9 Cara Mencegah Rambut Kusut

Bagikan :

rambut kusut, rambut kusut setelah keramas, cara mengatasi rambut kusut dan rontok, cara mengatasi rambut kusut dan mengembang, cara mengatasi rambut kusut pada anak, rambut kusut pria, shampo rambut kusut, shampo anak untuk rambut kusut, cara agar rambut tidak kusut secara alami
9 Cara Mencegah Rambut KusutBerurusan dengan rambut yang kusut tentu saja menjengkelkan. Ironisnya itu sering terjadi setelah bangun tidur. Terutama bagi pemilik rambut kering dan rusak. Untuk mengetahuinya, cobalah lakukan sembilan cara berikut ini.

1. Sisirlah sebelum keramas
Sebelum keramas, sebaiknya sikatlah rambut menggunakan sisir bergigi lebar atau sikat dengan bulu berujung plastik. Ini akan membantu mencegah rambut menjadi kusut setelah dicuci. Menyisir rambut sebelum keramas juga dapat mencegah rambut rontok, karena tidak terlalu sulit mengaturnya saat dalam kondisi basah. Perlu Anda ketahui, menyisir rambut dalam kondisi basah bisa menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, sisirlah rambut di pagi hari dan sebelum tidur untuk menghindari rambut menjadi kusut.

2. Sisir bergigi lebar
Gunakan sisir bergigi lebar yang dibuat dari bahan alami, seperti kayu. Ini akan meminimalisir penumpukan energi statis, sehingga rambut akan tetap halus dan lembut.

3. Pakai kondisioner
Setiap kali sehabis keramas, jangan lupa mengoleskan kondisioner untuk menghaluskan rambut. Cara mengoleskannya pun harus benar, yaitu hanya pada batang dan ujung rambut. Jangan sampai mengenai kulit kepala! Sebab, mengoleskan kondisioner pada kulit kepala hanya akan menyebabkan area tersebut kotor dan makin berminyak.

4. Oleskan minyak
Setelah membilas rambut, oleskan sedikit minyak pada ujung rambut. Anda bisa menggunak minyak alami urang-aring. Ini penting untuk mengunci kondisioner yang sudah dioleskan, sekaligus membantu menghaluskan dan mengendurkan ujung-ujung rambut. Dengan begitu, rambut Anda akan terhindar dari kondisi kusut.

5. Jangan menggosok
Jangan membungkus, memutar, atau bahkan menggosok dan meremas rambut dengan handuk, karena bisa menyebabkan kasar dan rusak. Menggosok dn meremas rambut dengan handuk, apalagi terlalu keras, bisa menyebabkan batang rambut melemah dan rapuh, sehingga mudah patah. Setelah keramas, sebaiknya bungkus rambut dengan kaos lembut yang sudah tidak terpakai. Ini hanya untuk menyerap kelebihan air.

6. Keringkan secara alami
Sebaiknya biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya atau secara alami. Ini memang membutuhkan waktu lama, tetapi bisa membuat rambut Anda lebih mudah diatur dan lebih baik. Kalau memang membutuhkan ala pengering rambut atau hair dryer, sebaiknya setel pada suhu rendah saja agar tidak menyebabkan rambut rusak.

7. Gunakan masker
Lembabkan rambut sesering mungkin. Rambut yang sehat dan lembab cenderung tidak kusut. Karena itu, tidak ada salahnya Anda menggunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali untuk melembabkan rambut. Pilihlah masker yang dibuat dari bahan=bahan alami, seperti alpukat, dsb.

8. Ikat saat beraktivitas
Bila Anda sedang melakukan banyak aktivitas atau nge-gym, sebaiknya ikatlah rambut Anda. Bisa dikuncir, kepang, cepol, atau bun.

9. Sarung bantal sutera atau satin
Menggunakan sarung bantal dari bahan sutera atau satin juga bisa mencegah rambut kusut di pagi hari. Sebab sarung bantal seperti itu dapat meminimalkan penumpukan energi statis di rambut saat tidur. Karena itu, sebaiknya gunakan sarung bantal berbahan sutera atau satin.

Tips Jika Rambut Anda terlanjur Kusut
Bila rambut Anda sudah terlanjur kusut, tentu dibutuhkan cara tersendiri untuk mengatasinya. Berikut ini yang bisa Anda lakukan.

1. Potong
Rambut kusut terjadi karena kering dan rusak. Karena itu, untuk mengatasi, yang bisa dilakukan adalah memotong bagian yang kering dan rusak. Dengan begitu, yang tersisa adalah bagian rambut yang lebih halus.

2. Minyaki rambut
Minyakilah rambut Anda secara berkala dengan minyak alami (zaitun) yang dihangatkan terlebih dahulu. Kemudian bungkus dengan handuk lembut yang sudah dihangatkan. Cara ini akan memperbaiki kutikula rambut dengan memberikan kelembaban.

3. Sisir dengan jari
Saat rambut kusut, sebaiknya sisir menggunakan jari. Mulai dengan bagian rambut yang tersimpul dan kusut. Jangan menarik dua bagian rambut untuk memisahkannya.

Bagikan :

You may also like...