8 Tips untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Bagikan :

kecerdasan emosional, cara mengembangkan kecerdasan emosional, cara melatih kecerdasan emosional
8 Tips untuk Mengembangkan Kecerdasan EmosionalSaat ini banyak orang berbicara mengenai “kecerdasan emosional,” tetapi banyak orang belum mengetahui apa sebenarnya itu. Kemampuan untuk merasakan, pengendalian dan evaluasi emosi merupakan salah satu aspek utama dari kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional membantu Anda mengatur dan mengelola emosi Anda sendiri, serta mengenali emosi orang lain. Kecerdasan emosional sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan pribadi maupun hubungan profesional. Tulisanwanita.com memberikan beberapa tips untuk mengembangkan kecerdasan emosional.

1. Biarkan perasaan Anda mengalir
Jangan mengubah atau mengganggu topik tertentu. Jika perasaan Anda membuat Anda tidak nyaman, Anda mungkin ingin menghindarinya. Jangan mengalihkan perhatian Anda dari perasaan ini. Pastikan Anda mengambil beberapa waktu untuk diri sendiri setiap hari. Jangan lupa untuk duduk merenung setidaknya sekali atau dua kali sehari, dan bertanya pada diri sendiri, “Apa yang saya rasakan saat ini”. Proses ini mungkin memakan waktu lama, tapi jangan menyerah. Berilah diri Anda beberapa ruang dan cobalah menganalisis perasaan Anda.

2. Jangan menghakimi atau memanipulasi perasaan Anda
Ada beberapa wanita cenderung mengabaikan perasaan mereka, dan memilih cuek. Jangan menjadi salah satu dari mereka jika Anda ingin memiliki kecerdasan emosional yang kuat. Pikirkan tentang perasaan Anda dan jangan mengabaikannya terlalu cepat. Emosi yang sehat biasanya bergelombang, naik, turun, mencapai puncak dan cepat memudar. Jadi, nikmati saja gelombang itu sampai puncaknya. Cobalah dan terhubung dengan perasaan Anda dengan pikiran Anda. Setiap kali Anda merasakan sesuatu tentang apapun, tanyakan pada diri sendiri “Apa yang saya pikirkan tentang hal ini?”. Salah satu perasaan Anda mungkin bertentangan, tapi ini normal. Hanya menganalisis perasaan Anda dengan jujur, dan Anda akan dapat mencapai keputusan terbaik.

3. Perhatikan reaksi tubuh Anda
Tubuh Anda menunjukkan kebenaran. Perhatikan tubuh Anda dengan seksama, dan Anda akan dapat mengetahui perasaan yang sebenarnya. Jika Anda merasakan mulas atau sakit perut saat akan bekerja, maka jelas bahwa pekerjaan Anda adalah sumber stres atau gugup. Jika hati Anda berdebar ketika berbicara dengan seorang pria spesial setiap kali diajak mengobrol, maka ini mungkin merupakan sinyal perasaan cinta untuk dia. Lihat sensasi ini dengan cermat, maka Anda akan dapat mengembangkan kecerdasan emosional.

4. Jika Anda bingung tentang perasaan Anda sendiri, minta bantuan teman Anda
Kadang-kadang Anda mungkin tidak memahami perasaan Anda sendiri. Dalam hal ini, Anda dapat meminta teman dekat untuk menilai Anda. Hal ini mungkin terdengar sedikit lucu, tapi dalam beberapa kasus dapat menilai bagaimana perasaan Anda tentang hal tertentu. Tanyakan orang yang bisa Anda percaya. Katakan padanya tentang kebingungan Anda, dan Anda mungkin menemukan jawaban yang mengejutkan dan mencerahkan.


5. Menganalisis perasaan bawah sadar Anda
Anda perlu untuk mendengarkan perasaan bawah sadar Anda. Anda dapat memahami perasaan bawah sadar Anda dengan membiarkan pikiran Anda mengembara. Lihat, kemana pikiran Anda pergi dan cobalah menganalisis impian dalam hidup Anda. Anda dapat menuliskan hal-hal yang terjadi dalam mimpi Anda. Beberapa mimpi memiliki emosi yang kuat. Mimpi ini dapat membantu Anda mencari tahu apa yang Anda inginkan.

6. Beri perasaan Anda skala 0-10
Tanyakan pada diri sendiri “Bagaimana perasaan saya?” setiap hari. Beri keseluruhan perasaan ini pada skala 0-10. Tuliskan nilai dalam sebuah buku, dan jika ada perasaan yang cukup mengganggu, luangkan waktu untuk mengidentifikasi alasan dibalik perasaan Anda itu. Jangan lupa untuk menuliskan pikiran dan perasaan Anda setiap hari. Menurut penelitian, melakukan hal ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosional Anda.

7. Jangan lupa fokus ke dunia luar
Anda harus tahu kapan saatnya untuk berhenti melihat ke dalam perasaan Anda sendiri. Jangan biarkan orang lain mempengaruhi hal negatif, karena dapat memperkuat perasaan ini. Kecerdasan emosional tidak hanya melibatkan kemampuan untuk melihat ke dalam, tetapi juga kemampuan dalam menganalisis dunia di sekitar Anda.

8. Mengenali orang lebih dalam
Jangan terburu-buru untuk memberi penilaian kepada orang lain sebelum Anda tahu semua fakta tentangnya. Dengan mengamati reaksi orang lain, maka akan dapat membantu jika Anda sering bingung bagaimana cara bereaksi terhadap hal-hal tertentu. Cobalah mengibaratkan diri sendiri jika menjadi orang lain yang kita maksud untuk menganalisis perspektif dan kebutuhan mereka. Ini akan membantu Anda bereaksi dengan cara yang lebih seimbang.

Loading...
Bagikan :

You may also like...