9 Cara Mendidik Anak Remaja Anda Menjadi Lebih Dewasa

Bagikan :

remaja, anak remaja, cara mendidik anak remaja
9 Cara Mendidik Anak Remaja Anda Menjadi Lebih DewasaSalah satu kelompok usia yang paling labil dan rentan pasti remaja. Anak-anak yang tumbuh dalam kelompok usia ini selalu marah, cengeng, memberontak, dan keras kepala. Membanting pintu, tak mau mendengar atau membantah nasehat adalah karakteristik dari anak-anak remaja. Apakah Anda merasa sulit menangani masalah seperti ini? Jangan putus asa. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa cara aman untuk membantu remaja Anda tumbuh menjadi lebih dewasa dan matang.

1. Bicara dengan mereka dengan cara yang matang
Membentak, bicara keras, cengengesan, tertawa, mata berkedip, berbicara cepat, itu hanya beberapa manifestasi dari bahasa tubuh remaja yang belum matang. Amati apakah Anda sering menyertakan sikap ini dalam percakapan Anda. Jika ya, segera hilangkan. Mengadopsi intonasi suara lebih dalam, serius, dan memilih kata-kata Anda dengan hati-hati. Pastikan bahwa ia bisa belajar menghargai nasehat orangtua. Sesekali belajarlah menjadi orangtua yang disiplin.

2. Jadilah contoh yang baik
Anak-anak remaja belajar melalui contoh-contoh praktis. Jadilah diri Anda menjadi panutan. Jika Anda ingin anak Anda untuk tumbuh menjadi anak remaja yang bisa bersikap dewasa, maka Anda juga perlu menjadi personifikasi dari sikap seperti itu. Semua dimulai dari diri Anda.

3. Beri mereka tanggung jawab
Anda harus memberikan mereka tanggung jawab, biarkan mereka belajar untuk mengerjakan kewajibannya. Mulailah dengan tugas-tugas sederhana seperti mencuci baju, mencuci piring, menyiram tanaman dan membersihkan kamar mereka. Jangan memberi alasan apapun dalam hal ini. Mereka harus tahu bahwa itu sudah tanggung jawab mereka dan mereka sendiri harus melakukannya. Katakan bahwa mereka sudah bukan anak kecil lagi, sehingga sudah punya tanggung jawab seiring mereka bertumbuh.

4. Mintalah mereka untuk berpakaian sopan
Cobalah meminta mereka mengenakan pakaian yang baik dan sopan. Anda hanya perlu menunjukkan kepada mereka bahwa baik/buruknya cara berpakaian akan dinilai orang lain. Ngomong-ngomong, anak remaja suka sekali jika dianggap dewasa, lho!

5. Biarkan mereka melakukan kesalahan
Tidak semua orang bisa menjadi benar, kan? Paling sering daripada tidak, dunia remaja. Biarkan mereka melakukan kesalahan dan belajar dari hal itu. Kadang-kadang, tidak terlalu banyak melarang mereka bisa juga bermanfaat, asalkan sewajarnya. Ini akan mengajarkan mereka menjadi lebih bertanggung jawab, dewasa, dan mandiri.

6. Membangun aturan-aturan dasar
Menetapkan batas-batas perilaku tertentu sangat penting untuk membantu anak remaja Anda lebih matang. Dia akan belajar bahwa ia tidak bisa seenaknya melanggar aturan-aturan rumah. Kebebasan tidak akan selalu diberikan kepadanya. Anda perlu membuat jelas bahwa ada batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar.

7. Hargailah mereka
Menghargai mereka ketika melakukan sesuatu yang positif adalah cara lain yang efektif untuk mempercepat proses kematangan. Remaja suka mencari perhatian, tidak peduli apa konsekuensinya. Jadi, alih-alih membiarkan dia melakukan kesalahan demi mendapatkan perhatian, mendorong dia untuk melakukan sesuatu yang baik dan berikan penilaian.

8. Minta mereka untuk membaca buku-buku yang baik
Buku dikatakan sahabat terbaik manusia. Mereka adalah sumber pengetahuan. Berikan anak remaja Anda buku-buku bacaan yang baik untuk mengimbangi kesukaannya membaca komik. Buku-buku agama dan motivasi bisa bermanfaat untuk menenangkan jiwa mudanya yang masih memberontak. Kedewasaan akan segera menyusul, Anda akan melihatnya

9. Ajarkan mereka pentingnya bertanggung jawab
Jika Anda melihat perilaku mereka yang tidak bertanggung jawab, segeralah menegur. Duduklah bersamanya, buatlah ia mengerti bagaimana menjadi dewasa akan memberi manfaat yang baik dalam jangka panjang. Jangan pernah bosan berbicara padanya tentang manfaat memikul tanggung jawab sejak usia dini.

Bagikan :

You may also like...