9 Pengobatan Wasir Alami yang Bisa Anda Coba

Bagikan :

wasir, ambeien, hemoroid, cara mengobati ambeien, pengobatan wasir
9 Pengobatan Wasir Alami yang Bisa Anda CobaSusah duduk dan terasa sakit ketika buang air besar adalah hal yang sering dikeluhkan orang-orang yang menderita wasir, tentu saja hal ini sangat menggangu aktivitas dan sangat tidak nyaman. Apa yang harus dilakukan penderita wasir untuk mengatasi hal ini? Nah, Tulisanwanita.com memberikan solusi pengobatan alami untuk wasir. Baca terus.

Wasir dikenal sebagai varises vena di sekitar anus, dikenal juga sebagai ambeien atau hemoroid. Bibir anus mengalami pembengkakan dan terkadang disertai pendarahan. Wasir ada dua macam, yaitu secara internal maupun eksternal, dan diberi nama hemoroid internal atau hemoroid eksternal. Wasir eksternal atau wasir internal tidak menyebabkan rasa sakit kecuali ketika lecet atau terinfeksi. Wasir luar diliputi oleh kulit dan tak dapat dimasukkan. Jadi, selalu ada di luar, tidak selalu menimbulkan keluhan dan menyebabkan perdarahan. Wasir dalam diliputi oleh selaput lendir pada stadium 1 terjadi perdarahan saat buang air besar, tak ada rasa sakit dan darahnya segar (warnanya merah segar). Lalu pada stadium 2, wasir keluar dan masuk kembali sendiri tanpa didorong (tak selalu terjadi perdarahan). Pada stadium 3 wasir keluar dan harus dikembalikan dengan dorongan tangan. Sedangkan pada stadium 4 wasir keluar dan tak dapat dimasukkan, biasanya disertai rasa sakit.

Gejala Wasir : Perdarahan ketika buang air besar, nyeri hebat, gatal dan sensasi terbakar pada anus adalah salah satu gejala dari wasir. Wasir disebabkan oleh sembelit, dan menerapkan terlalu banyak tekanan sementara lewat tinja.

Penyebab umum Wasir : Sering mengkonsumsi makanan panas dan pedas, kerusakan liver, minum alkohol, terlalu banyak duduk atau berdiri, minum obat pencahar yang berlebihan dll.

Pengobatan Wasir Alami

1. Jintan, Adas Manis, dan Ketumbar
Didihkan 1 sendok teh masing-masing biji jintan, adas manis, dan biji ketumbar dalam 250 ml air. Setelah air tinggal setengahnya, saring, dan campur dengan 1 sendok teh minyak samin, dan minum. Pengobatan ini bermanfaat untuk wasir berdarah serta bagi wanita hamil yang mengalami masalah ini.

2. Biji Psyllium (Plantago Ovata)
Penelitian telah menunjukkan bahwa lebih dari 83% dari pasien ambeien yang menggunakan psyllium memiliki peningkatan kesembuhan yang signifikan. Mengurangi rasa sakit, iritasi, ketidaknyamanan dan perdarahan saat buang air besar. Psyllium juga dapat membantu mengobati masalah sembelit. Karena itu, ambillah 4 sampai 10 sendok teh biji psyllium sehari. Untuk mempermudah, Anda juga dapat mencoba produk komersial biji psyllium yang dijual di pasaran. Jika Anda menggunakan Psyllium, jangan lupa minum banyak cairan minimal 8 gelas air setiap hari.

3. Minyak Mustard dan Air
Jika wasir terasa sangat menyakitkan saat buang air besar, ambillah beberapa minyak mustard, tuangkan pada telapak tangan Anda, campur dengan sedikit air dan menerapkannya pada wasir setelah buang air. Cara ini mengatasi rasa sakit wasir Anda.

4. Gel Lidah Buaya
Gel lidah buaya adalah zat dan membantu mempercepat penyembuhan wasir. Gunakan secara eksternal pada daerah dubur, dan ketika diserap, gel merupakan pencahar yang efektif. Atau Anda dapat minum setengah cangkir jus lidah buaya tiga kali sehari. Anda dapat membeli di toko makanan kesehatan, swalayan, dsb. Namun jangan mencoba membuat jus lidah buaya sendiri.

5. Makan wortel sering
Mengonsumsi wortel langsung atau minum jus wortel bisa menyembuhkan wasir lebih cepat. Juga, Anda dapat mencampur jus wortel dan bayam dengan perbandingan 3 wortel dan 1 bayam. Resep ini telah dikenal efektif menyembuhkan wasir.

6. Mangga, Dadih Susu, dan Jahe
Campur ½ cangkir jus mangga manis bersama dengan 25 gram dadih susu, ditambah 1 sendok teh jus jahe, dan segera diminum. Konsumsilah 3 kali sehari, cara ini juga dapat membantu Anda menyembuhkan wasir.

7. Lobak
Campurkan 1 cangkir jus lobak, dengan 1 sendok teh minyak samin, aduk dan minumlah 2 kali sehari, pagi dan sore. Ramuan ini efektif untuk mengobati wasir berdarah maupun wasir tidak berdarah. Iris 1 lobak putih menjadi potongan-potongan kecil, tambahkan garam dan tempatkan semalam di tempat terbuka yang lembab. Makanlah setelah bangun tidur perut kosong. Setelah buang air besar, mencuci anus dengan air, dan kemudian minum jus lobak.

8. Lemon dan Susu Hangat
Adapun cara lain meredakan perdarahan wasir yaitu, memeras sekitar ½ buah lemon ke dalam susu panas dan segera diminum. Ulangi proses setiap 3 jam.

9. Gooseberry Kering dan Susu Mentega
Atau, giling gooseberry kering hingga menjadi bubuk. Campurkan 1 sendok teh bubuk gooseberry ini dengan mentega susu, dan makanlah di pagi dan sore hari.


Loading...
Bagikan :

You may also like...