8 Manfaat Terbaik Zucchini

Bagikan :

zucchini, manfaat zucchini
8 Manfaat Terbaik ZucchiniMasih belum kenal dengan Zucchini? Si ‘Superfood’ ini memang masih tersedia di supermarket-supermarket di kota-kota besar. Zucchini memiliki rasa yang manis dan bisa diolah untuk banyak masakan dan sajian. Selain itu, ia juga memiliki banyak manfaat kesehatan, lho! Tulisanwanita.com menuliskan 8 manfaat zucchini yang bisa Anda sertakan dalam diet Anda untuk meningkatkan kesehatan.

1. Menurunkan kolesterol
Banyak kandungan serat dalam zucchini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam sistem dengan mengumpulkan asam yang diproduksi oleh liver untuk mencerna lemak. Karena serat bercampur dengan asam, semakin efektif kemampuannya untuk mencerna lemak. Karenanya, liver harus menghasilkan lebih banyak asam. Liver perlu menggunakan lebih banyak kolesterol untuk membuat asam, juga secara bersamaan menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

2. Mencegah kanker
Tingkat tinggi serat dalam zucchini membantu mencegah karsinogen turun sampai ke usus besar, dan itu sangat membantu gerakan usus yang sehat. Selanjutnya, Vitamin A, C, dan asam folat, agen anti pengoksidasi yang kuat hadir dalam zucchini, menghancurkan karsinogen yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker ganas.

3. Membantu menghindari serangan jantung dan stroke
150 gram zucchini mengandung sekitar 10% dari magnesium yang direkomendasikan harian. Mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke. Zucchini juga mengandung asam folat, vitamin yang menundukkan homosistein fatal, bilamana jika darah mengandung tingkat yang meningkat, dapat menyebabkan penyakit jantung dan pembekuan darah atau trombosis.

4. Menurunkan tekanan darah
American Heart Association juga menjelaskan jika kandungan kalium dalam zucchini mampu mengontrol tekanan darah dan mengurangi efek garam yang berbahaya pada tubuh. Selain itu, akan memberi efek baik juga dalam memangkas risiko penyakit jantung dan stroke. Mengkonsumsi zucchini secara teratur sangat ideal bagi mereka yang menderita hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Hal ini juga dapat membantu mencegah arteriosclerosis, suatu kondisi di mana pembuluh darah mulai mengalami pengerasan karena tekanan darah terlalu tinggi.

5. Membantu menyembuhkan asma
Vitamin C yang ditemukan dalam zucchini, adalah antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk menyembuhkan asma.


6. Penuh dengan nutrisi penting
Zucchini memiliki kandungan air yang sangat tinggi (95%), jumlah lutein, yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Hal ini juga mengandung vitamin B6, riboflavin dan mangan yang penting untuk berfungsinya tubuh manusia dengan baik.

7. Asupan rendah kalori
Zucchini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Asupan sehat sayuran ini terdiri dari sekitar 30 kalori! Inilah yang membuat zucchini merupakan diet yang sempurna untuk memuaskan rasa lapar tanpa mengganggu rencana diet sekaligus tanpa meningkatkan kalori.

8. Mengandung beta-karoten
Unsur sangat penting lainnya yang terdapat pada zucchini adalah beta-karoten. Vitamin ini terletak pada kulitnya, sehingga tidak harus dikupas sebelum dimasak, jika Anda ingin memastikan memiliki semua nutrisinya. Pastikan Anda harus mencucinya hingga bersih sebelum mengolahnya.

Bagikan :

You may also like...