8 Tips Belanja Online yang Aman

Bagikan :

belanja online, cara aman belanja online

8 Tips Belanja Online yang AmanBelanja online tampaknya sudah menjadi kebutuhan. Semua orang lebih memilih untuk berbelanja online sampai hari ini. Ini bukan hanya menghemat banyak waktu tetapi juga memungkinkan Anda memanfaatkan kesepakatan terbaik. Apakah Anda juga ingin berbelanja online? Maka Anda harus tahu tentang beberapa aturan keselamatan untuk berbelanja. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang hal itu.

1. Carilah situs terpercaya
Pilihlah situs yang terpercaya untuk melakukan transaksi Anda. Penting untuk diketahui bahwa situs tersebut harus memiliki lisensi yang valid dan terverifikasi. Transaksi online jauh lebih aman jika situs terverifikasi. Selalu membeli dari situs yang menawarkan keamanan atau populer. Mendapatkan penawaran terbaik dan diskon di situs yang sudah banyak dikenal orang dalam bertransaksi.

2. Amankan melalui anti virus
Perlindungan anti virus memberikan perlindungan yang lengkap terhadap semua ancaman komputer termasuk pembajakan dan malware. Jadi, jika Anda memiliki antivirus yang diinstal pada laptop Anda, maka menjadi semakin mudah untuk berbelanja online. Jika Anda merasa ada sesuatu yang tampak mencurigakan, program ini akan memperingatkan Anda untuk bertindak.

3. Gunakan opsi cash on delivery
Cara paling aman untuk berbelanja online mungkin dengan pilihan COD. Tidak ada informasi tambahan yang akan diberikan kecuali alamat dan nomor telpon Anda. Jika opsi ini tidak tersedia pada situs belanja tertentu, maka pilihan paling aman kedua adalah dengan menggunakan kartu kredit Anda. Menggunakan kartu debit hanya jika perlu saja. Hati-hati saat membuat check out pada situs belanja.

4. Simpan salinan order
Hal ini penting untuk menyimpan salinan pesanan saat Anda membeli dari sebuah toko online. Ini bukan hanya membantu Anda dalam referensi, tapi juga membantu Anda untuk melacak pesanan Anda jika ada masalah dalam pengiriman. Atau yang lain, mencetak formulir pemesanan yang Anda gunakan sebagai bukti pembelian.

5. Selalu gunakan istilah yang berbeda di situs
Jangan memberikan informasi yang detail pada situs belanja. Seperti nomor telpon rumah atau tanggal lahir Anda. Mungkin ada satu persen kesempatan penyalahgunaan, meskipun situs tersebut valid. Dalam hal ini, nomor telpon rumah atau nama kemungkinan bisa digunakan untuk penipuan. Anda tidak ingin hal itu terjadi, kan? Jadi berhati-hatilah saat Anda melakukan pembelian.

6. Jangan tergiur diskon besar
Jika ada situs yang melakukan penawaran diskon gila-gilaan sampai sembilan puluh persen, mungkin ada sesuatu yang mencurigakan. Jangan terjebak dalam perangkap promosi. Anda harus mengevaluasi dan membandingkan produk di situs yang berbeda. Bagaimana jika produk tersebut lebih besar dari harga pasar dan kemudian situs tersebut menawarkan diskon. Dalam hal ini, Anda tidak mendapatkan harga yang Anda cari. Jadi, berhati-hatilah ketika Anda melakukan pembelian berdasarkan diskon pada situs belanja online.

7. Mengubah password Anda
Jika Anda seorang pembeli reguler dari website secara online tertentu, maka ubahlah password Anda setiap dua atau tiga bulan. Ini demi keselamatan dan keamanan Anda. Dengan mengubah password, Anda tidak akan jatuh dalam perangkap penipuan yang dapat melibatkan nama dan rincian pribadi lainnya.


8. Perhatikan syarat dan ketentuan
Ketika Anda berbelanja di toko online, sebaiknya pelajari dulu kebijakan privasi dan syarat ketentuan yang berlaku. Dengan membaca hal ini terlebih dahulu, Anda akan lebih mudah dan memahami peraturan saat berbelanja pada toko online tersebut. Ini dimaksudkan supaya Anda bisa berhati-hati jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi dan bisa segera melaporkan pada situs belanja tersebut.

Bagikan :

You may also like...