8 Cara untuk Meringankan Kram Menstruasi

Bagikan :

nyeri haid, kram menstruasi, cara mengatasi nyeri haid
8 Cara untuk Meringankan Kram MenstruasiWanita di seluruh dunia terganggu dengan nyeri haid dengan berbagai intensitas. Ada beberapa wanita yang tidak mengalami ketidaknyamanan selama menstruasi, tetapi yang lain mungkin tidak begitu. Kali ini, Tulisanwanita.com menuliskan beberapa tips untuk meredakan kram menstruasi dan memiliki menstruasi yang sehat tanpa membebani aktivitas harian Anda.

1. Minum teh kamomil
Banyak teh herbal yang dikenal memiliki beberapa fungsi obat atau manfaat bagi tubuh. Teh kamomil khususnya dikatakan sarat dengan unsur-unsur anti inflamasi yang bertindak seperti obat penghilang rasa sakit alami. Para ahli merekomendasikan teh kamomil sebagai metode untuk menghilangkan kram menstruasi Anda. Teh kamomil banyak tersedia di toko obat tradisional.


2. Lakukan latihan lantai
Pergi ke gym mungkin bukanlah ide yang sangat menyenangkan saat Anda kedatangan tamu bulanan, tetapi melakukan beberapa latihan lantai dapat membantu dalam mengurangi nyeri haid. Cobalah beberapa latihan dasar generik seperti berbaring telentang dan melakukan peregangan kaki Anda dengan sudut 45 derajat dari permukaan tanah. Putar kaki Anda dari perut di kedua sisi sementara Anda berbaring telentang.

3. Gunakan bantalan air panas untuk meringankan rasa sakit
Wanita yang mengalami nyeri haid ringan, mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan bantalan pemanas atau tas air panas. Setelah pad disiapkan, berbaringlah dan meletakkannya di perut bagian bawah atau tepat di tempat dimana Anda mengalami nyeri akut. Jika Anda tidak punya pad pemanas, Anda bisa menggunakan botol bekas obat batuk yang diisi air panas. Jangan ditempelkan langsung ke perut, lapisi dengan kain agar tidak kepanasan.

4. Ambil pil anti inflamasi ringan setelah mendapatkan resep dokter
Ada banyak pil dan tablet anti inflamasi lain yang tersedia di apotek. Sebelum menggunakan pil, berkonsultasilah dengan dokter Anda dan pastikan Anda mendapatkan persetujuan medis. Pil ini dikenal untuk memberikan bantuan instan mengatasi nyeri haid, karena dapat menurunkan kemampuan Anda untuk mentoleransi rasa sakit.

5. Tidur sebanyak yang Anda bisa
Kram menstruasi dan ketidaknyamanan karena siklus menstruasi dapat menambah rasa kelelahan jika dipakai beraktivitas harian. Tidur dapat membantu Anda mengisi ulang energi dengan menyingkirkan kelelahan dan mengalihkan perhatian Anda dari kram menstruasi. Cobalah mengubah posisi tidur setiap setengah jam, sehingga berbagai daerah perut, pinggang, dan pinggul mendapatkan kenyamanan.

6. Hindari makanan tertentu selama kram menstruasi
Para ahli merekomendasikan bahwa daging merah, kafein, alkohol dan makanan berlemak sebaiknya dihindari selama menstruasi. Makanan tersebut dapat membuat Anda merasa sangat kembung selama haid, dan dikenal menghasilkan unsur-unsur yang semakin memperkuat nyeri haid daripada meringankannya. Perbanyaklah makan makanan seperti sayuran dan buah-buahan dalam porsi kecil sepanjang hari dan menjaga sistem pencernaan Anda.

7. Menjaga pola makan yang sehat
Salah satu cara yang paling efektif untuk menemukan solusi jangka panjang untuk nyeri haid adalah dengan memiliki kekebalan yang kuat dan tubuh yang sehat sepanjang tahun. Mempertahankan diet seimbang dengan memasukkan jumlah protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Dengan memiliki pola makan yang sehat, Anda harus berada dalam stamina yang lebih baik untuk mengatasi rasa sakit menstruasi setiap bulan.

8. Lakukan pekerjaan atau kegiatan rekreasi lainnya
Apakah Anda menghabiskan waktu Anda hanya berbaring di sofa dengan wajah muram selama siklus menstruasi Anda? Bermalas-malasan justru mempersulit untuk meringankan kram menstruasi Anda. Cobalah membaca buku atau majalah, menonton film, bermain dengan kucing Anda, memasak – melakukan kegiatan apapun yang membuat Anda sibuk dan mengalihkan pikiran Anda dari ketidaknyamanan Anda.

Bagikan :

You may also like...