8 Tips Mengatasi Kecemasan Sebelum Persalinan

Bagikan :

persalinan, menghadapi persalinan
8 Tips Mengatasi Kecemasan Sebelum PersalinanPersalinan, kata yang bisa sangat membangkitkan perasaan sakit luar biasa dan ketakutan di benak kebanyakan wanita hamil. Setelah melihat wanita menjerit, berteriak, dan kesakitan dalam film-film saat melahirkan bayi, jelas hal itu menjadikan perasaan cemas dan takut. Tapi Anda bisa mengatasi kecemasan Anda dengan mengikuti 8 tips sederhana berikut.

1. Bicaralah dengan dokter Anda
Hal yang sederhana seperti berbicara dengan dokter Anda dapat membantu Anda mengatasi kecemasan Anda sebelum persalinan. Kebanyakan kecemasan itu adalah rasa takut “tak diharapkan” dan “tak terduga”. Dengan berbicara secara terbuka kepada dokter kandungan Anda, maka Anda dapat mengumpulkan semua informasi yang diperlukan dan menerima penjelasan dari apa yang akan Anda alami. Hal ini membantu Anda untuk menenangkan pikiran dan mempersiapkan persalinan Anda dengan baik.

2. Berbicara dengan ibu, atau teman yang sudah berpengalaman
Ini membantu untuk berbagi dan berbicara tentang pengalaman tersebut. Jadi cobalah mencari dukungan dari ibu/ibu mertua Anda, atau teman-teman yang sudah berpengalaman lainnya.

3. Jauhi pengaruh negatif teman atau orang lain
Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki pikiran dan sikap positif. Tinggalkan semua pengaruh negatif. Jangan biarkan orang-orang negatif membuat Anda merasa lebih takut tentang kehamilan dan persalinan.

4. Buatlah jurnal kehamilan
Menulis di sebuah jurnal kehamilan membantu Anda memahami kekacauan emosional yang mungkin Anda alami. Tuliskan kata motivasi yang menguatkan Anda agar meredam pikiran kalut dan memberi Anda ketenangan pikiran. Hal ini dapat membantu mengurangi perasaan cemas pada minggu-minggu terakhir kehamilan.

5. Merencanakan persalinan Anda
Rencanakan persalinan Anda dengan bantuan dokter Anda. Apakah Anda ingin kelahiran alami atau epidural, apakah Anda ingin suami Anda menemani di sisi Anda, atau anggota keluarga lainnya. Semua hal tersebut akan membantu Anda mengatasi kecemasan Anda.


6. Bergabung dengan kelas khusus untuk wanita hamil
Kelas tersebut sangat membantu karena mereka mengajarkan Anda cara bernapas selama persalinan dan apa yang diharapkan selama waktu itu. Ini seperti sebuah “simulasi pelatihan” untuk kelahiran. Selain itu, hal ini membantu mempersiapkan pikiran Anda untuk menghadapi persalinan.

7. Bergabung dengan kelompok pendukung
Jika Anda benar-benar gugup, maka Anda dapat bergabung dengan beberapa kelompok pendukung dimana kaum perempuan berkumpul dan berbicara tentang pengalaman mereka, ketakutan, dan memberikan dukungan. Hal ini membantu untuk bersimpati dan berempati. Komunitas ini juga membantu Anda mengalihkan pikiran Anda dari kecemasan Anda. Mereka menyediakan Anda dengan dukungan yang telah Anda cari.

8. Berbicara dengan seorang psikolog/psikiater
Jika tingkat kecemasan terlalu tinggi dan tampaknya tidak ada yang bisa untuk membantu, ambil bantuan profesional medis. Kunjungi psikolog/psikiater untuk membahas tentang kecemasan Anda.

Cobalah untuk tetap bahagia dan santai, terutama di minggu-minggu terakhir menjelang persalinan Anda. Hindari stres dan kecemasan sehingga Anda dapat menikmati tangisan pertama kehadiran buah hati Anda ke dunia ini.

Bagikan :

You may also like...