7 Tanda Bahwa Anda Masih Tergantung pada Orangtua

Bagikan :

bergantung orangtua, anak masih tergantung orangtua, anak belum mandiri
7 Tanda Bahwa Anda Masih Tergantung pada OrangtuaAda batas usia untuk mencoba belajar mandiri, mengerjakan segala sesuatu tanpa bantuan orangtua. Jika sudah dewasa, tetapi segala sesuatunya masih tergantung pada orang tua bukanlah cara yang baik untuk hidup mandiri. Jadi apakah ada tanda-tanda bahwa selama ini Anda masih tergantung pada orang tua Anda dalam setiap hal kecil? Jika memang ada, artikel berikut menuliskan beberapa.

1. Orangtua masih membayar semua barang yang Anda beli
Apakah Anda masih merengek-rengek ingin dibelikan sesuatu atau menyerahkan kartu kredit milik ayah Anda kepada orang di meja kasir untuk membayar jumlah belanjaan? Jika kegiatan shopping Anda masih sering dibiayai oleh orang tua Anda, itu berarti Anda masih bergantung pada mereka.

2. Orangtua mendukung Anda secara finansial
Diberi uang saku bulanan untuk membeli kebutuhan pokok atau bayar kuliah masih dapat ditoleransi. Tetapi diluar itu, jika mereka masih juga membayar tagihan telepon Anda, sewa kost, atau persyaratan keuangan lain, tidak diragukan lagi, Anda benar-benar masih tergantung pada orangtua Anda.

3. Anda belum bisa mengurus pekerjaan rumah
Jika Anda berusia dua puluh dan masih belum bisa mengurus pekerjaan rumah seperti mencuci, memasak, atau membersihkan perabotan dan halaman. Anda malah memilih menonton TV ketika ibu sibuk memasak, menyerahkan pakaian kotor kepada pembantu untuk di cuci, dan membiarkan saja jika ada barang-barang berserakan di rumah. Ini tandanya Anda masih bergantung pada orangtua Anda.

4. Anda masih membutuhkan mereka untuk mengurus Anda
Apakah Anda menggelayut manja di lengan ibu Anda setiap kali Anda sakit? Apakah ayah Anda harus kerepotan membantu Anda setiap kali Anda dalam kesulitan? Jika jawaban Anda untuk pertanyaan-pertanyaan ini adalah ya, maka Anda memang tergantung pada orang tua Anda.


5. Anda masih meminta saran mereka
Entah itu setiap masalah kuliah, tabungan, atau hal-hal pribadi lainnya, Anda masih sering meminta saran orangtua. Memang tidak salah, tapi setidaknya Anda belajar mengatasinya sendiri. Hal itu menunjukkan ketergantungan Anda pada mereka. Jika Anda tidak dapat memiliki inisiatif sendiri untuk menyelesaikan hal sepele sekalipun, Anda tidak bisa menyebut diri Anda sudah menjadi wanita mandiri.

6. Mereka harus mendukung semua pilihan Anda
Entah sukarela atau sebaliknya, jika Anda membutuhkan dukungan mereka untuk setiap pilihan yang Anda buat sendiri dan setiap keputusan yang Anda ambil, itu berarti Anda sangat tergantung pada mereka. Anda harus sepenuhnya tanggung jawab dengan apapun yang Anda ambil jika ingin menjadi wanita dewasa.

7. Mereka masih sering menenangkan Anda mengeluh
Dukungan secara emosional sama halnya dengan dukungan keuangan ketika menentukan tingkat ketergantungan pada orang tua Anda. Tidak ada yang salah jika Anda diberi dukungan dari orangtua, tapi ada garis yang sangat tipis antara dukungan dan ketergantungan. Anda menjadi tergantung jika setiap ada masalah, Anda mengeluh bercerita kepada ibu Anda. Anda tidak bisa menjadi anak kecil yang sewaktu-waktu menangis dan lari mendekap mereka setiap kali melihat mendung di langit.

Bagikan :

You may also like...