8 Tips Agar Merasa Cukup dan Puas dengan Hidup

Bagikan :

cara merasa puas, cara agar bersyukur, cara merasa cukup
8 Tips Agar Merasa Cukup dan Puas dengan Hidup‘Baik atau buruk’, ‘Enak atau Tidak Enak’ hidup Anda, hanyalah masalah persepsi Anda sendiri, semua ditentukan bagaimana kemampuan Anda dalam menyikapi keadaan. Seiring waktu berputar, pasti akan ada saat-saat dimana kita hampir mustahil untuk mengambil hikmah dari setiap kejadian. Artikel berikut memberikan beberapa cara dimana Anda dapat mencoba untuk puas dan cukup dengan hidup Anda.

1. Abaikan bagaimana orang lain menilai hidup Anda
Apakah hidup Anda ditentukan oleh apa yang orang lain pikirkan tentang Anda? Apakah pernyataan negatif dari seseorang menghancurkan rasa percaya diri Anda? Nah, sudah saatnya untuk mulai percaya pada diri sendiri dan memiliki keyakinan kuat dalam penilaian Anda sendiri. Jangan menilai kualitas hidup Anda dengan bagaimana orang lain memandang hal itu. Hanya karena teman Anda meremehkan kemampuan Anda, itu bukan berarti bahwa Anda mulai meragukan hal yang Anda kerjakan. Berbahagialah dalam setiap kondisi, terlepas dari apa yang orang lain pikirkan tentang hidup Anda.

2. Pikirkan mereka yang kurang beruntung
Anda tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang Anda miliki jika Anda terus-menerus tetap membandingkan keadaan Anda dengan orang yang lebih sempurna atau lebih kaya dari Anda. Ini hanya akan mengisi waktu Anda dengan perasaan putus asa dan kesedihan. Sebaliknya, cobalah untuk memikirkan orang-orang yang akan Anda bahagiakan. Lihatlah kebawah, bandingkan hidup Anda dengan orang-orang yang kurang beruntung, pasti Anda akan dipenuhi dengan rasa syukur.

3. Tidak ada orang bisa bahagia sepanjang waktu
Ingatlah akan hal ini, setiap orang tak akan dapat mempertahankan kebahagiaan sepanjang waktu. Anda mungkin merasa rumput tetangga jauh lebih hijau, tetapi di sisi lain cobalah memahami bahwa orang-orang mungkin juga merasa rumput Anda lebih hijau dari rumput mereka. Hidup ini memiliki pasang surut dan semua orang sibuk dalam mengejar kebahagiaan mereka sendiri.

4. Fokus pada hal positif
Ini terserah pada Anda, hanya masalah pergeseran pola pikir saja. Jika Anda merasakan hidup Anda ‘tidak baik’, mungkin Ana terlalu lama berada di zona kenyamanan. Sebaliknya, jika Anda merasakan hidup Anda ‘baik’, mungkin sudah waktunya Anda menikmati hasil kerja keras. Nah, jika Anda melatih diri untuk fokus pada semua hal baik dalam hidup Anda, maka Anda akan merasakan semua penderitaan Anda akan menjauh dan sirna. Hal inilah pada akhirnya akan menumbuhkan rasa puas dan selalu bersyukur.

5. Bersyukurlah
Pernahkah Anda bersyukur atas apa yang sudah Anda miliki? atau Anda masih saja memaksa berjuang untuk mendapatkan apa yang belum Anda punya? Misalnya, jika gaji Anda belum cukup untuk membeli mobil baru, apakah Anda memutuskan bersabar dengan menabung atau malah memaksakan diri memilih jalan kredit demi gengsi? Anda perlu menumbuhkan perasaan syukur untuk semua hal yang sudah Anda punya dalam hidup Anda. Pasti Anda akan melihat semua hal berubah menjadi lebih baik.

6. Berada di sekitar orang-orang yang membuat Anda merasa baik
Untuk mencapai perasaan puas dalam hidup, Anda harus mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki sikap positif terhadap kehidupan. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu dengan orang-orang yang suka berfoya-foya, Anda akan mulai tertular juga.

7. Hidup di saat ini
Jika Anda menemukan pikiran Anda terus-menerus berayun antara masa lalu dan masa depan, Anda harus membawanya kembali ke saat ini. Berpikir tentang masa lalu akan mengisi hari Anda dengan penyesalan, dan menghabiskan terlalu banyak waktu berpikir tentang masa depan akan membuat Anda cemas. Anda hanya perlu fokus pada saat ini saja, agar Anda dapat bekerja menuju masa depan yang lebih baik.

8. Katakan kepada diri sendiri, semuanya juga akan berlalu
Setiap kali Anda merasa kehilangan semangat atau merasa usaha Anda tidak berjalan lancar, ingatlah bahwa ini hanyalah sebuah fase. Kebahagiaan atau kesedihan, tak ada yang abadi. Ini akan membantu Anda menjaga keseimbangan Anda melampaui semua jenis situasi dan memberikan pembelajaran baru.

Bagikan :

You may also like...