7 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Mendekati Usia 30 Tahun

usia 30 tahun, usia 30 tahun bagi wanita, usia 30 tahun bagi pria

Mendekati usia 30 tahun sering membuat orang merasa khawatir, mungkin karena banyaknya masa transisi dari anak muda menuju dewasa. Sebenarnya, bila kita mau menyadari betapa banyak hal yang bisa kita hargai sepanjang usia kita. Di usia ini, kita lebih memperhatikan semua aspek daripada sebelumnya, merenungkan permasalahan lebih dalam, dan benar-benar memiliki pandangan menyeluruh pada diri sendiri dan orang lain.


Irama kehidupan di usia 20-an kebanyakan penuh dengan masa-masa bebas dan tanpa beban. Karena kegiatan yang biasa dilakukan masih seputar kuliah, kerja bahkan nongkrong dengan teman-teman. Kita tak bisa menolak bahwa waktu terus berjalan, seiring dengan usia kita tak terasa usia sudah hampir mendekati 30. Sebenarnya, usia 30 adalah awal dekade baru dalam hidup, yang tentu saja tak lebih buruk daripada usia dua puluhan. Intinya adalah, masih ada banyak hal yang harus kamu perhatikan saat memasuki usia 30 tahun.

1. Tahu Bagaimana Cara Jatuh Cinta Tanpa Kehilangan Jati Diri
Mungkin kamu sudah pernah atau bahkan sering mendengar cerita bahwa seseorang kehilangan jati dirinya setelah jatuh cinta, mabuk kepayang sampai lupa diri. Memang benar, cinta itu bisa merubah seseorang. Namun, di usia yang sudah menginjak angka 30 tahun kamu harus mengerti bagaimana caranya jatuh cinta tapi tanpa kehilangan jati dirimu. Jangan sampai karena terlanjur suka kepada seseorang sampai mengabaikan batasan diri sendiri.

2. Melatih Diri Menjadi Orang Tua yang Baik
Jika sudah atau akan berumah tangga, di usia 30 tahun kamu juga harus mulai belajar menjadi orang tua yang baik. Karena memang di usia itu lah seseorang bisa dikatakan produktif untuk menjadi orang tua. Kamu harus mempersiapkan jauh-jauh hari untuk menjadi orang tua dan contoh bagi anak-anakmu kelak, karena memang menjalankan peran sebagai orang tua adalah suatu hal yang bisa dikatakan cukup sulit. Terlebih dengan perkembangan zaman yang ada.

Baca juga :  4 Tips Menjaga Keseimbangan Emosional Setelah Putus Cinta

3. Tak Perlu Meminta Maaf Atas Kesalahan yang Tidak Pernah Dilakukan
Jika kamu orang yang sering merasa tidak enak dan mudah meminta maaf atas hal yang tidak pernah kamu lakukan, maka kamu harus segera merubahnya. Karena di usia 30 tahun kamu tidakk perlu lagi untuk meminta maaf atas perbuatan yang memang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya. Karena hal itu akan menunjukkan ketegasan dan kewibawaanmu. Oleh sebab itu, kamu hanya perlu minta maaf atas kesalahan yang memang kamu lakukan.

4. Mandiri
Hidup secara mandiri mungkin menjadi suatu hal yang cukup sulit dilakukan, terlebih bagi kamu yang memiliki sifat manja dan sering menggantungkan diri pada orang lain. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, kamu harus mulai membiasakan diri untuk hidup secara mandiri. Kamu harus tahu bagaimana cara bertahan hidup hanya dengan seorang diri, jauh dari orang tua atau pun keluarga.

5. Tahu Kapan Waktunya Berjuang dan Menyerah
Seseorang yang sudah menginjak kedewasaan harus paham betul mengenai berbagai persoalan yang ia hadapi. Salah satunya adalah kamu harus tahu kapan waktunya untuk terus berjuang keras menyelesaikannya, dan kapan kamu harus pergi untuk menyerah. Karena memang tidak semua yang kamu harapkan itu baik untuk dirimu.

6. Harus Bijaksana dalam Mengambil Sikap dan Keputusan
Saat kamu sudah menginjak usia 30 tahun, maka kamu harus memiliki kebijaksanaan dalam bertindak dan tentunya tanpa merusak hubungan dengan orang lain. Di usia itu kamu juga harus tahu dan mengerti tentang bagaimana cara berhenti bekerja sesuai dengan prosedur yang ada, kamu juga harus tahu bagaiaman cara menyelesaikan masalah dengan partner kerjamu tanpa harus merusak hubungan dan produktifitas di kantor.

Baca juga :  5 Cara Memerangi Kesedihan dalam Hidup Anda

7. Kehidupanmu Baru Dimulai Saat Usia 30 Tahun
Memang benar, kehidupanmu baru akan dimulai saat kamu sudah menginjak usia 30 tahun. Karena di usia itu, kamu dituntut untuk menjadi lebih baik dan dewasa dari sebelumnya. Di usia itu, kamu juga akan merasakan banyak perubahan terjadi dalam hidupmu. Usia 30 tahun adalah awal mula dari masa kedewasaan dalam hidupmu.


You may also like...