Bagaimana Pengaruh Kafein Pada Tubuh Anda?

Bagikan :

kafein, pengaruh kafein, efek kafein
Bagaimana Pengaruh Kafein Pada Tubuh Anda?Selama bertahun-tahun, efek kafein pada tubuh kita telah dipelajari oleh para ilmuwan. Sampai saat ini, banyak penelitian telah dilakukan, namun kebanyakan hasilnya berbeda-beda. Namun, ada beberapa efek positif dan negatif yang ditemukan dalam kafein. Mari kita lihat bagaimana pengaruh kafein pada tubuh Anda.

1. Kafein mempengaruhi Anda tergantung pada tubuh dan sistem saraf, berat badan, jenis kelamin dan berbagai faktor lainnya. Namun, efek yang disebabkan oleh kafein dapat bertahan hingga 8 jam.

2. Salah satu hal yang dipengaruhi kafein adalah hati dan darah. Kafein menyempitkan pembuluh Anda dan menyebabkan jantung Anda memompa darah lebih cepat. Inilah sebabnya, kafein berbahaya bagi orang yang menderita hipertensi. Bahkan dapat menyebabkan stroke.

3. Produk kafein, seperti kopi, cokelat, dan teh kaya dengan antioksidan, yang bisa mencegah penuaan dini dan bahkan kanker. Produk-produk ini juga kaya dengan asam lemak dan vitamin tertentu. Semua ini dikombinasikan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

4. Namun, kafein dapat memiliki efek negatif bagi kesehatan juga. Kafein dapat memperlambat pencernaan dengan relaksasi otot-otot usus Anda. Itu sebabnya, Anda tidak disarankan minum kopi atau teh setelah Anda makan. Tunggulah beberapa saat, minum minuman berkafein setidaknya setengah jam setelah Anda makan.

5. Kafein mempengaruhi sistem saraf Anda. Akibatnya, beberapa orang menderita efek ekstrim dari kafein, seperti tangan gemetar, merasa sakit, atau cemas sepanjang waktu.

6. Kebanyakan orang minum minuman berkafein ditambah dengan gula. Ini memaksa pankreas bekerja keras, sehingga menyebabkan memproduksi lebih banyak insulin untuk mencerna gula itu. Kombinasi kafein dan terlalu banyak gula dapat memperburuk tingkat insulin dalam tubuh Anda.

7. Kafein mempengaruhi tubuh Anda sedemikian rupa, mirip dengan efek yang dihasilkan oleh stres. Gaya hidup modern saat ini meningkatkan tingkat stres jauh melampaui batas normal. Dan, kafein meningkatkan tingkat stres karena memacu kerja jantung Anda.


Anda dapat melihat, kafein memang memiliki kelebihan dan kekurangan untuk kita. Jika Anda dapat mengontrol asupan, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari efek positif untuk kesehatan Anda. Jika tidak, asupan kafein yang berlebihan dapat merusak kesehatan Anda. Bagaimanapun juga sesuatu yang berlebihan juga tidak baik.

Bagikan :

You may also like...