5 Alasan Kamu Perlu Menyendiri Saat Sedang Dilanda Masalah

menyendiri, lebih nyaman menyendiri, menyendiri quotes, menyendiri dalam islam

Semua orang pasti pernah memiliki masalah dalam hidupnya. Namun terkadang tak sedikit orang yang mengerti cara paling efektif dalam menuntaskan persoalan tersebut. Meskipun tidak bisa digeneralisasi, tetapi menyendiri merupakan salah satu hal yang wajib kamu lakukan ketika sedang tertimpa masalah.




Banyak orang yang menganggap bahwa hidup di dunia ini tak boleh menjadi seseorang yang suka menyendiri. Tetapi ingatlah bahwa tak selamanya kamu harus menuruti perkataan orang lain. Ikuti kata hati jika menurutmu itu adalah hal baik. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus menyendiri jika dilanda masalah.

1. Kamu lebih berfokus dalam penyelesaian masalah
Siapa sih yang tak ingin masalahnya cepat terselesaikan? Semua orang pasti memiliki pendapat sama tentang hal itu karena beban yang harus dipikul sangatlah berat. Kamu harus memiliki tingkat fokus yang tinggi agar masalah tersebut cepat terselesaikan.

Fokus tersebut bisa didapatkan jika kamu memutuskan untuk menjauh dari keramaian. Tidak ada hal lain yang bisa mengganggumu dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Hal itu merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam hal pemecahan masalah.

2. Meminimalisir munculnya masalah baru
Seiring berjalannya waktu, sebuah masalah pasti akan datang silih berganti tanpa pernah berhenti. Jika saat ini kamu sedang dilanda masalah, maka cobalah untuk meminimalisir persoalan lain agar tidak muncul karena dapat membuat kepala menjadi pening.


Menyendiri merupakan salah satu langkah terbaik jika kamu ingin menunda persoalan lain yang datang pada hidupmu. Tak ada kontak batin maupun fisik terhadap dunia luar membuatmu akan lebih berfokus pada penyelesaian masalah saat ini.

3. Kamu tidak mudah stres
Pada saat berada di keramaian namun pikiran lagi kalut, kamu pasti akan mudah mengalami stres. Hal itu terjadi karena di keramaian, suara-suara kendaraan dan orang dapat mengganggu fokus.

Baca juga -  6 Alasan Agar Jangan Terlalu Terobsesi dengan Penampilan


Memutuskan untuk menjauhkan diri ketika sedang dilanda masalah merupakan sebuah langkah yang cukup tepat karena hal itu akan sangat membantumu dalam mencapai tujuan. Ingatlah bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik, tak terkecuali pikiran yang stres.

4. Meminimalisir pertengkaran dengan kerabat dekat
Ketika sedang dilanda masalah, hatimu pasti akan sensitif jika dihadapkan dengan sebuah kontak yang menyinggung meskipun konteksnya becanda. Orang-orang disekitarmu pasti akan merasakan ketidaknyamana jika kamu terus-terusan memarahinya karena pikiranmu yang sedang kalut.


Untuk menghindari pertengkaran dengan kerabat dekat, menyendiri merupakan piihan yang tepat karena di situ kamu bisa bebas berekspresi. Intinya adalah kelola egomu jika sedang bersosialisasi dengan orang lain, terutama sahabat-sahabatmu.

5. Kamu pasti intropeksi diri lebih dalam
Ketika telah melakukan sebuah kesalahan, satu-satunya hal yang pasti terlintas di pikiran adalah kemauan untuk intropeksi diri. Jika saat ini dirimu sedang dilanda masalah, cobalah untuk menyendiri karena kamu sangat membutuhkan sebuah ketenangan.


Menyendiri akan membuatmu untuk berpikir lebih jauh mengenai kesalahan-kesalahan yang dapat membuat persoalan itu muncul. Kamu akan melakukan intropeksi secara mendalam karena suasana sunyi yang cukup mendukung untuk merenung.

Itulah kelima alasan mengapa kamu perlu menyendiri ketika hidup sedang dilanda masalah. Meskipun pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial, terkadang kamu perlu menyendiri untuk memperoleh ketenangan hati.


You may also like...