7 Tips Diet Di Saat Menstruasi

Bagikan :

menstruasi, makanan saat menstruasi, makanan pantangan menstruasi
7 Tips Diet Di Saat MenstruasiMenstrusi bukanlah saat yang nyaman bagi seorang wanita. Hari-hari yang menyakitkan, membuat Anda mudah merasa tersinggung, dan secara fisik dan mental sangat sensitif. Namun, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membantu meringankan masalah sindrom pra menstruasi. Berikut adalah beberapa tips diet saat menstruasi tiba.

1. Makanlah sayuran hijau
Penelitian telah membuktikan bahwa sayuran hijau baik untuk menjaga kesehatan Anda dan harus lebih banyak dikonsumsi selama menstruasi. Sayuran hijau kaya akan vitamin B dan zat besi. Mereka juga kaya serat, karena itu membantu masalah pencernaan Anda selama menstruasi. Sertakan brokoli, kangkung, atau bayam dalam diet Anda.

2. Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks sangat sehat ketika Anda menstruasi. Biji-bijian dan buah-buahan segar tidak hanya berserat dan sehat, tetapi juga menurunkan retensi air oleh tubuh. Mereka mengisi perut Anda tetapi tidak membuat Anda merasa kembung.

3. Makanan kaya magnesium
Selama hari-hari awal menstruasi, sangat umum bagi perempuan menjadi sensitif secara emosional dan mengalami turbulensi mental. Makanan yang kaya magnesium dan asam lemak omega 3 sangat bermanfaat selama melewati hari-hari ini. Makanan yang dapat membantu menurunkan sensitivitas termasuk salmon, sarden, dan kenari.

4. Vitamin c dan makanan kaya kalium
Untuk menurunkan gejala sindrom pra menstruasi, seratakan makanan seperti jeruk, apel, dan paprika hijau. Demikian pula, makanan kaya kalium seperti cranberi, pisang dan buah-buahan lain semacamnya mampu mencegah kembung.

5. Makan porsi kecil
Selalu lebih baik makan beberapa porsi kecil daripada tiga kali makan besar. Meskipun ini juga berlaku bagi semua orang, tapi sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang menstruasi. Pola makan semacam ini akan menyeimbangkan gula darah, dengan demikian mengontrol perubahan suasana hati. Juga, minumlah banyak air untuk menghilangkan garam dan elektrolit dari tubuh Anda.

6. Makan kacang
Alih-alih menjangkau makanan junk food setiap kali Anda merasa lapar selama hari-hari saat menstruasi, makanlah kacang secukupnya. Kacang kaya akan asam lemak omega 3 dan juga mengisi perut Anda tanpa membuat Anda merasa kembung. Pastikan bukan kacang yang digoreng dengan minyak.

7. Hindari kafein dan gula
Sama pentingnya dengan apa yang harus Anda makan saat Anda sedang menstruasi, Anda juga harus berpikir tentang makanan pantangan selama periode ini. Selama haid, sangat umum bagi perempuan mengembangkan hasrat untuk makan makanan kaya gula. Sesekali makan dengan porsi sedikit untuk memuaskan beberapa makanan kegemaran bisa diterima, jangan berlebihan agar lemak tidak menumpuk pada pinggang atau paha. Jadi, jauhi cokelat, kue, dan makanan sarat gula lainnya. Juga, kafein dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh Anda sehingga meningkatkan gejala sindrom pra menstrusi. Mengurangi kafein dan minuman cola akan mengatasi perubahan suasana hati.

Berolahraga, tetap terhidrasi dan makan diet seimbang tidak hanya membantu Anda menangani masalah menstruasi tetapi juga memungkinkan dalam mengembangkan gaya hidup sehat. Mengintegrasikan makanan yang sangat dibutuhkan selama periode menstruasi adalah cara terbaik untuk mengurangi masalah sindrom pra menstrusi dan juga menjaga kesehatan Anda.


Loading...
Bagikan :

You may also like...