8 Cara Menjadi Lebih Cerdas

Bagikan :

menjadi cerdas, cara menjadi pintar, cara menjadi orang cerdas
8 Cara Menjadi Lebih CerdasKita tahu bahwa kecerdasan setiap orang berbeda menurut bidangnya masing-masing. Anda bisa menjadi cerdas di bidang apapun yang Anda minati, jika Anda memiliki kemauan dan memanfaatkan kecerdasan Anda secara cerdas. Mengembangkan kecerdasan harus menjadi salah satu hal yang paling penting dalam hidup Anda. Kecerdasan bukan hanya membantu Anda tumbuh dalam hubungan pribadi dan kehidupan profesional, tetapi juga dapat membantu Anda agar tidak mudah dikendalikan orang lain. Jika Anda mengira kecerdasan merupakan bawaan orang yang punya IQ di atas rata-rata, Anda salah. Mereka hanya berhasil menggunakan kemampuan otaknya melebihi orang-orang pada umumnya. Tulisanwanita.com memberikan cara agar menjadi lebih cerdas untuk Anda. Baca terus.

1. Yakin dengan kemampuan Anda
Sudah berusaha sangat keras tapi selalu gagal, lalu Anda berkesimpulan Anda memang tidak mampu?. Meski Anda berpikir seperti itu, para ahli psikologi menyatakan sebaliknya. Kegagalan seringkali terjadi bukan karena kurangnya kemampuan, tetapi karena kurangnya kepercayaan terhadap diri sendiri. Banyak dari kita sudah terjebak dalam stereotip bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang bisa berhasil. Akibatnya, otak kita pun ikut bereaksi menyesuaikan diri dengan kepercayaan semacam itu. Alhasil, kita tidak bisa memaksimalkan kemampuan terbaik kita karena tidak yakin akan berhasil. Jadi, keyakinan diri sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan kecerdasan Anda.


2. Tetap memiliki pikiran positif
Stres dan kecemasan sangat ampuh dalam melemahkan kinerja neuron otak Anda, sekaligus menghalangi proses produksi neuron tersebut. Meditasi rutin sudah terbukti membantu kerja otak dengan berpikir positif dan cenderung solutif, sehingga akan mempercepat proses produksi neuron.

3. Belajar dari orang lain
Berada di sekeliling orang yang pandai di bidang mereka masing-masing akan membuat Anda tertular. Jangan merasa rendah diri, bersyukurlah karena Anda mendapat sumber pengetahuan yang luar biasa! Bagaimana orang bisa tahu begitu banyak hal? Karena rasa ingin tahu yang memungkinkan mereka kaya wawasan. Memperhatikan pemikiran orang lain akan merangsang munculnya pemikiran Anda sendiri. Ini adalah cara yang pelan tapi sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan Anda. Mempelajari pola pikir orang lain akan membantu Anda keluar dari stagnasi pola pikir Anda sendiri.

4. Kembangkan kebiasaan membaca
Banyak membaca seringkali digambarkan sebagai rahasia menuju kecerdasan. Jika Anda tidak menyukai buku-buku sains, kenapa tidak mulai mulai mencobanya? Anda mungkin akan terkejut. Kalaupun tidak, Anda sudah menantang proses pemikiran Anda sendiri. Buku dapat membuat Anda lebih pintar dan memperkaya wawasan, selain sebagai salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan waktu luang Anda. Membaca juga bisa melatih emosi Anda. Saat Anda banyak membaca, Anda akan belajar lebih banyak. Buku membantu Anda belajar banyak hal.

5. Atur pola hidup sehat
Ini penting bagi tubuh serta pikiran. Mengatur pola hidup sehat juga akan menentukan kecerdasan Anda. Makan makanan yang bergizi secara teratur, olahraga, dan cukup tidur. Jangan lupa refreshing, belajar terus menerus tanpa istirahat bukanlah perilaku yang bijak. Slain bisa menghilangkan stres, refreshing juga membuat kemampuan otak kita berpikir menjadi lebih cemerlang.

6. Belajar menjumlah atau menghitung cepat tanpa menggunakan kertas
Pelajarilah cara menjumlahkan dengan pikiran atau menghitung dengan cepat. Berpikir, yang dibutuhkan dalam matematika akan membuat otak Anda bekerja dengan baik dan lebih cepat.

7. Mempelajari bahasa baru
Belajar bahasa baru adalah cara yang bagus untuk menjadi lebih cerdas. Anak-anak yang belajar dua bahasa atau lebih memiliki lebih banyak grey matter (komponen dalam sistem saraf pusat) daripada yang tidak, dan otak mereka membuat lebih banyak koneksi saraf. Grey matter berfungsi dalam memproses informasi, termasuk ingatan, perkataan, dan persepsi sensori. Menguasai bahasa lain juga meningkatkan empati Anda pada sesama, yang mana merupakan bagian penting dalam meningkatkan kecerdasan emosional Anda.

8. Menganalisis situasi dengan menulis
Tidak semua orang punya kebiasaan menulis informasi yang sudah mereka terima. Kebanyakan mereka hanya menyimak dan mendengarkan saja orang yang berbicara tanpa ditulis. Boleh saja Anda hanya menyimak, tapi apa yang Anda anggap penting lebih baik segera ditulis. Cara ini bukan hanya melatih otak, tapi juga akan meningkatkan daya ingat dalam memproses informasi.

Bagikan :

You may also like...