8 Cara untuk Menghindari Hancurnya Persahabatan

Bagikan :

sahabat, persahabatan, cara menjaga persahabatan

8 Cara untuk Menghindari Hancurnya PersahabatanTidak ada hubungan lain di dunia yang lebih memiliki arti daripada persahabatan. Setiap hubungan pasti mengalami perubahan dalam beberapa cara atau yang lain. Tapi teman-teman sejati, menerima satu sama lain sebagaimana adanya. Kegilaan masa muda, cinta tanpa syarat, momen suka dan duka, dsb. Jadi Anda ingin persahabatan Anda bisa bertahan seumur hidup? Baca terus untuk mengetahui beberapa cara untuk menghindari hancurnya sebuah persahabatan.

1. Memahami sudut pandangnya
Kebanyakan persahabatan yang rusak biasanya karena kesalahpahaman, hampir tidak ada alasan yang lain. Anda harus memahami bahwa meskipun Anda bersahabat baik, Anda adalah dua individu yang berbeda. Pendapat Anda mungkin bisa berlawanan di suatu waktu. Jadi, hormati pemikiran teman Anda, hargailah pentingnya rasionalitas.

2. Tetap berhubungan
Tidak ada panggilan atau sms dari teman terbaik Anda sejak seminggu? Jangan langsung marah. Sebaliknya, mengapa tidak menghubungi mereka saja? Persahabatan tidak memiliki tempat untuk ego. Jika teman Anda belum menelepon, cobalah Anda menelepon dia, nongkrong bareng-bareng sesekali. Jangan ragu untuk menghubungi jika Anda menemukan nomor seorang teman lama. Ini hanya akan memperkuat ikatan antara kalian berdua.

3. Jangan menyimpan dendam
Perkelahian sering mewarnai persahabatan. Tapi, Anda tidak harus mengingat terus pertikaian itu. Jika ada sesuatu yang mengganggu Anda tentang cara teman Anda berperilaku, katakan kepadanya. Anda tidak bisa mengharapkan dia untuk membaca apa yang ada di pikiran Anda, bukan? Melepaskan kekhilafan dan kesalahpahaman kecil untuk membangun pemahaman yang lebih besar.


4. Jangan menjelek-jelekkan
Anda sering beradu argumen yang tak pernah selesai dengan teman terbaik Anda? Tidak bicara lagi gara-gara ini? Satu hal yang harus Anda lakukan adalah jangan sekali-kali berbicara buruk tentang sahabat Anda kepada orang lain. Apapun dendam atau masalah yang mungkin Anda miliki dengan sobat Anda, katakanlah itu sejujurnya kepadanya langsung. Jangan menggerutu tentang dia di belakang punggungnya. Ini akan menghancurkan hubungan lebih lanjut, dan memicu pertikaian lebih besar.

5. Jangan mengesampingkan teman Anda setelah Anda menemukan pacar
Ini adalah ‘kebiasaan’ bagi sebagian teman-teman. Mereka pasti akan merasa diabaikan jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu dengan pacar baru Anda dan berkurangnya waktu bersama mereka. Jangan membatalkan kumpul-kumpul dengan teman-teman hanya karena pacar Anda mengajak makan malam, tetap saja lanjutkan kencan. Cobalah untuk menemukan waktu untuk keduanya. Seorang pacar seharusnya bukan menjadi dinding pemisah bagi para sahabat.

6. Bicarakan
Kadang-kadang, hubungan menjadi layu hanya karena memiliki argumentasi sendiri-sendiri. Argumen adalah bagian penting dari persahabatan. Mereka membantu Anda mengetahui dan menghormati keputusan yang lebih baik satu sama lain. Jangan pernah menghindari penjelasan. Ajukan sudut pandang Anda, tetapi juga dengarkan pendapat teman Anda. Tetaplah menjadi tenang, rasional, jujur, dan peka akan perasaan orang lain. Itu akan membantu menyelesaikan masalah lebih cepat.

7. Selalu ada ketika teman Anda membutuhkan Anda
Hal ini bisa dibuat patokan untuk menyadari siapa teman sejati Anda. Jika Anda ingin teman Anda selalu ada untuk Anda, Anda harus bisa selalu ada untuk mereka juga. Baik itu menyelesaikan masalah cinta, keluarga, atau masalah pekerjaan, usahakan selalu ada untuk mendukung teman Anda.

8. Jangan berkomunikasi untuk sementara waktu, jika perlu
Ini bisa menakutkan. Kadang-kadang, karena kesibukan Anda, mungkin timbul perpecahan dalam hubungan Anda. Jangan khawatir, hanya sementara saja. Berikan waktu untuk memperbaiki hubungan Anda. Ambillah jeda istirahat untuk tidak bertemu dengan teman Anda untuk sementara waktu, jika perlu. Biarkan Anda berdua menyadari tempat Anda dalam kehidupan lain. Lihat bagaimana persahabatan Anda akan jauh lebih kuat nantinya.

Anda tidak akan melihat tulisan “Awas, barang mudah pecah” dalam sebuah persahabatan. Tapi, tetap saja persahabatan mudah rapuh dan membutuhkan banyak perhatian dan perawatan. Sayangi sahabat Anda ya.

Bagikan :

You may also like...