8 Pengobatan Rumah Mengatasi Refluks Asam

Bagikan :

refluks asam lambung, refluks gastroesofagus, mengatasi reflux asam lambung, refluks esofagitis, kanker esofagus
8 Pengobatan Rumah Mengatasi Refluks AsamGERD – Gastroesophageal Reflux Disease, lebih dikenal sebagai refluks asam atau heartburn adalah suatu kondisi dimana cairan dan gas dari lambung berbalik mengalir ke kerongkongan, sering menyebabkan ketidaknyamanan. Asam lambung bahkan bisa mengalir sampai ke tenggorokan (faring) dan mulut, sehingga menyebabkan peradangan, iritasi tenggorokan, dan juga bekas lukanya (ulkus) mempersempit lingkar kerongkongan Anda. Anda juga akan mengalami gejala seperti suara serak, kesulitan menelan, sensasi terbakar, mual, batuk, dan erosi enamel gigi. Jika tidak diobati untuk waktu yang lama, kondisi ini juga dapat berpotensi menjadi kanker kerongkongan (adenokarsinoma esofagus). Kabar baiknya adalah kondisi ini dapat disembuhkan dengan beberapa pengobatan rumah yang sangat sederhana. Tulisanwanita.com memberikan beberapa solusi alami untuk mengobati refluks asam.

1. Berat badan
Siapa yang menyangka bahwa timbunan lemak yang mengganggu penampilan pada tubuh dapat menyebabkan masalah ini? Menurunkan berat badan bukanlah obat khusus, tetapi memang sesuatu yang pasti bekerja. Bila Anda kelebihan berat badan, lemak perut Anda mengganggu sfingter esofagus yang berfungsi mencegah reaksi. Segera mengurangi lemak perut Anda, dan Anda akan melihat perbedaan yang nyata setelah Anda makan makanan pemicu refluks asam.

2. Diet anti-refluks asam
Cara ini bisa menjadi agak sulit untuk diikuti, karena Anda akan harus menghilangkan banyak jenis makanan dan minuman yang memanjakan lidah. Makanan yang harus Anda hindari saat menjalankan diet ini termasuk daging merah, cokelat, alkohol, nikotin, kafein, dan makanan pedas berminyak, dan aneka makanan berlemak. Baca, Manfaat Diet Alkali untuk Kesehatan Anda.

3. Almond mentah, lebih baik yang direndam
Almond mentah adalah makanan alkali, yang dapat menyeimbangkan pH Anda karena kacang ini adalah sumber kalsium yang baik. Rendam semalam untuk membuatnya lebih mudah untuk dimakan.

4. Jus lidah buaya
Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di pekarangan, Anda sedang beruntung. Jus aloe vera secara alami adalah obat rumahan untuk mengatasi refluks asam. Ia bekerja lebih baik ketika dibuat sendiri, jadi cobalah untuk tidak memilih jus lidah buaya yang sudah diproses dalam kemasan karena mengandung pengawet.


5. Air hangat dicampur lemon dan madu
Ketika Anda minum ramuan ini pagi hari atau katakan 20 menit sebelum Anda sarapan, dapat menyeimbangkan kandungan asam dalam perut dan tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan sakit maag atau refluks asam.

6. Baking soda dicampur segelas air
Sedikit baking soda dilarutkan segelas air juga bisa mengatasinya, tapi cara ini adalah pengobatan yang sedikit memberikan sensasi tidak nyaman dari semua pengobatan rumah yang lain. Anda mungkin akan mengalami cegukan seperti sehabis minum cola.

7. Satu atau dua sendok makan cuka sari apel
Cuka sari apel juga merupakan obat rumah yang baik. Anda bisa mencampurnya dengan teh atau air hangat dan diminum sekali dalam sehari. Kadang-kadang, produksi asam yang tidak memadai di lambung juga bisa menyebabkan refluks asam. Oleh karena itu sesekali makan makanan asam diperlukan untuk mengimbangi keasaman dalam perut.

8. Makan apel sehari membuat refluks asam berkurang
Makan apel merah setelah makan makanan berminyak atau berat juga mengurangi kemungkinan Anda mengalami refluks asam.

Selain cara diatas, pertimbangkan juga untuk mengonsumsi makanan yang memudahkan pencernaan seperti buah-buahan dan sayuran, probiotik, dan diet suplemen serat.

Bagikan :

You may also like...