Jangan Abaikan 5 Tanda Umum Gejala Stres pada Fisik Ini…

Bagikan :

stres, gejala stres, tanda-tanda stres
5 Tanda Umum Gejala Stres pada FisikStres dapat mengakibatkan kelelahan mental dan fisik. Bahkan gairah menjalani hidup dapat terkuras seketika ketika tubuh Anda stres dan sistem tubuh Anda tidak menunjang dengan baik. Apakah ini terjadi pada Anda? Bacalah 5 tanda-tanda umum yang akan memberitahu Anda jika tubuh Anda mengalami stres.

1. Anda selalu bergantung pada stimulan
Apakah tubuh Anda terasa lemas dan mudah mengantuk jika melewatkan minum kopi hitam yang kuat, sebotol minuman berenergi, atau bahkan minuman ringan? Jika Anda mengangguk saat membaca ini, mungkin menjadi tanda penting bahwa tubuh Anda stres. Semua stimulan tersebut mengandung kadar kafein tinggi yang memberikan tubuh Anda dorongan energi instan. Ini adalah tanda yang jelas bahwa tubuh Anda stres, karena tubuh yang sehat tidak perlu mengandalkan stimulan seperti itu untuk terus beraktivitas.

2. Anda merasa lelah sepanjang hari
Apakah Anda merasa lelah dan letih sepanjang waktu? Kita dapat memahami bahwa Anda mungkin merasa lelah jika Anda tidak tidur dengan baik malam sebelumnya, tapi tetap merasakan lelah padahal sudah tidur 7-8 jam semalam. Itu mungkin merupakan tanda bahwa tubuh Anda stres terus-menerus. Banyak wanita sering berhubungan dengan masalah ini karena seringnya menyimpan beban masalah, dan akhirnya menyebabkan kelelahan yang sampai mempengaruhi kesehatan mental dan fisik.

3. Anda sulit konsentrasi dan kurang fokus
Kita bisa mengerti, ada banyak wanita yang bukan ‘orang pagi’, merasa kesulitan untuk konsentrasi dan waspada ketika di pagi hari. Tetapi jika Anda tidak dapat berkonsentrasi atau fokus berpikir melemah sampai berlangsung sepanjang hari, itu mungkin merupakan tanda bahwa tubuh Anda stres. Beberapa gejala yang khas adalah senang menyendiri, merasa sangat letih padahal tidak melakukan aktivitas berat, dan terus-menerus merasa ‘hilang’, telinga berdengung, dan tidak fokus berpikir apapun.

4. Anda memiliki kesulitan pulih dari penyakit atau cedera
Tanda lain bahwa tubuh Anda sedang stres adalah, jika Anda butuh waktu lebih lama dari rata-rata wanita untuk pulih dari penyakit atau cedera. Butuh berminggu-minggu untuk pulih dari flu biasa, sering sakit kepala, serangan demam tiba-tiba, diare dll, itu semua adalah tanda-tanda yang harus diwaspadai. Jika tubuh Anda stres, sistem tubuh Anda tidak mampu berfungsi pada tingkat optimal, itulah yang membuatnya sulit untuk memulihkan diri, sehingga mudah terserang penyakit karena kekebalan menurun.


5. Anda tertinggal
“Mengapa akhir-akhir ini saya sangat jauh tertinggal di tempat kerja. Saya tak mampu menyelesaikan tugas sampai melebihi tenggat waktu”. Jika ini adalah situasi yang umum di tempat kerja Anda, jangan panik karena ini bukan tanda bahwa tubuh Anda stres. Namun, jika Anda mengalami penurunan semangat bahkan pekerjaan rumah tangga, kebutuhan Anda sendiri dan keluarga, dan hal-hal rutin lainnya dalam keseharian, Anda mungkin harus segera menyadari dan menilai kembali apakah ini adalah tanda bahwa tubuh Anda stres. Salah satu gejala stres umum adalah tiba-tiba menjadi malas mengerjakan semua pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Tetapi tanda lain yang paling encolok adalah ketidakmampuan untuk menyelesaikan pekerjaan, meskipun sudah melakukan semua upaya. Menurunnya efisiensi ini mungkin sebenarnya tanda, bahwa tubuh Anda stres.

Ini adalah beberapa gejala fisik dari stres. Jika Anda mengalami gejala seperti diatas, segeralah mencari nasihat medis secepat mungkin dan menyingkirkan stres Anda. Semoga Anda selalu menjadi orang yang lebih bahagia dan sehat.

Bagikan :

You may also like...