5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Anak Anda Malas Belajar

Bagikan :

anak malas belajar, anak tidak suka belajar
5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Anak Anda Malas BelajarApakah Anda khawatir karena anak Anda hanya suka bermain dan malas belajar? Sudah mencoba banyak cara tapi masih menemukan kesulitan untuk membuat mereka agar mau belajar? Tidak heran Anda akan memarahinya. Tapi, ingatlah bahwa hal itu tidak akan memberi solusi. Anda perlu bersabar dan menunjukkan kepada mereka arah yang benar. Artikel berikut menuliskan 5 hal yang harus dilakukan jika anak Anda tidak suka belajar.

1. Kenali kesukaan anak Anda
Satu hal yang harus dilakukan orang tua adalah menjadi terbuka terhadap kesukaan anak-anak mereka. Entah itu menyanyi, menari, memecahkan teka-teki, atau bahkan menikmati olahraga dsb. Pahami minat mereka dan cobalah mendorong untuk membaca atau menemukan informasi lebih lanjut sesuai apa yang disukainya. Anda juga dapat membantu mereka dalam upaya ini dengan mendapatkan informasi lebih menarik tentang hal yang sama. Jenis dorongan dengan mengkombinasi kreativitas dapat mengalihkan fokus mereka agar mau belajar secara bertahap. Jadi, mulailah dengan apa yang mereka sukai.

2. Mendampingi mereka membaca
Jika anak Anda mengatakan bahwa membaca atau belajar sebagai kegiatan yang membosankan, cobalah dampingi mereka. Anda mungkin bisa membaca buku secara bergiliran dengan anak Anda. Setelah membaca, masing-masing dari Anda harus meringkas cerita. Proses belajar kolektif seperti ini bisa membuat belajar lebih menarik dan menyenangkan.

3. Memiliki pendekatan kreatif
Kreativitas dapat membuat belajar lebih menarik. Belajar hanya dengan membaca buku saca tidak akan membuat mereka imajinatif. Mereka harus membiarkan lebih bebas dalam mengeksplorasi kreativitasnya. Jika mereka tertarik dalam sains, cobalah membuat beberapa model atau melakukan beberapa eksperimen praktis bersama mereka. Bawalah mereka pergi ke museum atau mendorong mereka untuk menonton acara TV yang menitik beratkan pada ilmu pengetahuan. Jika mereka mencintai seni, belikan mereka buku gambar, buku cerita, agar bisa mengadopsi belajar sambil bermain dan membuatnya lebih menyukai proses belajar itu.

4. Bermain game asah otak
Buatlah anak-anak bekerja dan berpikir secara efektif dengan mengajaknya bermain game asah otak. Mainan seperti puzzle, catur, tetris, teka-teki, sudoku dsb. Semua game ini baik untuk menstimulasi perkembangan otak agar bekerja maksimal. Permainan ini membuat mereka berpikir lebih efektif.

5. Rayakan prestasi
Anak tentunya sangat senang ketika mereka berhasil meraih prestasi kecil disekolahnya jika dirayakan. Tawarkan mereka hadiah kecil jika mereka dapat nilai baik atau berpartisipasi dalam kegiatan di sekolah. Dorongan semacam ini akan memberi semangat baru dalam kemauan belajar mereka dan itu akan membantu mereka menantang diri mereka sendiri.

Anak-anak harus ditekankan belajar sejak usia dini. Mereka akan mau belajar jika mereka dapat mengasosiasikannya dengan sesuatu yang mereka tahu dan apa yang membuat mereka tertarik. Sebuah pendekatan kreatif juga dapat bekerja baik dalam menanamkan minat untuk belajar.


Loading...
Bagikan :

You may also like...