Daftar Makanan untuk Membersihkan Usus Besar

Bagikan :

usus besar, cara membersihkan usus besar
Daftar Makanan untuk Membersihkan Usus BesarKehadiran racun dalam usus besar Anda dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti sembelit, diare, dan infeksi lainnya. Menyertakan makanan untuk membersihkan usus besar dalam diet Anda membantu dalam detoksifikasi sistem pencernaan. Tulisanwanita.com menuliskan beberapa daftar makanan ini, baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Apakah Anda menderita sembelit, kandung kemih dan infeksi ginjal, bau mulut tak sedap, bau badan, kram perut, dan jamur kuku? Itu mungkin tanda bahwa sudah waktunya usus besar Anda perlu dibersihkan. Usus besar atau kolon, adalah bagian penting dari sistem pencernaan. Organ ini adalah barisan pertama pertahanan tubuh terhadap berbagai racun, bakteri, dan parasit, sekaligus juga bertanggung jawab untuk mencerna nutrisi. Organ ini juga merupakan bagian penting dari proses pembuangan sampah. Namun, karena faktanya bahwa tubuh kita terus-menerus menyerap racun dari makanan yang kita makan, obat-obatan yang kita ambil, dan polusi lingkungan, maka timbullah lapisan plak berlendir pada usus besar. Plak berlendir akan terkelupas secara alami, namun karena stres dan diet tidak sehat, maka sebagian besar dari kita cenderung memiliki banyak lapisan plak berlendir hingga mengeras dalam kolon. Inilah yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, mulai dari sembelit ringan sampai kanker usus besar. Bahkan, telah dipastikan bahwa kanker usus besar adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker di Amerika.

Jadi, bagaimana tepatnya Anda mengatur hal ini? Detoksifikasi dengan cara diet pembersihan usus adalah cara yang efektif untuk menjaga sistem pencernaan Anda bebas dari plak berlendir. Saat Anda mulai mengkonsumsi makanan yang bertindak membersihkan usus besar, racun tidak akan menumpuk dalam tubuh dan makanan akan dicerna sepenuhnya. Ini akan membuat Anda merasa segar kembali dan diremajakan. Berikut adalah daftar makanan pembersihan usus untuk membantu mendetoksifikasi sistem pencernaan anda.

Diet Pembersih Usus Besar : Makanan yang Harus Dimakan
Secara luas diyakini bahwa pola makan nabati, kaya serat, mendukung pencernaan yang sehat dengan membersihkan penumpukan racun dari usus besar. Ia juga dikenal mengurangi risiko kanker usus besar. Serat hadir dalam makanan seperti sayuran dan buah-buahan membantu dalam melaksanakan saluran usus dengan merangsang kontraksi otot usus yang mengurangi waktu transit usus. Dengan demikian, kita perlu serat larut dan tidak larut sehari-hari. Sementara serat tidak larut sangat baik untuk meningkatkan eliminasi dan mencegah sembelit, serat larut meningkatkan bakteri menguntungkan, yang menghasilkan antibiotik alami. Oleh karena itu, makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, buncis, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum sangat bermanfaat ketika disertakan dalam makanan sehari-hari.

Makanan hijau : Kandungan klorofil yang tinggi dalam makanan hijau menenangkan dan menyembuhkan jaringan yang rusak pada saluran pencernaan. Dikenal sebagai “deodoran organ internal”, makanan ini juga membantu tubuh untuk mendapatkan oksigen lebih banyak dan mengeluarkan racun. Makanan dalam kategori ini adalah alfalfa, rumput gandum, barley, spirulina, ganggang biru-hijau, dll.

Diet tinggi serat : Memiliki diet yang mencakup makanan tinggi serat seperti beras merah, barley, kubis, bit, wortel, kacang polong, buah jeruk, dan apel, membantu dalam membersihkan usus besar dari racun berbahaya.

Makanan fermentasi : Makanan hasil fermentasi seperti yogurt atau kefir dapat mengisi bakteri bersahabat dalam usus besar. Bakteri menguntungkan memiliki sejumlah fungsi yang membantu sistem pencernaan. Mereka mensintesis vitamin dari sisa-sisa makanan, menurunkan kadar racun, mencegah kolonisasi penyebab penyakit mikro-organisme, mendesak keluar bakteri yang kurang menguntungkan, merangsang sistem kekebalan tubuh, dan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang menyediakan sumber energi bagi sel-sel yang melapisi usus besar.

Air : Kita semua tahu manfaat dari banyak minum air, namun hanya beberapa orang saja mematuhinya. Air adalah pelarut universal dan bermanfaat dalam membilas racun dari tubuh. Kekurangan jumlah air menyebabkan sembelit dan toksisitas dalam usus besar dan ginjal. Juga, ada peningkatan kebutuhan air setelah melakukan kegiatan fisik berlebihan, saat demam, cuaca panas atau kering, konsumsi daging dan makanan asin. Jumlah optimal bervariasi, tetapi biasanya sekitar 6 sampai 10 gelas sehari sudah dianggap jumlah yang tepat. Juga, asupan jus yang terbuat dari buah-buahan segar, sayuran, dan teh herbal membantu dalam membersihkan usus besar.

Minyak sehat : Minyak tertentu seperti minyak ikan, minyak ikan cod, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak oregano juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan usus besar.

Diet Pembersih Usus Besar : Makanan untuk Dihindari
Alasan paling umum untuk penumpukan racun dalam usus besar adalah konsumsi daging dan gula halus. Daging merah memakan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan makanan tinggi serat seperti biji-bijian, buah, dan sayuran. Ini berarti mereka menumpuk di dalam usus dan kolon lebih lama, membusuk dan menyebabkan masalah pencernaan. Demikian pula, gula halus memperlambat sistem pencernaan bukannya mempercepat gerakannya. Juga berusaha mengurangi makanan cepat saji dan makanan yang digoreng, seperti keripik kentang, kue, mie instan dll.

Dengan mengkonsumsi makanan pembersih usus besar ini, performa tubuh tetap bekerja optimal dan menghilangkan limbah secara efisien. Dengan demikian, tubuh dengan pencernaan yang efisien memiliki lebih banyak energi, kulit lebih cerah, dll karena lebih baik dapat menyerap vitamin, mineral dan nutrisi lain dari makanan yang dikonsumsi.


Loading...
Bagikan :

You may also like...