akan memastikan rambut Anda tetap sehat. Sayuran berdaun hijau termasuk selada air, rumput laut, kangkung, lobak, kubis, dan bayam untuk memenuhi zat besi, vitamin A dan C yang senantiasa dibutuhkan rambut Anda.

7. Wortel
Apakah Anda memiliki banyak ketombe? Apakah kulit kepala Anda terasa sangat kering? Hal ini mungkin terjadi karena rambut Anda tidak memiliki kadar sebum yang cukup. Sebum merupakan elemen penting dalam menjaga rambut sehat dan tebal. Untuk mempertahankan tingkat sebum yang sehat pada rambut Anda, rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin A seperti wortel. Sayuran lainnya termasuk labu dan ubi jalar yang juga tinggi vitamin A dan beta-karoten, harus dijadikan bagian dari makanan sehari-hari untuk menjaga kelembaban alami rambut.

Bagikan :

You may also like...