Makan Pelan-Pelan Ternyata Penting!Ini 5 Alasannya

Bagikan :

makan pelan-pelan, manfaat makan pelan-pelan
Makan Pelan-Pelan Ternyata Penting!Ini 5 AlasannyaPastinya Anda sudah sering mendengar orang tua atau kakek-nenek mengingatkan supaya mengunyah makanan secara perlahan agar mudah dicerna. Tapi, Anda mungkin berpikir apa yang mereka katakan tidak terlalu penting, tapi tahukah Anda itu memang harus! Ada banyak alasan yang baik bagi kesehatan, mengapa kita harus makan makanan secara perlahan. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa alasannya.

1. Menurunkan berat badan
Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit bagi otak untuk mendapatkan sinyal bahwa perut kita kenyang, Anda akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori jika makan secara perlahan. Kita akan cenderung makan berlebihan jika kita makan terlalu cepat, sebagai akibatnya berat badan lebih cepat naik. Cara ini terutama sangat berguna ketika Anda ingin menikmati makanan ‘pantangan’ saat sedang diet ketat. Anda dapat menikmati makan makanan tersebut tanpa khawatir berat badan bertambah jika Anda makan-makanan kesukaan secara pelan-pelan. Jadi, salah satu cara termudah dan murah untuk menurunkan berat badan adalah hanya dengan memperlambat kecepatan makan Anda.


2. Kenikmatan makan
Semakin lambat mengunyah makanan Anda, maka semakin lama Anda akan dapat menikmatinya. Juga, jumlah kenikmatan yang Anda dapatkan dari makan akan meningkat. Karena salah satu manfaat dari makan secara pelan-pelan adalah memuaskan rasa lapar Anda. Jadi, nikmatilah cita rasa makanan Anda.

3. Peningkatan pencernaan
Karena makan perlahan-lahan lebih ditekankan pada mengunyah makanan hingga lembut, tentu saja Anda akan mendapatkan keuntungan kesehatan pencernaan yang lebih baik. Jika Anda mengunyah makanan Anda dengan benar, proses pencernaan sudah bermula di mulut Anda. Tubuh Anda akan mengeluarkan lebih sedikit energi dalam mencerna makanan jika Anda telah mengunyah dengan baik. Inilah salah satu manfaat kesehatan utama dari makan secara perlahan-lahan.

4. Perubahan gaya hidup secara keseluruhan
Jika Anda mulai menghargai apa yang Anda makan dengan cara makan secara perlahan-lahan, itu akan berdampak positif serta memberi pengaruh besar terhadap gaya hidup Anda secara keseluruhan. Lihatlah, tingkat stres Anda perlahan akan turun, karena Anda tidak terburu-buru mengunyah makanan Anda. Jika Anda mampu menerapkan teknik yang sama untuk aspek-aspek lain dari kehidupan Anda, maka Anda sudah dapat berlatih memanfaatkan secara maksimal hari-hari Anda.

5. Cara yang baik untuk melatih pikiran Anda
Ketika Anda memperhatikan, menghargai apa yang Anda makan, dan berfokus pada makanan ketika makan, tanpa Anda sadari cara ini adalah teknik untuk melatih pikiran. Cara ini melatih pikiran Anda untuk berada di saat ini, dan mengantisipasi semua gangguan. Ini membantu Anda belajar bagaimana untuk sepenuhnya fokus pada satu hal, dan membuat sebagian besar dari hal itu.

Bagikan :

You may also like...