9 Alasan Pentingnya Sarapan Sebelum Beraktivitas

Bagikan :

sarapan pagi, apakah sarapan itu penting, kenapa sarapan pagi itu penting, mengapa sarapan penting
9 Alasan Pentingnya Sarapan Sebelum BeraktivitasBanyak yang menganggap bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting diantara waktu makan lainnya. Saat Anda tidur, tubuh Anda sibuk mencerna makan malam sebelumnya. Tentunya saat pagi tubuh Anda membutuhkan lebih banyak bahan bakar di pagi hari guna menunjang aktivitas Anda. Tulisanwanita.com memberikan beberapa alasan mengapa sarapan pagi harus menjadi ritual penting yang tak boleh dilewatkan.

1. Metabolisme yang lebih baik
Memiliki sarapan yang sehat dapat membantu metabolisme Anda. Makanan pagi yang Anda makan seperti sinyal ke otak Anda bahwa Anda harus mulai bekerja untuk mencernanya. Jadi, sarapan pagi yang seimbang adalah makanan yang Anda butuhkan untuk memulai hari Anda.

2. Mencegah makan berlebih
Jika Anda melewatkan sarapan, Anda akan sangat rakus saat waktu makan siang tiba. Anda akan memiliki dorongan untuk makan makanan yang tinggi lemak dan kalori. Meski jika Anda berhasil menundanya sampai makan malam, akibatnya Anda akan ngemil sepanjang malam. Hal ini akan menyebabkan kenaikan berat Anda.

3. Memberikan nutrisi dasar untuk tubuh Anda
Jika Anda melewatkan waktu sarapan Anda, Anda tidak akan dapat menebus jumlah mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh Anda setiap hari. Ini perlahan tapi pasti akan memiliki dampak buruk pada kesehatan Anda.

4. Mencegah energi terkuras pertengahan hari
Ketika Anda memulai hari tanpa sarapan, otak Anda kesulitan berkonsentrasi. Sehingga energi Anda akan terkuras saat siang hari. Anda tidak akan memiliki jumlah energi yang diperlukan untuk memenuhi kegiatan di pagi hari.

5. Menjaga semangat Anda tetap tinggi
Sarapan pagi memastikan tubuh Anda tidak akan merasa lapar, secara otomatis Anda berada dalam fokus yang baik sepanjang hari. Pada gilirannya akan membantu Anda untuk melakukan semua pekerjaan yang lebih baik di kantor dan di rumah.

6. Mempengaruhi suasana hati Anda
Makanan pagi yang sehat berpengaruh dalam menentukan suasana hati Anda karena mengatur kadar gula darah Anda.


7. Mempengaruhi daya ingat Anda
Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak melewatkan waktu sarapan, cenderung memiliki daya ingat yang lebih baik daripada mereka yang melewatkannya.

8. Mempengaruhi konsentrasi secara negatif
Ketika tubuh Anda bekerja tanpa terisi cukup makanan selama berjam-jam, otak mulai berfokus mencari simpanan energi. Hal ini akan menyebabkan penurunan tingkat konsentrasi Anda. Sakit kepala dan rasa lapar menambah masalah karena ketidakmampuan Anda dalam berfokus mengerjakan pekerjaan penting yang membutuhkan berpikir.

9. Masalah kesehatan
Menurut studi terbaru, jika Anda terbiasa melewatkan sarapan Anda secara terus-menerus, Anda lebih mungkin memiliki kolesterol tinggi, LDL, dan tingkat insulin. Kebiasaan ini jika terus dipelihara dalam jangka panjang dapat menyebabkan sejumlah penyakit jantung dan diabetes.

Bagikan :

You may also like...