7 Manfaat Luar Biasa Jantung Pisang Untuk Kesehatan

pisang, manfaat jantung pisang, bunga pisang

Tulisanwanita.com – Hampir semua bagian pohon pisang dapat kita manfaatkan. Yang paling jelas adalah buahnya, yaitu pisang yang kita makan hampir setiap hari. Tetapi, bagian lain dari pohon pisang juga menawarkan banyak manfaat kesehatan, lho!


Orang Asia Selatan maupun orang Asia Tenggara menggunakan bunga pisang sebagai sayuran. Mereka menggunakannya baik mentah atau direbus. Orang indonesia mengolah dalam berbagai aneka masakan seperti tumisan, pepes, dan dibuat sayur lodeh. Rasanya menyerupai artichoke. Seperti artichoke, baik bagian daging maupun jantungnya dapat dimakan. Pendeknya, jantung pisang sudah masuk dalam daftar superfood alami.

Nilai Gizi Bunga Pisang
Menurut Jurnal Bioteknologi Afrika, 100 g bunga pisang mengandung nutrisi yang disebutkan di bawah ini :

  • 51 kkal
  • 1.6 g Protein
  • 0,6 g Lemak
  • 9.9 g Karbohidrat
  • 5.7 g Serat
  • 56 mg Kalsium
  • 73,3 mg Fosfor
  • 56,4 mg Besi
  • 13 mg Tembaga
  • 553,3 mg Kalium
  • 48,7 mg Magnesium
  • Vitamin 1,07 mg

Manfaat Bunga Pisang
Bunga pisang lazimnya juga disebut jantung pisang karena suatu alasan! Inilah beberapa manfaat kesehatan jantung pisang.

1. Menangkal Infeksi
Bunga pisang mengobati infeksi, karena ekstrak berbasis etanol. Bunga pisang menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Beberapa di antaranya adalah bacillus subtalis, bacillus cereus, dan escherichia coli. Bunga pisang juga membantu menyembuhkan luka. Menurut sebuah penelitian, ekstrak bunga pisang juga dapat menghambat pertumbuhan parasit malaria plasmodium falciparum secara in vitro. Tapi klaim ini masih perlu pembuktian lebih lanjut.

2. Mengurangi Aktivitas Radikal Bebas
Adanya radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan masalah serius. Untungnya, ekstrak metanol yang ada dalam bunga pisang memiliki sifat antioksidan. Jantung pisang ini dapat dimanfaatkan untuk menangani radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada tubuh. Juga, mengobati banyak masalah kesehatan, seperti penuaan dini dan kanker.

Baca juga :  8 Jenis Makanan yang Turunkan Kolesterol

3. Mengurangi Pendarahan Menstruasi
Wanita sering merasakan nyeri saat menstruasi. Jantung pisang dipercaya mampu meningkatkan kadar progesteron dan mengatur hormon wanita agar siklus menstruasi menjadi teratur dan mengurangi pendarahan. Cobalah membuat tumisan jantung pisang untuk membantu mengatasi masalah ini.

4. Mengelola Diabetes Dan Anemia
Jantung pisang juga mampu mengurangi kadar gula darah. Ini juga meningkatkan kadar hemoglobin total dalam tubuh. Namun, seperti halnya aktivitas antimikroba, efek hipoglikemik bunga pisang belum terbukti secara klinis.

5. Sumber Kaya Vitamin Dan Mineral
Bunga pisang mengandung berbagai vitamin seperti Vitamin A, C, dan E. Dan juga mengandung kalium dan serat. Ini menjadikannya makanan kesehatan yang sangat baik dan sumber nutrisi sehat.

6. Meningkatkan Mood Dan Mengurangi Kecemasan
Jangan terlalu mengandalkan obat anti-depresi, jika kamu merasa sedih dan stres! Cobalah bunga pisang sebagai gantinya! Karena mengandung magnesium, bunga pisang mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood. Bunga ini adalah anti depresan alami tanpa efek samping.

7. Membantu Ibu Menyusui
Ibu yang baru melahirkan sering mengalamii banyak masalah dalam hal menyusui. Salah satu masalah utama yang mereka hadapi adalah berkurangnya pasokan susu. Jantung pisang meningkatkan pasokan susu yang membantu ibu-ibu baru menyusui buah hati mereka dengan lebih baik.


Itulah beberapa manfaat jantung pisang yang jarang diketahui orang. Ketika dikombinasikan dengan konsumsi pisang, kamu dapat menuai semua manfaat kesehatan luar biasa yang ditawarkan. Sudahkah kamu menyertakan jantung pisang ke dalam menu harianmu?


You may also like...