9 Bahan Alami Penangkal Kanker

Bagikan :

kanker, mencegah kanker, penangkal kanker
Tidak dipungkiri, seiring perkembangan jaman, kini peluang seseorang terkena penyakit kanker semakin besar. Salah satu fator pemicunya, hal itu disebabkan tingkat polusi saat ini yang semakin mengerikan yang dapat mengancam sel tubuh kita. Pola hidup bersih dan sehat adalah satu-satunya cara yang bisa melindungi sel tubuh dari gangguan kesehatan yang menyeramkan tersebut. salah satunya dengan mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung senyawa antioksidan yang mampu melawan sel kanker. Berikut ini Tulisanwanita.com menuliskan daftar sayur dan buah yang mengandung zat antioksidan untuk menangkal kanker.

1. Bawang Putih
Jenis bawang ini mengandung senyawa flavonoid kuersetin dan kamferol yang berkhasiat sebagai anti kanker. Konsumsilah satu siung bawang putih segar setiap hari. Boleh juga Anda mencoba mengonsumsi bawang putih yang sudah difermentasi setiap hari.

2. Apel
Buah ini kaya akan vitamin C. Selain itu apel juga mengandung zat lain yang bekerja segai antioksidan, yaitu kuersetin dan epikatecin. Untuk mendapatkan khasiat antioksidan dalam apel secara optimal, pastikan memilih nuah yang bermutu tinggi.

3. Anggur
Daging dan kulit buah anggur mengandung senyawa antioksidan yang bernama resveratrol. Kandungan resveratrol dam anggur dapat menghambat semua tahapan kanker. Mulai dari awal sampai pertumbuhan, termasuk tumor limfa, liver, lambung, payudara, bahkan dapat membunuh sel kanker usus dan leukemia. Zait itu terdapat dalam semua jenis anggur. Seperti anggur merah, hijau, dan ungu. Sayangnya, kualitas anggur tetap menentukan manfaatnya. Oleh karenanya, disarankan memilih jenis anggur berdasarkan daerah asal dan juga dengan mempertimbangkan kualitas lainnya, umpamanya produk organik, usia petik, dan lama penyimpanan.


4. Biji-bijian
Kita memang belum banyak menyadari manfaat biji-bijian yang mudah didapat, salah satunya adalah kacang hijau, Dalam keadaan kering, kacang-kacangan ini kaya akan serat, dan sumber protein. Selain itu juga kaya asam folat dan vitamin B yang fantastis. Kandungan lain yang pasti adalah antioksidan yang mampu melindungi kita dari kanker. Cara termudah adalah dengan cara merebus dan meminum air rebusannya. Dan, tentunya akan lebih bermanfaat lagi bila biji rebusannya juga dikonsumsi.

5. Tomat
Di banyak negara, tomat adalah jenis buah yang terbanyak dikonsumsi, terutama karena rasa dan kegunaan yang bervariasi. Tomat merupakan sumber vitamin A dan C sangat berlimpah yang dihasilkan dari betakaroten. Juga, dalam 148 gram tomat terpenuhi 10 persen kebutuhan harian akan kalium.

6. Brokoli
Jenis sayuran ini mengandung senyawa antioksidan. Diantaranya, asam folat, vitamin C, kalium, serat, dan manganum. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung senyawa antosianin dan karotenoid yang sama pada kubis merah. Cara kerja senyawa-senyawa tersebut juga sama seperti antioksidan.

7. Teh
Ada empat jenis teh, yaitu teh putih, hitam, hijau, dan oolong. Kandungan tannin dalam teh dapat bekerja sebagai antioksidan. Oleh sebab itu, rajin minum teh membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan sel untuk mencegah kanker.

8. Sayuran berwarna hijau gelap
Jenis sayuran berwarna hijau gelap, beberapa diantaranya, bayam, sawi hijau, dan kale. Sayuran-sayuran tersebut mengandung serat dan karotenoid, yang berkhasiat sebagai antioksidan pencegah kanker. Hasil penelitian menunjukkan senyawa karotenoid pada sayur berwarna gelap dapat menghambat pertumbuhan tipe tertentu sel kanker payudara, kanker kulit, kanker paru dan kanker lambung. Bahkan serat yang terkandung di dalam jenis sayur ini membantu menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar.

9. Wortel
Satu setengah cangkir wirtel yang dicacah bisa menyediakan kebutuhan vitamin A sebesar 200 persen lebih tinggi dari kebutuhan harian, juga ada serat, vitamin C dan K. Paling sedikit dua biji wortel sehari akan membantu kita mendapatkan kebutuhan nutrisi tubuh. Warna jingga pada wortel menunjukkan kandungan senyawa karoten, yang di dalam tubuh manusia akan diubah menjadi vitamin A, yang berperan untuk menjaga kelangsungan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mempertahankan kesehatan sel. Hal itu juga berlaku untuk wortel yang berwarna ungu dan merah.

Bagikan :

You may also like...