7 Manfaat Rutin Berpuasa

Bagikan :

puasa, manfaat puasa, keuntungan puasa
7 Manfaat Rutin BerpuasaAda berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda, secara fisik maupun spiritual. Salah satu caranya adalah dengan rutin berpuasa. Puasa sehari penuh, setengah hari, atau hanya minum cairan tanpa makan, puasa buah-buahan dan sayuran mentah, sangat baik untuk kesehatan tubuh keseluruhan. Tulisanwanita.com menjelaskan betapa banyaknya manfaat berpuasa yang hasilnya bisa Anda dapatkan.

1. Menghilangkan racun tubuh
Keuntungan terbesar dari puasa biasa adalah, cara ini mampu mendetoksifikasi tubuh. Ini adalah metode pembersihan alami sistem pencernaan dan memurnikan tubuh Anda. Dalam seminggu, puasa harus dilakukan sekali atau dua kali untuk mencapai hasil terbaik. Coba bayangkan tubuh Anda sebagai mesin kerja atau orang, jika terus-menerus dipaksa bekerja keras tanpa libur, diisi makanan penuh lemak tak sehat, tentu akan menderita dan lama-kelamaan akan rusak. Tubuh akan menjadi lebih lemah dan sering sakit. Membersihkan sistem tubuh Anda seminggu sekali itu sudah sangat membantu.

2. Membantu Anda menurunkan berat badan
Puasa mengurangi timbunan lemak dalam tubuh dengan memutar proses pemecahan lemak dan melepaskan energi. Menentukan jadwal puasa pada hari-hari tertentu bisa menjadi alternatif. Tapi pastikan juga bahwa Anda harus makan makanan sehat, meski pada hari-hari biasa saat tidak puasapun Anda harus mengatur diet yang tepat.

3. Mengistirahatkan sistem pencernaan
Berikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan Anda dengan berpuasa. Sama seperti kaki, tangan atau kepala yang perlu istirahat, sistem pencernaan Anda juga membutuhkannya, supaya bisa melakukan kinerja yang lebih baik. Juga, puasa meningkatkan proses memecah glukosa yang membantu dalam melepaskan lebih banyak insulin, sehingga menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan.

4. Membuat Anda sadar akan kesehatan
Sehari atau 2 hari berpuasa dalam seminggu akan membantu Anda menyadari berapa banyak Anda mengeksploitasi tubuh Anda dengan racun, lemak, dan karbohidrat dalam makanan olahan. Ini akan membuat Anda mengatur pola makan dengan cara yang sehat meski pada hari-hari saat tidak puasa, dengan demikian membuat Anda lebih bugar.

5. Membuat Anda merasa lebih segar
Ingat saat Anda merasa kembung dan kekenyangan yang Anda alami setelah makan besar? Kebalikan dari kondisi seperti itu dihasilkan hanya dengan berpuasa. Ketika Anda tidak makan dan minum, atau makan makanan organik seperti sayuran mentah atau direbus dan buah-buahan, tubuh secara otomatis lebih segar. Karena makanan yang kita makan masih alami dan segar sehingga memprosesnya tidak memakan waktu lama, tidak seperti makanan yang sudah diolah. Dengan demikian, tubuh Anda lebih ringan dan lebih energik.

6. Meningkatkan kejernihan mental
Puasa tidak hanya memberikan manfaat untuk fisik saja, tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan mental. Puasa memberikan keuntungan dalam meningkatkan kejernihan mental, meningkatkan kesadaran spiritual, dan juga membantu tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit.

7. Manfaat puasa lainnya
Selain semua manfaat positif disebutkan diatas, puasa juga memiliki berbagai keuntungan lainnya. Peningkatan relaksasi, memperlambat penuaan, kualitas tidur yang lebih baik, kulit lebih bersih, revitalisasi, pengurangan alergi, dsb. Itu hanya sebagian kecil dari banyak manfaat berpuasa secara teratur yang akan Anda dapatkan.


Loading...
Bagikan :

You may also like...