Cara Mengatasi Asam Urat yang Mengganggu

Bagikan :

asam urat, cara mengatasi asam urat
Cara Mengatasi Asam Urat yang MenggangguApakah Anda mempunyai gangguan asam urat? Nah, jika sudah terkena sakit asam urat tinggi, memang sulit untuk mengatur diet. Tapi, upaya tetap perlu dilakukan. Jangan lupa menghindari makan kacang-kacangan, jamur, bayam, dan asparagus. Juga, kurangi minum kopi yang terbukti membantu mengatasi gangguan. Bahan-bahan alami berikut ini bisa diandalkan untuk mengatasi asam urat Anda.

Apa obatnya asam urat?
Asam urat yang tinggi dalam darah disebut Hyperuricemia (hiperurisemia), dan menyebabkan gangguan yang disebut gout. Ini adalah sejenis nyeri pada tulang disertai pembengkakan. Jadi, apa yang harus dilakukan kalau sendi kaki sudah bengkak? Caranya dengan mengurangi berat badan, stop makan roti berbahan tepung yang sudah diputihkan, berbagai kue (cake dan sejenisnya), permen dan berbagai produk minuman ringan.

Yang pasti kurangi juga makan daging merah dan produk unggas karena tinggi lemak jenuh. Juga, Anda harus mengatur lagi jumlah protein yang terkandung dalam daging, telur, ikan, dan produk unggas lain. Memang tidaklah mudah, tetapi sayangnya semua itu tidak bisa ditawar lagi. Tanpa upaya pengobatan dan pencegahan, maka berbagai efek samping akan menyerang, termasuk gagal ginjal, diabetes, keracunan, dan gangguan metabolisme tubuh.

Orang yang kadar asam uratnya diambang batas harus dirawat dokter ahli penyakit dalam. Ikuti saja petunjuk dokter dan pasti kadar asam urat Anda segera turun normal lagi. Segera atur kembali diet Anda dan cobalah ikuti dengan konsumsi ramuan bahan herbal segar. Banyak bahan alami yang sudah terbukti bisa mengatasi bengkak dan rasa sakit dibawah ini.

1. Daun salam
Sudah banyak info beredar tentang manfaat daun salam dan belimbing wuluh untuk mengatasi asam urat. Juga, banyak orang yang memang sudah membuktikan, bahwa rasa sakit dan bengkak yang timbul bisa langsung teratasi.

Cobalah mengkonsumsi secara teratur 200 ml rebusan daun salam 3 kali seminggu, atau kombinasi daun salam dan belimbing wuluh. Untuk daun salam segar diambil 5 lembar yang direbus dengan 500 ml air, lalu saring. Jika dikombinasi, ambil 3 lembar daun salam dan 2 lembar daun belimbing wuluh. Sebaiknya, jangan melanggar diet karena sudah mendapatkan obatnya. Ingat, kadar tinggi asam urat memicu kerusakan tubuh yang akan berakibat fatal.

2. Kompresan jahe
Jahe sudah diakui secara ilmiah khasiatnya sebagai penghilang rasa nyeri dan inflamasi (pembengkakan), jadi cocok untuk penderita asam urat tinggi. Ada data menarik, yaitu pemakaian kompres berbahan jahe untuk mengatasi nyeri tulang yang sudah berat. Hasilnya terbukti terjadi perbaikan secara umum, yaitu hilangnya rasa sakit dan perbaikan fungsi organ tubuh.

Membuat pengobatan ini sangat mudah, yaitu parutan jahe dibungkus sehelai kain bersih dan dapat langsung dipakai. Jika suka, hangatkan bungkusan parutan jahe itu selama 5-10 menit dengan meletakkannya didalam panci kukus yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Cara ini lebih efektif, jika dikombinasikan dengan minum teh jahe secara rutin, yaitu 200 ml seduhan segar 3 kali seminggu. Sedangkan kompresnya coba dilakukan setiap hari selama 2-4 bulan.

Pilihlah jahe gajah segar, dan selanjutnya bisa mengganti dengan jahe merah atau jahe emprit yang lebih ‘panas’. Selama pengobatan dengan jahe, pastikan untuk tidak pernah absen minum air putih 2 liter sehari yang membantu kerja ginjal dalam mengeluarkan asam urat. Hentikan mengkonsumsi daging merah dan jerohan, dan yang pasti jangan minum soft drink dan alkohol.

3. Daun kemangi
Kita perlu membiasakan makan banyak daun kemangi sebagai sayur atau lalapan. Selain mudah didapat, memang sudah terbukti manfaatnya sebagai anti stres, anti kuman, anti jamur, anti oksidan, dan anti bengkak (anti inflamasi).

Khusus untuk membantu mengatasi bengkak karena sakit gout, konsumsilah secara rutin. Bisa disajikan sebagai salad sayur, atau masakan trancam dengan daun kemangi segar.


Loading...
Bagikan :

You may also like...