Gejala Metabolisme Cepat

Bagikan :

metabolisme cepat, gejala metabolisme cepat, penyebab metabolisme cepat
Gejala Metabolisme CepatBanyak orang yang berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan karena lambatnya tingkat metabolisme tubuhnya, sehingga menginginkan tingkat metabolisme lebih cepat. Tapi ada beberapa orang yang ‘beruntung’ dengan memiliki metabolisme yang tinggi, tapi beresiko menyebabkan masalah kesehatan tertentu. Tulisanwanita.com menuliskan tanda-tanda dan gejala metabolisme cepat dan cara untuk memperlambat metabolisme Anda.

Metabolisme memainkan peran besar dalam menentukan berat badan seseorang. Orang yang kelebihan berat menginginkan tingkat metabolisme yang lebih tinggi. Jika Anda berpikir bahwa memiliki tingkat metabolisme yang tinggi bermanfaat untuk mempercepat penurunan berat badan, maka Anda akan segera tahu. Orang dengan tingkat metabolisme yang lebih cepat juga mengalami masalah kesehatan tertentu. Artikel berikut akan memaparkan gejala yang berbeda dari metabolisme cepat, memeriksa kemungkinan penyebab, dan cara-cara untuk memperlambat metabolisme yang cepat.

Bagi mereka yang sedikit tidak yakin tentang apa sebenarnya metabolisme itu, metabolisme mengacu pada berapa banyak energi tubuh yang Anda gunakan, atau berapa banyak kalori yang Anda bakar dalam sehari. Sekarang, jumlah kalori yang Anda bakar dalam sehari akan mencakup kalori yang terbakar oleh aktivitas seperti olahraga, berjalan, dll, dan jumlah kalori yang Anda bakar saat beristirahat atau jika Anda tidur sepanjang hari (dikenal sebagai Basal Metabolic Rate).

Orang-orang dengan tingkat metabolisme yang tinggi cenderung membakar lebih banyak kalori saat istirahat (tinggi BMR), maka mereka merasa sulit gemuk meskipun sudah banyak makan. Ini mungkin tampaknya terdengar bermanfaat, tapi tidak selalu.

Gejala
Meskipun gejala yang disebutkan di bawah ini menunjukkan adanya tingkat metabolisme yang tinggi, ada beberapa atau semuanya mungkin belum tentu dialami seseorang, dan tes darah secara akurat dapat mengukur tingkat metabolisme individu.

1. Bobot dibawah ideal : Indeks Massa Tubuh dari seorang individu dengan metabolisme cepat relatif lebih rendah dari bobot ideal yang ditentukan dari tinggi, tipe tubuh, dan usia.
2. Suhu basal tubuh lebih tinggi : Seorang individu terasa panas dan berkeringat sepanjang waktu, karena suhu tubuh basal mereka relatif tinggi. Hal ini terjadi karena reaksi metabolisme dalam tubuh berlangsung begitu cepat.
3. Meningkatnya rasa lapar : Bahkan setelah makan seperti biasa 3 – 4 kali sehari-hari, seseorang masih merasa lapar.
5. Menstruasi tidak teratur : Wanita mungkin mengalami masalah menstruasi. Mungkin mulai mengalami keterlambatan atau siklus menstruasi yang tidak teratur, karena mereka tidak memiliki jumlah lemak tubuh yang diperlukan untuk mengalami siklus normal. Mereka cenderung terlihat lebih kurus dan kekurangan energi sebelum atau setelah menstruasi.

Di bawah ini adalah beberapa gejala sekunder yang mungkin dialami :
1. Sering buang air besar
2. Denyut jantung cepat
3. Kelelahan, pusing, dan keringat berlebihan
4. tangan gemetar, kesulitan tidur nyenyak, dan suasana hati sering berubah

Penyebab
1. Gen : Faktor genetika memainkan banyak hal yang berhubungan dengan tubuh Anda. Gen juga sebagian besar bertanggung jawab pada orang yang memiliki tingkat metabolisme yang tinggi. Dalam hal ini, penuaan adalah satu-satunya proses alami yang memperlambat laju metabolisme.
2. Tiroid terlalu aktif : Penyebab penting lainnya adalah hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Hipertiroidisme bisa hampir dua kali lipat mempengaruhi metabolisme seseorang dan dia mulai mengalami gejala seperti kelelahan, penurunan berat badan, gugup, dan peningkatan denyut jantung. Jika Anda mulai mengalami gejala ini atau memiliki anggota keluarga yang memiliki sejarah masalah tiroid, maka berkonsultasi dengan dokter dan segera mendapatkan penanganan.
3. Merokok : Alasan lain, hentikan kebiasaan ini. Merokok dikatakan meningkatkan tingkat metabolisme yang tidak baik, belum lagi konsekuensi buruk dari merokok pada kesehatan.

Cara memperlambat metabolisme cepat
1. Diet : Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih makanan Anda dengan bijaksana. Mengkonsumsi makanan untuk memperlambat metabolisme seperti gula, sumber lemak, dan biji-bijian olahan. makanan yang digoreng memang tidak terdengar seperti pilihan yang sangat sehat, tetapi dapat membantu Anda meningkatkan berat badan – tapi jangan berlebihan.
2. Latihan fisik yang sedang sampai ringan : Setelah Anda selesai makan, bersantailah. Jangan memanjakan diri dalam setiap aktivitas fisik seperti berjalan atau melakukan pekerjaan berat, atau makanan Anda akan mencerna lebih cepat. Olahraga tapi hanya sekitar 15 – 20 menit saja, dan hindari latihan berat. Menahan diri dari rutinitas latihan yang berat, karena hanya akan membakar lebih banyak kalori.
3. Kurangi jam tidur : Anda harus mendapatkan 5-6 jam tidur saja setiap hari. Bila Anda kurang tidur, kadar kortisol dalam tubuh mengalami peningkatan, maka metabolisme melambat secara otomatis dan membantu dalam menyimpan lemak di dalam tubuh.

Penelitian yang dilakukan sebagai bagian dari The Leiden Longevity Study di Belanda, baru-baru ini menyimpulkan bahwa orang dengan metabolisme yang cepat cenderung berusia pendek dan juga meningkatkan peluang mereka memiliki penyakit kronis. Jadi, semua orang di luar sana yang percaya metabolisme satu-satunya kunci untuk menurunkan berat badan, berpikirlah lagi. Metabolisme lebih cepat belum tentu baik bagi kesehatan.

Bagikan :

You may also like...