Sebaiknya Hindari 7 Jenis Teman Seperti Ini, Demi Kesehatan Mentalmu

jenis teman yang harus kamu singkirkan, jenis teman buruk, jenis teman beracun, jenis teman yang harus dihindari

Setiap orang umumnya menginginkan hubungan pertemanan yang sehat dan berkualitas. Namun nyatanya nggak semua hubungan pertemanan punya cerita sempurna di dalamnya. Karena setiap orang memiliki sifat, watak dan temperamen yang berbeda-beda satu sama lain.


Oleh karena itu kenapa kamu perlu selektif dalam memilih lingkar pertemanan, tak lain agar kamu dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh toksik yang mungkin dapat memberi dampak buruk bagi dirimu sendiri. Nah untuk mendapat hubungan pertemanan yang berkualitas, sebaiknya hindari 7 jenis teman seperti ini di lingkup pergaulanmu.

1. Sok berkuasa
Ciri hubungan pertemanan yang sehat adalah yang bisa saling mengisi satu sama lain, dan nggak mengenal istilah bos dan pengikut. Maka dari itu bila kamu mendapati teman yang suka mendominasi atau suka berkuasa atas diri kamu. Jangan pikir panjang lagi untuk memblacklist orang-orang semacam ini dari lingkar pergaulanmu.

2. Suka bergosip
Kamu juga perlu berhati-hati sama tipe teman yang gemar sekali menjadikan orang lain sebagai topik gosip setiap kali kalian sedang berkumpul bersama. Hal ini agar kamu nggak terbawa arus negatif untuk mengimbangi gosip yang dibawa oleh temanmu itu. Bahkan tipe orang yang suka menggosipkan sesamanya bisa jadi akan berbalik menggosipkanmu bila kamu sedang tidak bersama mereka.

3. Memiliki sikap dan perilaku negatif
Saat ingin menjalin hubungan pertemanan kamu juga perlu melihat bagaimana attitude dan kualitas diri yang dimiliki temanmu tersebut agar kamu tidak salah dalam memilih lingkar pertemanan. Takutnya salah dalam memilih teman dapat menjerumuskanmu pada perilaku-perilaku buruk yang bisa merusak citra dirimu di mata masyarakat.

4. Bergaya hidup hedon
Bila ingin bergaya hidup hedon, pastikan juga kemampuan finansial yang kamu miliki sudah berlebih. Sebaiknya jangan memaksakan diri berada di lingkar pertemanan yang senang berperilaku hedon bila keuangan kamu sendiri nggak mendukung.

Baca juga :  10 Tanda Dia Menganggap Anda Hanya Teman Biasa


Jangan hanya demi mengejar gengsi, kamu jadi nggak peduli dengan kondisi finansialmu. Ujung-ujungnya bila kamu terlena dan membiarkannya sampai berlarut-larut malah bisa berhutang sana-sini demi memuaskan kesenangan semata. Lebih baik dijauhi daripada akan berakhir merugikan.

5. Bermuka dua
Memang perlu waktu yang nggak sebentar untuk mengenal lebih dekat bagaimana karakter yang dimiliki masing-masing temanmu. Namun saat kamu sudah mulai menyadari beberapa temanmu punya tendensi bermuka dua. Jangan ragu untuk segera membuat batasan dengan tipe teman seperti ini.


Karena tipe teman bermuka dua ini berbahaya. Di depanmu dia bisa seolah sikap baik dan seakan pro dengan kamu tapi di belakang justru ingin menjatuhkanmu secara terselubung.

6. Mudah merasa iri
Pasti rasanya nggak enak, kan, kalau diam-diam kamu punya teman yang gampang banget merasa iri atas setiap pencapaian dan keberhasilan yang kamu dapatkan. Di depanmu sih seolah terlihat biasa aja dan nggak menunjukkan reaksi muka yang seolah jealous. Tapi di dalam hati suka gondok sendiri dan diam-diam bisa melampiaskan rasa irinya dengan cara meremehkan kesuksesanmu di belakang.

7. Suka berpikiran negatif
Pasti risih juga kalau kamu punya teman yang suka berpikiran negatif terhadap banyak hal. Karena secara nggak langsung sifat ini bisa memengaruhi mood orang-orang di sekitarnya, termasuk kamu.


Pikiran negatif juga bisa menciptakan mood jelek di diri sendiri, akhirnya orang tersebut bisa menjadi bad mood nggak jelas lalu menjadikan orang lain sebagai pelampiasannya.

Duh, pasti repot juga dong kalau kamu harus selalu mengimbangi karakter temanmu dengan pembawaan seperti ini. Demi ketentraman dan kedamaian hati kamu sebaiknya jangan paksakan dirimu tetap berada di lingkaran pertemanan yang hanya membawa pengaruh negatif pada dirimu.

Baca juga :  8 Cara untuk Menghindari Hancurnya Persahabatan

You may also like...