7 Cara Berhenti Mengkhawatirkan Penilaian Orang Lain

Bagikan :

penilaian orang lain, khawatir dinilai buruk
7 Cara Berhenti Mengkhawatirkan Penilaian Orang LainOrang sering khawatir tentang citra mereka di depan umum atau dalam masyarakat. Terlepas dari alasan untuk merasa begitu, orang dipaksa untuk merasa bahwa mereka tidak cukup memadai jika citra mereka di depan umum dinilai tidak baik. Ini menghalangi jalan mereka untuk melangkah ke depan dan membuat seseorang kehilangan individualitasnya, sehingga mereka ‘terpaksa menjadi baik’ hanya karena ingin dinilai baik. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa cara sederhana agar berhenti mencemaskan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda.

1. Kendalikan prasangka Anda
Seringkali, prasangka menentukan pikiran dan tindakan kita. Namun, prasangka Anda adalah milik Anda sendiri, itu hanya dirasakan dan dapat dikendalikan oleh Anda sendiri. Jika Anda berpikir bahwa seseorang menilai Anda, ingatlah bahwa itu adalah apa yang Anda pikirkan dan mungkin bukanlah realitas sebenarnya. Latih dan kondisikan pikiran Anda supaya tidak terhalang oleh apa yang orang lain pikirkan. Biarkan perlahan orang lain akan mulai menerima Anda sebagaimana adanya.

2. Buat dasar pemikiran
Orang-orang seharusnya memperbaiki dirinya sendiri, bukannya sibuk menilai orang lain sepanjang waktu. Anda bukanlah satu-satunya orang yang bertemu dengan orang-orang seperti mereka. Anda juga memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan sama seperti orang lain. Saat Anda mulai berpikir dan masuk ke lubang tersebut, ubah persepsi itu dan alihkan fokus Anda menjadi pemikiran yang lebih positif.

3. Belajarlah untuk berdamai dengan ketidaksempurnaan Anda
Dan jika Anda perlu untuk melakukan hal itu, Anda harus terlebih dahulu menemukan ketidaksempurnaan orang lain. Anda bisa mengidentifikasi semua kekurangan orang yang Anda temui selama beberapa waktu. Ini akan membantu Anda memahami bahwa tidak ada jiwa yang sempurna di sekitar Anda, kebaikan dan keburukan adalah satu paket yang sudah berada dalam diri setiap individu. Dengan cara ini, Anda dapat menghargai ketidaksempurnaan Anda lebih baik.

4. Tidak perlu mencari saran
Sah-sah saja jika Anda memiliki seseorang yang bisa membimbing Anda dan memberikan saran. Tapi sebenarnya, terus bergantung kepada saran orang lain dalam meminta pendapat atas perilaku Anda, bukanlah hal terbaik yang harus dilakukan. Mengapa? perilaku seperti itu hanya akan menurunkan tingkat kepercayaan diri, Anda tidak akan pernah belajar dari pengalaman. Anda tidak perlu terus-terusan meminta saran dari orang lain tentang bagaimana seharusnya berperilaku. Berhentilah ingin mendapatkan penjelasan tentang apa yang orang lain pikirkan tentang Anda. Dan belajarlah menilai dan mempertimbangkan perilaku dari pengalaman Anda sendiri.

5. Mengakui kenyataan bahwa orang lain berhak berpendapat
Penting untuk dipahami bahwa setiap orang membentuk opini, dan mereka memang berhak. Namun, pendapat mereka tentang sesuatu tidak harus Anda berikan perhatian. Jangan biarkan pendapat negatif menghambat diri Anda untuk melakukan apa yang Anda inginkan hanya karena seseorang mungkin berpikir buruk tentang Anda.

6. Berlatih membangun kepercayaan diri
Anda butuh beberapa penguat keyakinan diri. Ada beberapa orang menemukan buku motivasi untuk pengembangan diri, beberapa lainnya dapat memetik sendiri pelajaran dari pengalaman atau kejadian tertentu yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Oleh karena itu, nikmati setiap proses dalam meningkatkan keyakinan tersebut sehingga Anda lebih percaya diri dan segera berhenti memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda.

7. Mencintai diri sendiri
Mencintai diri sendiri tanpa syarat akan mengangkat kepercayaan diri, membuat Anda merasa jauh lebih bahagia dan tidak ingin lagi terus berpikir apa yang orang lain pikirkan tentang Anda. Ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda akan mulai merangkul ketidaksempurnaan, juga mulai bisa menerimanya. Namun, Anda tetap harus bisa mengendalikan diri. Jangan sampai menjadi obsesif.


Ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi diri Anda sendiri dan tidak lagi merasa khawatir atau dipengaruhi oleh penilaian orang lain. Semoga membantu.

Bagikan :

You may also like...