8 Tips Menerima Kekalahan dengan Besar Hati

Bagikan :

kekalahan, menerima kekalahan, cara menerima kekalahan
8 Tips Menerima Kekalahan dengan Besar HatiKeberhasilan dan kegagalan sering datang dan pergi dalam perjalanan hidup kita. Sama halnya dengan kesuksesan, kita juga harus bisa menerima kegagalan dan kekalahan dengan lapang dada. Dan ketika Anda belajar untuk melakukannya, Anda sudah belajar untuk menghilangkan semua pikiran negatif dan segera meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa tips tentang cara untuk menerima kekalahan dengan lapang dada.

1. Ambil sebagai proses pembelajaran
Saat Anda menyadari bahwa Anda kalah atau kemungkinan mengalami kegagalan, Anda juga harus memahami bahwa Anda telah belajar sesuatu yang baru dalam proses Anda. Hidup ini bukan hanya sekedar hidup, tetapi juga tentang belajar. Jadi setiap langkah harus memberikan sesuatu yang bisa diambil hikmahnya untuk menjadi pembelajaran baru.

2. Fokus pada kemenangan berikutnya
Banyak orang terlalu menyesali kesalahan mereka dan merasa tak mampu lagi untuk segera bangkit. Alih-alih merenung atas kekalahan Anda, pikirkan apa yang dapat dilakukan untuk membuat suatu perubahan. Terlepas dari besarnya kerugian, fokuskan dengan keyakinan penuh pada usaha Anda untuk meraih kemenangan berikutnya. Hal ini dapat membantu Anda terus bangkit dan dan bersemangat lagi.


3. Berhenti menyalahkan
Sebuah kekalahan bisa terjadi karena beberapa faktor, dan ketidakmampuan Anda bisa saja salah satu dari banyak alasan. Menyalahkan kekalahan dengan ketidakmampuan diri adalah konyol. Tidak seorangpun di dunia ini dilahirkan sempurna. Orang-orang sukses diluar sana pernah mengalami jatuh bangun perjuangan, mereka telah melalui banyak kegagalan untuk belajar sehingga bisa berhasil meraih keberhasilan. Oleh karena itu, berhentilah menyalahkan ketika Anda merasa kalah, dan segera gunakan pembelajaran dari kekalahan itu untuk maju.

4. Carilah inspirator
Memiliki inspirator atau tokoh-tokoh yang memiliki kepribadian kuat adalah kebutuhan yang mutlak. Luangkan waktu untuk membaca cerita-cerita mereka. Mengumpulkan pemahaman yang baik tentang kesulitan yang mereka lalui sebelum mencapai keberhasilan. Tidak ada kesuksesan dapat diraih dengan mudah, semua butuh proses dan perjuangan panjang. Belajarlah dari mereka.

5. Ucapkan selamat
Jika Anda belum bisa memenangkan persaingan dengan orang lain, ucapkan selamat kepadanya secara sportif. Ketika Anda mengucapkan selamat kepada mereka dengan tulus dan jujur, Anda akan membersihkan pikiran Anda dari semua hal negatif dari kekalahan. Persaingan yang sehat adalah pelajaran pertama kehidupan.

6. Berhenti membuat alasan
Sudah hal yang sangat umum menjadi terlalu kritis dan membuat alasan ketika Anda dihadapkan pada kekalahan. Sikap ini dapat menghambat langkah perjuangan Anda berikutnya. Bila Anda menyalahkan orang-orang di sekitar atas kekalahan Anda, Anda gagal untuk melakukan yang terbaik setiap waktu. Jadi, kebiasaan membuat alasan harus dipotong segera.

7. Bawa harapan Anda lagi
Harapan dalam diri harus tidak pernah padam. Harapan adalah sesuatu yang membuat semua orang hidup. Terlepas dari banyaknya kegagalan, pastikan Anda jangan membiarkan harapan itu mati. Harapan dapat menenun keajaiban. Hal ini dapat membuat keberhasilan yang luar biasa.

8. Mengubah energi Anda
Ketika Anda mengisi pikiran Anda dengan hal negatif, Anda sudah menghancurkan keyakinan, kepercayaan diri, dan energi positif Anda. Sebaliknya, ketika Anda menghadapi kekalahan, ubah kekecewaan Anda dengan tindakan positif yang membuat Anda bersemangat.

Sikap “saya tidak pernah kalah” dapat merusak kepribadian Anda. Selain menampilkan tanda-tanda kesombongan, sikap seperti itu dapat melumpuhkan individu ketika ia benar-benar menghadapi kekalahan. Roda kehidupan itu berputar, kadang diatas dan kadang dibawah, ada saat menang dan ada juga saat kalah. Dan kekalahan harus diterima dengan besar hati untuk kemajuan.

Bagikan :

You may also like...