Bagaimana Pendekatan Holistik Membantu dalam Pengembangan Pribadi?

Bagikan :

holistik, pendekatan holistik
Bagaimana Pendekatan Holistik Membantu dalam Pengembangan Pribadi?Pendekatan holistik mengacu pada pemikiran secara keseluruhan. Inti dari teori pendekatan holistik adalah untuk menemukan makna dalam hidup, berhubungan dengan dunia di sekitar melalui nilai-nilai kemanusiaan dan moral seperti perdamaian. Di bawah ini Tulisanwanita.com menuliskan beberapa cara bagaimana pendekatan holistik membantu Anda dalam pengembangan pribadi.

1. Membuat Anda aktif
Pendekatan holistik memiliki atribut positif secara signifikan, sehingga membuat orang aktif dan sadar tentang kejadian saat ini dan mendorong mereka untuk mempersiapkan untuk segala sesuatu yang akan datang. Karena mempelajari individu secara keseluruhan, bukan berfokus pada satu bagian, maka cara ini mampu memberikan prediksi hasil jangka panjang yang timbul dari stimulus tertentu. Ini adalah tugas yang berlaku seumur hidup, bukan hanya menjadi tujuan satu-waktu. Pendekatan holistik mengasah keterampilan seseorang dengan baik karena membuat dia mempertimbangkan kebutuhannya sekaligus membatu bekerja menuju ke arah yang lebih sesuai.

2. Memotivasi Anda
Berpikir secara holistik memungkinkan kita untuk masuk ke dalam pola lingkaran berpikir-bertindak-mengevaluasi yang terus berulang. Ini membantu Anda untuk memetakan setiap rencana Anda, bekerja dengan sesuai, dan mengevaluasi kembali apa yang sudah dikerjakan. Selanjutnya, cara ini akan mengarahkan Anda ke dalam tindakan selanjutnya yang harus diikuti. Semuanya didasarkan pada nilai-nilai moral dan sosial. Karena pendekatan holistik selalu terkait tentang hubungan antara manusia, dengan cara yang dapat diterima secara moral. Akhirnya, proses ini juga memungkinkan Anda untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan kembali keputusan yang telah dibuat, untuk menghilangkan kelemahan-kelemahan yang ada di dalamnya.


3. Menghasilkan keberhasilan secara keseluruhan
Pendekatan holistik meningkatkan semua aspek kehidupan Anda, baik fisiologis atau psikologis. Ini membuka pikiran Anda dan membantu dalam mengambil keputusan yang cepat dan efisien. Anda dapat menyadari konsekuensi yang muncul ketika Anda mempelajari seluruh hal dari sudut pandang yang lebih besar dan lebih luas. Hal ini bisa dikatakan sebagai ‘generalisasi’, yang berarti mengambil contoh dari subjek terkait, mempelajarinya, dan menerapkannya ke semua aspek lain kehidupan. Cara ini lebih menghemat waktu, dengan demikian dapat meningkatkan efisiensi.

Bagikan :

You may also like...