8 Manfaat Buncis

Bagikan :

manfaat buncis, manfaat buncis untuk diet, kandungan dan manfaat buncis, manfaat buncis bagi wanita
8 Manfaat BuncisAnda pasti tidak asing dengan sayuran buncis. Buncis termasuk satu jenis sayur polong-polongan yang memiliki tekstur renyah dan rasa manis. Buncis biasa diolah menjadi aneka masakan, diantaranya sup, tumis, hiasan steak, dan lainnya. Buncis termasuk salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan karena kaya akan nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan dan tidak mengandung kolesterol serta lemak yang merugikan. Meskipun terlihat sederhana, Anda jangan pernah meremehkan buncis. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh. Di antara kandungan nutrisi tersebut, antara lain vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin C, vitamin B6, protein, zat besi, kalsium, serat, kalsium, fosfor, potasium, dan zat penting lainnya, misalnya zat b-sitosterol dan stigmasterol. Tulisanwanita.com memberikan manfaat kesehatan yang ditawarkan buncis dibawah ini.

1. Membersihkan pencernaan
Buncis sangat kaya akan serat. Serat inilah yang dapat membersihkan sistem pencernaan anda dari racun serta mencegah iritasi usus besar.

2. Baik untuk penderita diabetes
Seperti yang disebutkan di atas, Buncis sangat cocok dikonsumsi orang yang mengidap diabetes. Kadar indeks glikemik dari buncis sangat rendah, sehingga tidak membahayakan ketika dikonsumsi orang yang terkena diabetes. Selain itu, kandungan glyconutrient di dalamnya bisa membantu mengontrol gula darah anda.

3. Menyehatkan jantung
Mengonsumsi buncis bisa menjaga kesehatan jantung anda, sebab buncis mampu menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Sayuran ini juga banyak mengandung serat, asam folat dan potasium yang bisa mencegah adanya komplikasi jantung.

4. Cocok di konsumsi ibu hamil
Ketika anda sedang hamil, disarankan untuk memperbanyak atau sering mengonsumsi sayuran ini. Karena kandungan asam folat yang ada di dalam buncis bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Selain itu, kandungan vitamin K-nya mampu meningkatkan perkembangan janin bayi.

5. Menguatkan tulang
Buncis juga terbukti banyak mengandung kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang anda.

6. Menenangkan pikiran
Buncis juga mempunyai sifat hipoglikemik yang mampu menenangkan saraf, mengurangi tingkat stres, serta mampu meningkatkan kesehatan mental anda. Hasilnya pikiran akan menjadi lebih tenang dan terkendali.

7. Melancarkan sirkulasi darah
Manfaat buncis bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat melancarkan sirkulasi darah. Zat besi yang terkandung dalam buncis baik untuk meningkatkan produksi hemoglobin yang memungkinkan darah mengankut lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah akan manjadi lebih lancar.

8. Tubuh tetap muda
Jika Anda belum tahu, mudah-mudahan Anda akan segera mengkonsumsinya. Kacang buncis memiliki konsentrasi tinggi antioksidan. Antioksidan memiliki peranan penting dalam menjaga agar sel dalam tubuh agar tumbuh sehat dan tidak menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh. Kerusakan sel dapat mematikan, mulai menjadi penyebab penyakit berbahaya hingga untuk masalah luar tubuh. Jadi jika Anda ingin sehat, tubuh tetap muda untuk waktu yang lama, mulailah makan sayuran hijau segera!


Itulah manfaat sayur buncis bagi kesehatan. Setelah mengetahui banyak manfaat dari sayuran ini, semoga anda yang semula tidak suka mengonsumsi sayuran ini, lebih mempertimbangkan lagi untuk mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Loading...
Bagikan :

You may also like...