Apakah Keuntungan Dari Menyusui?

Bagikan :

menyusui, manfaat menyusui, manfaat ibu menyusui
Apakah Keuntungan Dari Menyusui?Salah satu manfaat utama dan tak terbantahkan dari ASI adalah anugerah dari Tuhan yang menakjubkan! Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dari ibu dan bayi dari kegiatan menyusui. ASI merupakan makanan yang paling alami dan sehat untuk bayi yang baru lahir. Mari kita lihat beberapa keuntungan lain tentang mengapa menyusui adalah hal yang baik. Menyusui baik untuk bayi dan Anda juga. Beberapa wanita takut bahwa menyusui dapat berdampak buruk bagi kesehatan atau akan membuat mereka kelelahan. Tapi itu tidak benar. Dalam beberapa kasus, menyusui bahkan dapat menyelamatkan kehidupan seorang wanita. Mari kita fakta-faktanya melalui artikel berikut ini.

1. Manfaat Menyusui untuk Ibu

  • Cara paling mudah untuk menurunkan berat badan! Menyusui membakar ekstra kalori sebanyak 200-250 per hari. Biarkan wanita lain berkeringat di tempat senam, semua yang perlu Anda lakukan adalah berpelukan dengan bayi Anda.
  • Menyusui itu gratis. Biaya untuk susu formula selama seminggu bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Dan biaya selama setahun untuk susu formula mencapai lebih dari jutaan rupiah . Dan lebih dari itu Anda harus membeli perlengkapan seperti dot, botol dan peralatan sejenisnya kemudian Anda harus menjaga barang-barang tersebut tetap bersih.
  • ASI selalu siap tersedia. Tidak perlu mencampur susu formula atau menunggu menghangatkan, sementara bayi menjerit tak bisa ditenangkan. Tidak perlu khawatir kehabisan ketika tengah malam atau tidak cukup membawa susu formula tersebut ketika sedang berpergian.
  • ASI merupakan metode kontrasepsi yang alami
  • Pelepasan hormon oksitosin ketika menyusui meningkatkan perasaan tenang, nyaman, dan cinta untuk bayi.
  • Menyusui bagus untuk kesehatan. Menyusui membantu uterus kembali ke ukuran normal lebih cepat dan mencegah perdarahan. Wanita yang menyusui memiliki iinsiden lebih sedikit terkena osteoporosis dan beberapa tipe kanker termasuk kanker payudara dan kanker ovarium.

2. Manfaat Menyusui untuk bayi

  • ASI mengandung antibodi dalam jumlah besar yang berasal dari tubuh seorang ibu. Antibodi tersebut membantu bayi menjadi tahan terhadap penyakit, selain itu juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Telah terbukti bahwa bayi yang diberi ASI lebih kuat dan terhindar dari beragam penyakit seperti asma, pneumonia, diare, infeksi telinga, alergi, “SIDs”, kanker anak, multiple sclerosis, penyakit Crohn, diabetes, radang usus buntu, dan obesitas.
  • Hormon yang terdapat di dalam ASI menciptakan rasa kantuk dan rasa nyaman. Hal ini dapat membantu menenangkan kolik atau bayi yang sedang tumbuh gigi dan membantu membuat bayi tertidur setelah makan.
  • Menyusui membantu perkembangan otak. Bayi yang diberi ASI rata-rata memiliki IQ 6 poin lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.
  • Menyusui secara psikologis baik bagi bayi dan meningkatkan ikatan dengan ibu. Jika seorang sedang membaca atau mengecek email saat menyusui, bayi tetap mendapat manfaat dari kehangatan dan keamanan karena meringkuk ke tubuh ibunya.

Tubuh seorang perempuan diciptakan untuk memproduksi ASI guna memenuhi kebutuhan bayinya, dan merupakan hal yang terbaik untuknya. Waktu menyusui adalah momen yang sangat intim dan istimewa bagi Ibu dan bayi. Ini menciptakan ikatan khusus di antara Ibu dan anak.

Bagikan :

You may also like...