8 Jenis Makanan untuk Meringankan Sembelit

Bagikan :

sembelit, meringankan sembelit, gangguan sembelit, masalah sembelit
8 Jenis Makanan untuk Meringankan SembelitSemua dari kita pasti pernah mengalami konstipasi setidaknya sekali seumur hidup. Namun, ada jalan keluar dari masalah ini saat Anda mengalaminya. Ada beberapa makanan yang diyakini secara alami efektif dalam mengurangi gangguan sembelit, tak perlu repot keluar uang harus membeli obat. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa jenis makanan untuk meringankan sembelit.

1. Buah beri
Stroberi, raspberi, blueberi, blackberi – Anda bisa pilih sendiri. Semua buah ini memiliki jumlah tinggi serat, jumlah rendah kalori dan penuh anti-oksidan. Buah ini juga cukup fleksibel untuk dikonsumsi dalam bentuk apa saja dan dapat digunakan dalam makanan penutup, salad, atau sebagai camilan sehat.


2. Buah kering
Ngemil buah-buahan kering seperti buah ara, kismis, aprikot, kurma, plum tidak hanya mencegah ngemil yang tidak sehat, tapi makanan ini juga memiliki serat makanan yang tinggi dan bertindak sebagai pencahar alami.

3. Roti gandum utuh
Beralihlah ke roti gandum bukan roti putih olahan, karena roti gandum merupakan makanan rendah lemak, tinggi serat dan karbohidrat kompleks, sehingga membantu dalam mengurangi gangguan sembelit. Jadi pada saat Anda mempersiapkan sandwich, Anda sudah tahu mana roti yang baik untuk digunakan.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kenari, almond, pecan, adalah sumber serat alami. Segenggam kacang kenari sehari akan membantu Anda menghilangkan gangguan sembelit dalam jangka panjang.

5. Buah-buahan segar
Mengkonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pir, plum, peach dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan Anda. Buah ini bisa dimakan tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu, karena mereka kaya serat, yang berasal dari kandungan pektin tinggi.

6. Lemon
Memiliki segelas air hangat dengan lemon dan sedikit garam, saat bangun tidur di pagi hari. Bertindak sebagai agen pembersih bagi usus, karena kandungan garam membantu dalam mempercepat metabolisme dan mempermudah buang air besar. Hanya mencampurkan satu sendok teh jus lemon dalam segelas air hangat dan tambahkan sedikit garam ke dalam larutan. Minumlah jus ini pada waktu perut kosong, maka akan menawarkan bantuan dari masalah sembelit Anda.

7. Biji rami
Biji rami dikenal karena kandungan seratnya, dan sangat baik membantu Anda ketika terganggu masalah sembelit. Campur biji rami dalam sereal Anda setiap pagi atau hanya memakan beberapa dengan air hangat di pagi hari.

8. Air
Ya itu betul. Air adalah nutrisi yang paling dianggap remeh sebagian besar orang. Air membantu Anda melawan gangguan sembelit. Air adalah sumber cairan untuk usus besar dan memperlancar proses buang air besar. Hal ini membuat gerakan usus menjadi lebih halus dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Usus besar membutuhkan air untuk melakukan tugasnya, sehingga dehidrasi dapat menjadi penyebab utama untuk masalah sembelit. Dianjurkan untuk memiliki 10-12 gelas air sehari.

Bagikan :

You may also like...