9 Jenis Makanan untuk Melawan Kelelahan

Bagikan :

kelelahan, makanan untuk melawan kelelahan
9 Jenis Makanan untuk Melawan KelelahanKelelahan atau kecapekan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun para ahli kesehatan ternama telah sepakat, bahwa faktor gizi buruk sering dianggap sebagai penyebab terbesar. Makanan adalah bahan bakar dari energi, mengisi ulang nutrisi penting dalam tubuh, dan terus digunakan untuk aktivitas harian. Jadi, pada saat Anda merasa lelah atau capek, cobalah mempertimbangkan beberapa makanan pengisi energi berikut yang memiliki kemampuan untuk melawan kelelahan.

1. Semangka
Air merupakan sumber kehidupan. Menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu mengalahkan rasa cepat lelah. Tapi air juga dapat dikonsumsi melalui cara lain. Semangka adalah cara yang bagus untuk mengisi kandungan air yang hilang dari tubuh Anda karena buah ini memiliki 90 persen kadar air di dalamnya.

2. Biji-bijian
Karbohidrat adalah bahan bakar otak. Karbohidrat kompleks seperti yang terdapat dalam biji-bijian melepaskan energi secara bertahap dalam tubuh Anda. Mereka menjaga kadar gula darah serta menjaga pikiran Anda aktif dan waspada. Oatmeal adalah pilihan lain yang dapat Anda sertakan dalam diet.

3. Cokelat pekat
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa makan cokelat hitam dalam porsi kecil dapat mengembalikan energi dalam tubuh Anda dan membuat otak berfungsi lebih aktif. Merangsang sel-sel otak dan memperbaiki suasana hati Anda dengan cepat. Namun, makanlah secukupnya saja ya.

4. Kenari
Asam lemak omega 3 bekerja sebagai pengisi energi. Individu yang mudah lelah biasanya diamati karena kekurangan asam lemak omega 3. Kenari kaya nutrisi penting ini, dan cukup satu ons kenari dapat menambah stamina Anda.

5. Kacang
Kacang memiliki banyak kandungan serat, terutama kacang buncis. Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan karena itu energi menetap dalam tubuh Anda untuk waktu yang lama. Kacang kaya akan magnesium dan juga membantu dalam menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

6. Protein tanpa lemak
Apakah Anda pernah mencoba makan burger atau pizza ketika Anda lelah? Makanan ini memang memberi Anda energi instan tapi lebih cepat habis. Hal ini karena, makanan cepat saji terdapat banyak kandungan garam sehingga bisa menurunkan tingkat energi tubuh. Sebaliknya, pilihlah protein tanpa lemak. Protein tidak hanya pembangun otot tetapi juga terdiri dari asam amino yang bermanfaat agar pikiran Anda tetap waspada.

7. Makanan kaya vitamin C
Paprika merah dan buah jeruk kaya akan vitamin C yang berfungsi memerangi kelelahan. Antioksidan yang hadir dalam makanan ini meminimalkan tingkat stres dalam tubuh. Oleh karena itu, mendapatkan dosis harian vitamin C sangat penting untuk kelancaran fungsi tubuh dan tingkat energi berkelanjutan.

8. Ubi
ubi jalar adalah pengisi energi yang bagus, bukan hanya karena kehadiran serat di dalamnya, tetapi juga karena mereka kaya akan kalium. Kandungan kalium elektrolit, menghidrasi tubuh, mengurangi tekanan darah dan melemaskan tubuh Anda. Tingkat stres turun jauh seketika, sehingga membuat tubuh Anda tetap berenergi.

9. Telur
Telur kaya akan protein, zat besi, dan seng. Produksi energi dalam tubuh dirangsang dengan konsumsi telur. Setiap nutrisi lainnya dalam makanan ini membantu tubuh Anda untuk berfungsi secara efektif dengan menjaga tingkat energi yang tinggi.

Menguap, mudah mengantuk, memilih minuman yang manis-manis, atau ngemil mungkin tampak seperti solusi yang lebih bagus. Tetapi mencoba beralih ke menu alternatif sehat adalah cara terbaik untuk melawan kelelahan.


Loading...
Bagikan :

You may also like...