7 Tips Agar Tetap Nyaman Selama Menstruasi

Bagikan :

nyaman selama menstruasi, cara agar mens tetap nyaman
7 Tips Agar Tetap Nyaman Selama MenstruasiIni adalah waktu ketika hormon sedang fluktuatif dan seringkali kehilangan kontrol emosi. Anda sangat sensitif, mudah menangis, perut terasa kram dan melilit. Anda mengalami semua jenis gangguan rasa sakit dan nyeri fisik, kehilangan waktu tidur, nafsu makan, dan hanya berharap saat-saat seperti ini segera sirna. Ini adalah waktu ketika Anda sedang kedatangan tamu bulanan. Hal ini biasanya dialami wanita yang kekurangan vitamin, hanya beberapa wanita beruntung yang melewatinya tanpa keluhan apapun. Dan bagi mereka yang harus berurusan dengan masalah demikian, Tulisanwanita.com memberikan beberapa tips agar Anda tetap nyaman selama haid.

1. Kenakan pakaian longgar
Kunci agar Anda tetap merasa nyaman selama menstruasi adalah menghindarkan tekanan pada perut. Bila Anda sedang mens, sekarang saatnya Anda memilih kenyamanan daripada tampil gaya. Lupakan skinny jeans dan t shirt ketat. Anda harus membiarkan tubuh Anda bernapas, terutama perut Anda. Cobalah untuk memakai pakaian longgar yang membuat Anda nyaman dan membiarkan Anda bergerak dengan mudah. Anda tidak perlu terlihat buruk, yang penting nyaman. Kenakan celana, gaun, atau rok yang tidak terlalu ketat.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Minumlah setidaknya 9 cangkir (2,2 liter) air setiap harinya. Tubuh Anda kehilangan cairan dan darah selama menstruasi. Dengan mencukupi kebutuhan cairannya, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan berenergi. Minuman elektrolit seperti air kelapa juga dapat membuat Anda merasa lebih baik. Air kelapa mengandung kalium lebih tinggi dibandingkan pisang, dan merupakan sumber cairan yang bagus.

3. Persiapkan diri
Pastikan untuk membawa cukup banyak pembalut wanita dan produk kewanitaan setiap bepergian. Anda sebaiknya juga selalu membawa celana dalam cadangan, terutama di awal masa menstruasi. Bawalah beberapa obat pereda nyeri juga. Anda akan merasa lebih nyaman saat merasa siap menghadapi masalah. Jika menstruasi Anda cukup deras, pergilah lebih sering ke kamar mandi untuk memeriksa adanya kebocoran atau mengganti pembalut jika perlu.

4. Kurangi asupan garam
Tubuh Anda menjadi bengkak selama menstruasi karena retensi air. Jika Anda bisa, menurunkan asupan garam Anda beberapa hari sebelum mens, supaya Anda dapat menurunkan kembung.


5. Jangan stres, cobalah berolahraga
Stres psikologis dapat memperparah kram menstruasi. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meredakan nyeri menstruasi. Cobalah berjalan santai, jogging ringan untuk meredakan kram. Tidak perlu berolahraga terlalu berat selama menstruasi. Walaupun begitu, sedikit olahraga akan membuat Anda merasa lebih segar dan bahagia.

6. Cobalah yoga atau latihan pernapasan lainnya
Sangat mudah untuk kehilangan kesabaran di saat sedang haid, dan Anda tentu tidak mau kan menjelaskan kepada semua orang mengapa Anda bersikap kasar. Jadi untuk kenyamanan Anda sendiri dan bagi orang lain, cobalah yoga atau latihan pernapasan lainnya untuk menenangkan pikiran Anda.

7. Hindari daging merah dan minum lebih banyak cairan hangat
Daging merah dikatakan menyebabkan perdarahan berat dan sakit perut pada banyak wanita. Cara terbaik adalah untuk menghindarinya. Ganti dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3. Ikan, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji rami, dan minyak sayur seperti minyak kanola adalah sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3. Juga cobalah minum teh hijau atau teh raspberry hangat.

Bagikan :

You may also like...