5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Memfilter Foto Selfie

alasan mengapa orang menggunakan filter foto, mengapa filter foto buruk, filter foto media sosial, manipulasi foto

Tidak ada yang salah dengan hobi selfie, asalkan kamu masih merasa menjadi diri sendiri dan dalam batasan wajar. Tapi semenjak bertebaran aplikasi manipulasi foto, orang-orang jadi tertarik mencobanya dan akhirnya kecanduan otak-atik fotonya. Mulai dari menebalkan alis, memutihkan wajah biar terlihat glowing, melentikkan bulu mata, meniruskan muka, dsb. Pada dasarnya kamu nggak perlu mengubah foto sedemikian rupa sampai tak terlihat penampilan aslimu. Jika kamu sangat suka selfie dan tidak bisa berhenti menggunakan aplikasi filter, alasan dibawah ini bisa kamu pertimbangkan.

1. Orang lain hanya mengagumi foto hasil filteran, bukan kamu
Apakah kamu ingin membohongi diri sendiri? Jika jawabannya tidak, mengapa semua fotomu kamu filter? Jika orang yang belum kenal kamu di sosmed, mungkin mengira itu foto aslimu. Ya memang jelas hasilnya lebih menawan, dan mengundang sanjung puji. Tapi percayalah, setiap orang punya keunikan tersendiri. Memfilter selfie secara berlebihan hanya akan membuatmu terlihat seperti orang lain, bukan dirimu. Jadi buat apa dapat pujian tapi bukan diri kita sebenarnya?

2. Kamu merasa tak aman
Satu-satunya alasan kenapa seseorang suka memfilter selfie adalah karena mereka tidak berpikir bahwa dirinya terlihat cukup baik. Titik! Jika kamu sangat percaya diri dan sudah nyaman dengan dirimu sendiri, maka foto se-nyleneh apa pun akan tetap keren. Semakin kamu terobsesi dengan kesempurnaan, maka dirimu selalu merasa tak aman. Faktanya adalah, kesempurnaan bukan hanya berlebihan tetapi juga sangat membosankan. Mengapa? Ya karena diatas langit masih ada langit. Paham kan maksudnya?

3. Kamu terlalu kecanduan media sosial
Twitter, Instagram, Facebook, dan Snapchat memang platform media sosial yang membius, sehingga banyak orang betah berlama-lama menatap layar ponsel. Seharusnya media sosial meningkatkan kehidupanmu dan membantu berkomunikasi dengan orang lain. Tapi, kamu juga harus bisa membatasi penggunaannya. Kamu bisa memanfaatkan waktumu dengan melakukan hal-hal yang jauh lebih baik daripada memposting selfie yang difilter sepanjang waktu. Cobalah suatu kegiatan positif atau mengembangkan hobi baru, maka kamu akan mengurangi kebiasaan selfie sedikit demi sedikit.

Baca juga :  8 Tips Menerima Kekalahan dengan Besar Hati

4. Mengurangi produktivitas
Apakah kamu memposting foto selfie setiap hari sebagai upaya menghindari sesuatu yang mengganggumu? Apalagi ketika kamu dihadapkan pada satu hal yang kurang menyenangkan. Ambil contoh misalnya pekerjaan. Yang tadinya rencananya mau melakukan pekerjaan, malah membuka sosmed, lalu upload foto. Yang ada malah kerjaan jadi terbengkalai. Coba sesekali lepaskan diri dari kebiasaan ini dan fokuslah dengan dirimu. Pasti produktivitasmu semakin meningkat dan semua targetmu berjalan sesuai rencana.

5. Orang jadi risih
Bagaimana perasaanmu ketika kamu melihat orang posting foto selfie setiap hari di Instagram? Awal kesan pertama kamu mungkin berpikir, mereka terlihat menarik. Tetapi lama-kelamaan, jadi bosan dan risih. Itulah yang dipikirkan teman dan pengikutmu ketika mereka melihat linimasa yang dipenuhi foto selfie atau video Snapchat yang difilter. Jika kamu nggak ingin kehilangan follower akun media sosialmu, mungkin ide yang bagus adalah sesekali saja posting selfie.

Itulah lima alasan mengapa kita harus berhenti memanipulasi foto selfie. Nggak ada salahnya sih memfilter foto, tapi jangan keseringan dan berlebihan juga. Karena pada akhirnya, dikehidupan nyata orang-orang hanya menginginkan kamu menjadi dirimu sendiri.


You may also like...