7 Tips Untuk Mengembangkan Ingatan Fotografis

Bagikan :

ingatan fotografis, memory eidetic
7 Tips Untuk Mengembangkan Ingatan FotografisIngatan fotografis atau eidetik (photographic memory), seperti yang disebut, adalah kemampuan seseorang untuk mengingat gambar, nama, kata-kata dan angka dengan akurat dan detail. Semua orang sebenarnya bisa mengasah ingatan yang sangat tajam dan tingkat konsentrasi yang baik. Dan, jika Anda ingin mengembangkan kemampuan ingatan fotografis, maka ada cara yang dapat membantu. Baca terus untuk mengetahui tentang 7 tips untuk mengembangkan ingatan fotografis.

Ingatan eidetik, jika tidak dipelihara dan dikembangkan dengan baik dapat menghilang dengan sendirinya setelah usia enam tahun. Kemampuan ini sama sekali tidak terkait dengan IQ atau kecerdasan seseorang. Namun ada beberapa orang yang diyakini memiliki ingatan fotografis. Sebuah contoh penting adalah Stephen Wiltshire, seorang seniman arsitektur Inggris, yang populer karena kemampuannya menggambar lanskap (dari ingatannya) setelah hanya melihat sekali!

1. Mengembangkan kekuatan positif
Ini penting bagi orang yang ingin memiliki ingatan fotografis untuk mengembangkan kekuatan positif juga. Kebanyakan orang berpikir ingatan mereka buruk. Jagalah terus pikiran positif terhadap apapun yang Anda pikirkan atau lakukan.

2. Mengaitkan
Orang sering lupa dengan angka. Mereka cenderung lupa hari ulang tahun dan tanggal penting lainnya. Jadi, cara terbaik untuk menghafalnya adalah, dengan mengasosiasikan nomor dengan situasi atau hal-hal terkait. Seperti, jika seseorang ingin mengingat nomor tertentu kemudian mengaitkan dengan suatu momen yang penting. Hal ini membantu untuk meningkatkan memori seseorang.

3. Buat gambar dalam pikiran (visualisasi)
Buatlah gambar mewakili situasi atau hal-hal tertentu yang akan membantu seseorang mengembangkan memori yang baik. Jika Anda ingin berlatih mengingat sesuatu, ciptakan sebuah gambar atau ilusi di pikiran Anda. Semakin detail, semakin bagus. Latihan ini juga berguna dalam menentukan keberhasilan teknik Law of Attraction.

4. Buat pengelompokan (teknik chunking)
Banyak orang bingung membeli sesuatu saat berada di toko. Mereka tidak ingat apa yang mereka butuhkan untuk dibeli. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah melakukan pengelompokan. Jika Anda mencoba mengingat barang-barang di dalam daftar belanjaan, maka cobalah kumpulkan barang-barang tersebut dalam kategori yang berbeda-beda seperti buah, sayuran, makanan beku, bumbu, daging, dsb. Ini adalah salah satu cara untuk mengembangkan ingatan fotografi seseorang.


5. Usahakan pikiran aktif
Untuk mengembangkan ingatan fotografis yang baik, Anda perlu mencoba memasukkan beberapa kegiatan perangsang otak ke dalam keseharian Anda seperti membaca buku nonfiksi, membaca surat kabar, belajar bahasa baru atau belajar memainkan alat musik. Anda juga bisa mengingat nama teman-teman Anda dari mulai sekolah dasar sampai perguruan tinggi sambil menghafal wajahnya.

6. Bermain game teka-teki
Bermain game teka-teki juga dapat membantu seseorang. Permainan seperti sudoku dan teka-teki silang membantu memengembangkan kemampuan memori yang baik. Coba memecahkan kubus Rubik. Permainan ini akan membantu untuk meningkatkan tingkat konsentrasi seseorang.

7. Latihan untuk mengurangi stres
Stres merupakan faktor yang berkontribusi terhadap berkurangnya daya ingat. Untuk mengembangkan ingatan yang baik, kita harus mengurangi stres. Bagi banyak orang, lupa bukanlah masalah dalam mengingat, tetapi akibat dari terlalu banyaknya beban pikiran sehingga tidak dapat mempelajari informasi secara efektif. Anda dapat melakukan latihan menajamkan pikiran yang baik. Trik mengurangi stres seperti bertafakur dan meditasi akan membantu dalam situasi seperti ini.

Dengan trik dan solusi melatih daya ingat sederhana ini, setiap orang pasti bisa mengembangkan ingatan fotografi sedikit demi sedikit.

Bagikan :

You may also like...