7 Kelemahan Belanja Online

Bagikan :

belanja online, kelemahan belanja online, kerugian belanja online

7 Kelemahan Belanja OnlineBelanja online telah menjadi kebutuhan hingga hari ini. Cara ini menghemat waktu yang Anda habiskan untuk berangkat ke mal atau pasar lokal, tidak berdesak-desakan, memberikan diskon harga dan penawaran terbaik, bahkan mengantarkan barang-barang belanjaan di depan pintu rumah Anda. Singkatnya, itu adalah solusi pilihan belanja paling cepat dari kerumitan pembelian hari ini. Bahkan, belanja online hampir menghilangkan cara belanja tradisional. Sementara ini terdengar kabar berita, bahwa belanja online tidak sebagus kelihatannya. Ini juga memiliki kelemahan yang harus dipertimbangkan. Berikut ada beberapa kelemahan dari belanja online.

1. Anda tidak bisa melihat atau merasakan barang yang Anda beli
Tidak peduli seberapa menarik sebuah pakaian terlihat pada situs belanja online, Anda tidak pernah bisa yakin bahwa Anda akan menerima bagian yang sama persis jika Anda membeli secara online. Selain itu, ukuran, warna dan pola dapat bervariasi sehingga gaun yang dipilih mungkin tidak sesuai untuk Anda. Ini adalah kelemahan terbesar dari belanja online. Anda tidak bisa merasakan atau secara fisik melihat item yang Anda beli. Akibatnya, ada kemungkinan tinggi Anda menerima produk cacat.

2. Anda harus menunggu pengiriman
Jika Anda ingin berbelanja untuk sesuatu dan menginginkan barang di hari yang sama, belanja online bukan solusi untuk Anda. Ketika Anda memesan sesuatu secara online, dibutuhkan setidaknya 3-5 hari atau bahkan berminggu-minggu untuk mendapatkan barang-barang Anda dikirim. Permainan menunggu bahkan mungkin menguji kesabaran Anda jika masalah timbul. Hal ini cenderung untuk membunuh kegembiraan Anda belanja untuk sesuatu.

3. Pembelian Anda mungkin salah penanganan selama pengiriman
Belanja online memiliki risiko yang sangat besar dari barang yang dibeli yang salah penanganan selama pengiriman. Terlebih lagi, jika produk ditemukan kesalahan penanganan oleh kurir atau perusahaan pelayaran, Anda tidak dapat melakukan apa-apa tentang hal itu. Anda kemudian hanya memiliki satu pilihan – lapor ke penjual dan meyakinkan mereka untuk mengganti produk. Jika penjual setuju untuk itu, masalah Anda setengah terselesaikan karena Anda masih harus membayar biaya pengiriman. Jika penjual tidak setuju dengan mengatakan kepada Anda bahwa ‘barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar/dikembalikan’, jelas hal ini adalah kerugian besar bagi Anda.

4. Anda mungkin harus membayar biaya pengiriman ketika mengembalikan
Sebagian besar portal belanja online mengklaim memiliki kebijakan pengembalian barang kepada pelanggan. Tapi, itu tidak benar-benar terjadi. Jika Anda ingin mengembalikan produk, Anda harus membayar biaya pengiriman dalam banyak kasus. Hanya beberapa situs terpercaya yang memiliki kebijakan pengembalian barang benar-benar baik.

5. Anda mungkin menjadi korban dari penipuan online
Ketika Anda berbelanja online untuk membeli sesuatu, Anda dapat dengan mudah menjadi korban penipuan online. Beberapa situs menjual produk dengan harga lumayan mahal, tetapi saat diterima ternyata berkualitas rendah, sebagian rusak atau cacat, tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Selain itu, terdapat beberapa situs yang ditutup tiba-tiba setelah berhasil menipu banyak konsumen bahkan barang belum diterima pelanggan.

6. Anda tidak bisa membeli barang-barang tahan lama secara online
Untuk item yang mudah rusak seperti bahan makanan dan hal-hal kecil seperti barang kebutuhan pokok dan sejenisnya, Anda harus membelinya ke pasar saja. Item tersebut tidak dapat dibeli secara online. Dengan kata lain, Anda tidak bisa membeli apa saja dan segala sesuatu secara online.

7. Anda harus menghabiskan banyak waktu berburu barang yang sesuai
Anda pasti menemukan beberapa transaksi besar saat berbelanja online. Anda harus menghabiskan banyak waktu browsing di internet untuk mengetahui penawaran terbaik, membandingkan harga dan barang dari situs satu ke situs belanja lainnya, dsb. Untuk selebihnya, belanja online adalah pekerjaan yang memakan waktu.

Belanja online dapat menjadi pengalaman yang memuaskan hanya jika Anda menelusuri situs belanja yang sudah terkenal dan terpercaya. Jadi, kami menyarankan untuk berbelanja dengan bijaksana.


Loading...
Bagikan :

You may also like...