8 Cara untuk Mencegah Kanker Kulit

Bagikan :

kanker kulit, mencegah kanker kulit

8 Cara untuk Mencegah Kanker KulitKanker kulit adalah jenis kanker yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan berlebihan dari sinar matahari, merokok, paparan bahan kimia, radiasi ionisasi, karsinogen lingkungan, radiasi UV buatan, penuaan, dsb. Jenis kanker kulit tergantung pada lapisan kulit kanker jika terbentuk dan tumbuh. Sel basal karsinoma, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma maligna adalah tiga jenis kanker kulit melanoma yang paling berbahaya dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati. Untungnya, kanker kulit dapat dicegah dan di sini adalah beberapa hal yang mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk mencegah kanker kulit.

1. Jauhi matahari sekitar jam 10:00-03:00
Sinar matahari yang paling keras antara jam 10 di pagi hari dan 03:00 di sore hari. Cobalah untuk menghindari sinar matahari secara langsung sebanyak mungkin. Jangan mengekspos kulit Anda terlalu banyak sinar matahari langsung saat jam-jam itu, karena benar-benar panas.

2. Konsumsi buah kaya antioksidan
Untuk tindakan pencegahan dari dalam, disarankan mengkonsumsi makanan pencegah kanker. Terutama, makanan yang banyak mengandung vitamin c untuk melindungi tubuh sekaligus memiliki antioksidan tinggi. Buah-buahan seperti jeruk dan beri sangat baik untuk melindungi dari penyakit kanker.

3. Hindari berjemur atau tanning yang berlebihan
Memang benar kulit cokelat akan terlihat eksotis, terutama bagi Anda yang memiliki kulit terlalu putih, tetapi Anda juga harus menyadari bahwa tanning yang berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit.

4. Berteduh sebanyak yang Anda bisa
Jika Anda harus menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari karena pekerjaan atau komitmen lain, cobalah sempatkan untuk berteduh sebanyak yang Anda bisa. Selain membakar kulit Anda, panas matahari juga menyebabkan dehidrasi tubuh Anda.

5. Kenakan kacamata hitam dan topi bertepi lebar
Memakai kacamata hitam yang menutupi mata Anda dari paparan sinar UV dengan baik dan juga topi bertepi lebar yang melindungi wajah Anda dengan baik dari paparan sinar matahari.


6. Kenakan pakaian yang menutupi sebagian besar kulit Anda
Pakaian yang basah dan bahan tenunan longgar menyerap terlalu banyak sinar matahari. Pilih bahan yang memiliki tenunan rapat dan memungkinkan sedikit ditembus sinar matahari. Mengganti pakaian basah Anda sesegera mungkin dan jangan berjalan terlalu banyak di bawah sinar matahari.

7. Oleskan tabir surya
Berkonsultasilah dengan dokter kulit Anda dan mencari tahu jumlah SPF untuk kebutuhan kulit Anda. Oleskan krim ketika Anda pergi keluar di bawah sinar matahari dan pastikan Anda tetap menambahkannya setiap 20 menit. Biasanya lotion tabir surya dengan SPF 30-45 cukup baik sehingga jangan menggunakan krim dengan banyak spf.

8. Periksa diri Anda dari kepala sampai kaki dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda melihat tahi lalat yang mencurigakan
Pemeriksaan di depan cermin sesekali juga akan memberitahu Anda jika ada perubahan yang tidak diinginkan pada kulit Anda. Pergi berkonsultasilah ke dokter jika Anda melihat ada tahi lalat yang mencurigakan atau kutil pada kulit Anda.

Sinar UV matahari bisa sangat merusak untuk kulit Anda. Pastikan kulit Anda tidak terlalu banyak terkena sinar matahari siang. Juga mengurangi merokok, karena juga salah satu alasan yang menyebabkan kanker kulit.

Bagikan :

You may also like...