8 Tips Mengatasi Depresi Selama Kehamilan

Bagikan :

depresi, depresi selama kehamilan, depresi ibu hamil
8 Tips Mengatasi Depresi Selama KehamilanAdalah hal umum bagi wanita hamil mengalami semacam depresi. Dengan begitu banyak beban psikologis, perubahan fisik, emosional, kadang-kadang terlalu besar bagi wanita hamil. Perubahan suasana hati tiba-tiba yang disebabkan oleh perubahan hormonal dan perubahan gaya hidup perlu dipantau secara hati-hati. Berikut adalah daftar beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi depresi selama kehamilan.

1. Kuatkan ikatan emosi dengan bayi Anda
Yang paling penting fokus utama Anda sekarang adalah bayi Anda. Berbicaralah, belailah perut Anda dengan lembut, bangunlah ikatan emosi dengan bayi Anda. Merasa dekat dengan bayi Anda akan membantu Anda mengatasi depresi. Anda akan menemukan kebahagiaan, kedamaian dan kepuasan dalam ikatan dengan bayi Anda.

2. Berbagi dengan pasangan Anda
Jangan mengesampingkan kehadiran suami dari kehamilan Anda. Berbagilah perasaan Anda dengan dia. Jangan duduk sendirian di kamar dan menangis. Selalu lebih baik menangis di bahu orang-orang yang Anda cinta. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik dan akan membantu Anda mengatasi depresi Anda segera.

3. Bergabung dengan kelompok kehamilan
Bergabunglah dengan kelompok pendukung kehamilan, ini akan membantu Anda berbaur dengan wanita hamil lainnya. Mereka bisa bersimpati dan berempati dengan perasaan dan perjuangan Anda. Selain itu, selalu lebih baik dikelilingi oleh orang-orang yang sedang menjalani masalah yang sama seperti Anda. Hal ini membantu Anda menemukan dukungan, bimbingan, dan motivasi dari mereka.

4. Baca buku terkait kehamilan
Mengumpulkan informasi tentang kehamilan, membantu Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi apa yang akan datang. Ini membantu Anda menangani semua hal jauh lebih baik. Jadi silakan membaca beberapa buku masalah kehamilan.

5. Berbicara dengan dokter Anda
Mungkin ada jutaan pertanyaan dalam pikiran Anda. Berbicaralah terbuka dan meminta saran dokter tentang segala sesuatu masalah Anda. Jangan biarkan pertanyaan-pertanyaan menghantui Anda dan mengganggu pikiran nanti. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang perkembangan bayi Anda, tanyakan saja terus terang. Jika tidak, akan terus menambah kekhawatiran Anda dan depresi.

6. Membuat sebuah jurnal kehamilan
Sebuah jurnal kehamilan memiliki tujuan ganda : pertama, membantu Anda menelusuri emosi dan perasaan terhadap kehamilan. Kedua, hal ini membantu untuk merekam sebuah memoar yang indah untuk bayi Anda. Menulis pengalaman anda dapat membantu Anda menyingkirkan pikiran negatif dan melihat hal-hal dalam perspektif lebih baru dan positif.

7. Sibukkan diri Anda
Menyibukkan diri adalah cara yang sangat efektif untuk mengatasi pikiran-pikiran sedih. Bergabunglah dengan kegiatan seperti melukis atau melibatkan diri dengan membaca buku. Lakukan apa pun yang menarik minat Anda.

8. Carilah bantuan profesional
Jika tidak ada cara lain yang tampaknya bisa membantu, maka Anda harus berbicara dengan dokter yang akan merekomendasikan psikiater profesional untuk Anda. Jangan merasa malu untuk pergi ke psikolog. Depresi bukanlah gangguan mental, ini adalah kondisi sangat umum yang dapat diobati dengan pengobatan yang tepat.

Sebisanya jauhkan pikiran Anda dari stres dan menjaga diri Anda tetap bahagia. Pikirkan tentang kebahagiaan Anda dan bayi Anda untuk mengatasi depresi.

Bagikan :

You may also like...