Cara Agar Lekas Melupakan Masa Lalu

Bagikan :

masa lalu, melupakan masa lalu, cara melupakan masa lalu
Cara Agar Lekas Melupakan Masa LaluSetiap individu di dunia ini pasti memiliki dua hal yang ia khawatirkan. Salah satunya adalah kehidupan yang telah dia jalani dan lainnya adalah kehidupan belum terjadi di masa mendatang. Memiliki perencanaan matang untuk masa depan dan konsistensi dipadukan kesabaran dalam bekerja untuk meraihnya merupakan kunci kemajuan seorang individu. Namun jika terus berpikir tentang masa lalu dan belum bisa melepaskan hal yang sudah berlalu bukanlah sesuatu yang baik untuk bertumbuh. Artikel berikut menuliskan beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar segera melupakan masa lalu.

1. Catat
Ketika Anda berada dalam situasi dimana Anda merasa terus dihantui masa lalu, bukalah buku diary dimana Anda dapat menuliskan segala situasi kehidupan. Teruslah menulis sampai Anda mampu untuk menyimpulkan apa yang telah Anda pelajari dari setiap kejadian itu. Setiap kegiatan pasti memiliki efek positif dan negatif untuk dipelajari. Selalu miliki tujuan untuk melihat sisi positif dari aktivitas yang Anda jalani.

2. Meminta maaf
Jika ada sesuatu dari masa lalu yang belum bisa keluar dari pikiran Anda, langkah pertama dan terpenting yang harus Anda ambil untuk menaklukkan masalah ini adalah dengan cara menganalisis setiap aliran peristiwa dan memahami akar penyebab masalah. Jika Anda merasa bahwa penyebab masalah berasal dari diri Anda sendiri, maka Anda dapat membuat situasi lebih damai dengan meminta maaf. Jangan lupa untuk melanjutkan hidup Anda.

3. Maafkan
Di sisi lain, jika akar penyebab masalah yang terus menghantui Anda adalah orang lain, maka solusi terbaik untuk menaklukkan situasi seperti ini adalah memaafkan orang lain atas apa yang telah dia lakukan terhadap Anda. Ingat, dengan mengampuni orang itu, Anda bukan hanya menaklukkan situasi yang akan membuat Anda merasa lebih baik, tetapi juga pada akhirnya, Anda dapat melanjutkan hidup Anda.


4. Lupakan
Mungkin memang ada beberapa situasi dan beberapa orang tidak pernah bisa dimaafkan karena sudah mengakar di pikiran bawah sadar. Dalam kasus tersebut, hanya lupakan saja kejadian dan orangnya. Jangan memikirkan hal itu lagi, seiring waktu pasti akan hilang dengan sendirinya.

5. Menghargai saat ini
Carilah kemauan untuk menjadi bahagia dengan apa yang Anda miliki saat ini. Menjadi puas dan cukup dengan hidup Anda adalah salah satu cara yang pasti untuk menghindari penyesalan. Ingat, hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan menyesali tentang pertanyaan-pertanyaan seperti, “bagaimana jika” dan “tapi”.

Bagikan :

You may also like...