Kamu Perlu Tahu Manfaat Minum Teh Mawar

teh mawar, manfaat teh mawar, efek samping teh mawar, manfaat teh mawar dan efek samping

Apakah kamu sudah pernah minum teh mawar? Teh mawar sebenarnya bisa dinikmati untuk berbagai keperluan baik kebutuhan estetika dan obat. Minuman ini dikenal bisa membantu meringankan rasa sakit selama periode menstruasi, juga baik untuk pencernaan dan membantu dalam menangani kecemasan serta penyakit diabetes. Banyak dari manfaat teh mawar dikaitkan dengan kandungan senyawa phytochemical yang kaya dalam teh. Artikel ini membahas manfaat dan nutrisi yang terkandung dalam teh mawar yang harus kamu ketahui.

Apa itu Teh Mawar?
Teh mawar adalah minuman diseduh dengan air panas dan diberi kelopak dan kuncup mawar kering (Rosa damascena). Kelopak dari beberapa kultivar spesies mawar digunakan untuk membuat teh ini.


Penelitian telah menemukan bahwa ekstrak air bunga mawar memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik (penghilang rasa sakit). Ini dapat dikaitkan dengan komponen bioaktif yang ada dalam bunga mawar.

Apa Manfaat Minum Teh Mawar?
Salah satu kandungan teh mawar yang telah dikenal luas adalah kapasitas antioksidannya. Teh mawar dianggap meningkatkan kesehatan selama menstruasi dan mengurangi kecemasan, rasa sakit, dan penyakit radang.

1. Mengurangi Kram Menstruasi
Kram menstruasi bisa menjadi masalah utama bagi sebagian besar wanita. Menurut penelitian, hampir 50% remaja wanita menunjukkan penurunan dalam prestasi akademik, olahraga, dan bersosialisasi dengan teman karena kram menstruasi.


Teh mawar dan ekstraknya telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi nyeri haid dan dismenore. Sebuah penelitian dengan 130 gadis dibentuk untuk menyelidiki efek ini. Kelompok uji diberikan teh mawar untuk diminum, dan data intervensi dikumpulkan setelah satu, tiga, dan enam bulan pelaksanaan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadis-gadis yang minum teh mawar merasakan lebih sedikit rasa sakit, kecemasan selama menstruasi. Oleh karena itu, minuman teh mawar sangat membantu pengobatan yang relatif aman dan sederhana untuk keluhan dismenore dan sindrom pramenstruasi (PMS).

2. Dapat Meningkatkan Pencernaan Dan Menghilangkan Sembelit
Kelopak mawar telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati masalah pencernaan. Penduduk Suriah, Lebanon, Asyur, dan pedesaan Timur Tengah mengonsumsi minuman berbasis mawar. Kuntum, bunga, atau ekstraknya ditambahkan ke dalam minuman.


Salah satu minuman tersebut namanya Zhourat. Berbagai unsur mawar ditambahkan ke teh herbal ini untuk mengobati masalah pencernaan. Dengan menambahkan kelopak, tunas, atau minyak Rosa damascena dapat meningkatkan potensi antioksidannya. Ekstrak mawar meningkatkan kadar air dalam tinja dan frekuensi buang air besar karena menstimulasi pergerakan cairan di usus.

3. Membantu Penurunan Berat Badan
Beberapa penelitian telah mengaitkan peradangan yang tinggi dengan penambahan berat badan. Teh mawar diketahui dapat melawan peradangan, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca juga :  Glutathione : Sumber dari Semua Antioksidan


Minuman yang dikonsumsi setiap hari, seperti teh dan kopi mengandung kafein. Kelopak mawar tidak mengandung campuran teh dan bebas kafein. Karenanya, teh mawar bisa menjadi alternatif yang bagus daripada minuman berkafein yang biasa kamu konsumsi. Teh mawar dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

4. Membantu Mengelola Diabetes
Ekstrak mawar menekan penyerapan karbohidrat dari usus kecil. Merupakan inhibitor kuat enzim metabolisme glukosa yang dikenal sebagai alpha-glucosidase. Membantu mengurangi kadar glukosa postprandial (pasca makan) dan membantu mengontrol diabetes. Teh mawar juga kaya akan polifenol yang diketahui mengurangi risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

5. Meredakan Kecemasan Dan Rasa Sakit
Minum teh mawar dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Rosa damascena, sebagai spesies, juga diketahui memiliki sifat analgesik. Aromaterapi mawar juga telah terbukti meningkatkan mood dan kualitas tidur. Ini dapat meredakan depresi, kesedihan, stres, dan rasa sakit.

6. Dapat Membantu Pertumbuhan Rambut
Kelopak mawar, terutama mawar putih dan merah muda, memiliki sifat antioksidan dan anti alergi yang sangat baik. Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea Selatan menemukan bahwa kelopak mawar putih menurunkan oksidasi lipid dan protein dalam sel-sel rambut.


Fitokimia mawar dapat menghambat sekresi sebum. Kadar sebum yang rendah dapat mencegah gatal dan masalah kulit kepala yang berminyak. Ketika ditambahkan ke produk rambut, seperti sampo, ekstrak mawar (dari berbagai spesies) dapat membantu mengurangi peradangan kulit kepala juga.


Senyawa ellagitannin dan epigallocatechin gallate dalam kelopak mawar dapat mencegah rambut rontok dan kondisi seperti seborrheic dermatitis. Minum teh mawar atau menerapkan ekstraknya secara topikal dapat mengobati peradangan kulit kepala dan rambut rontok.

7. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker
Kelopak mawar telah dipelajari secara luas efek sitotoksik dan antioksidannya, juga ditemukan memiliki sifat anti-mutagenik.


Teh mawar kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengikat radikal bebas yang dilepaskan saat stres oksidatif. Jika tidak diperiksa, maka dapat meningkatkan risiko penyakit sistemik kronis, termasuk kanker. Radikal bebas yang disebabkan oleh stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan pada tingkat sel dengan memutasikan DNA.

8. Memiliki Efek Antimikroba
Kultivar mawar tertentu telah dipelajari untuk menggali sifat antimikrobanya. Kandungan flavonoid, tanin, asam fenolik, dan karotenoid dalam kelopak mawar mendukung efek antimikroba.


Kelopak mawar menunjukkan efek penghambatan terhadap beberapa bakteri. Ini termasuk Staphylococcus epidermidis, S. aureus, Bacillus subtilis, Micrococcus luteus, Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, Pseudomonas aeruginosa, Proteus mirabilis, dan juga menghambat pertumbuhan beberapa spesies ragi.


Fitokimia yang ditemukan dalam kelopak mawar berkontribusi atas manfaat ini. Ada beberapa agen antiinflamasi, antioksidan, dan analgesik terdapat dalam teh mawar.

Baca juga :  Manfaat Suplemen Minyak Ikan yang Perlu Anda Tahu

Apa Itu Phytochemical Dalam Teh Mawar?
Tanaman mawar mengandung terpen, glikosida, flavonoid, antosianin, asam karboksilat, dan beberapa senyawa organik sederhana dan kompleks. Myrcene, kaempferol, quercetin, tannin, dan minyak lemak juga ditemukan pada bunganya. Sebagian besar flavonoid terdapat dalam minyak esensial.


Analisis biokimiawi mengungkapkan bahwa kandungan total senyawa fenolik pada sebagian besar spesies teh mawar sama atau lebih tinggi dari pada teh hijau. Asam galat ditemukan dalam teh yang dibuat dari beberapa kultivar mawar. Asam galat bebas dianggap sebagai bahan utama di balik kapasitas antioksidan yang kuat dari minuman ini.


Antosianin merupakan gugus phytochemical yang bertanggung jawab dari warna kelopak mawar. Mereka juga membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuhmu. Bersamaan dengan asam fenolik dan tanin, pigmen ini meningkatkan nilai obat bagi teh mawar.


Karena itu, terbukti teh ini memiliki potensi antioksidan yang lebih tinggi daripada teh hijau dan hitam. Polisakarida yang dikandungnya membuat teh ini terasa agak manis atau netral.


Di bawah ini ada resep sederhana untuk menyeduh teh mawar. Kamu bisa menyeduh teh mawar dengan kelopak mawar segar atau kering. Kamu juga bisa membelinya di toko online, sudah tersedia.

Cara Membuat Teh Mawar Di Rumah

  • Dapatkan 1-2 gelas kelopak mawar segar organik, bebas pestisida.
  • Cuci di bawah air mengalir.
  • Tambahkan kelopak ini dan rebus dengan 3 gelas air minum
  • Rebus sekitar 5-6 menit
  • Saring ke dalam gelas saji
  • Tambahkan sedikit gula (opsional)
  • Sajikan hangat

Berapa Banyak Teh Mawar yang Bisa Diminum Sehari?
Meskipun tidak ada penelitian kuantitatif yang dilakukan batas mengkonsumsi teh mawar, lebih baik minum tidak lebih dari 5 cangkir. Mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping tertentu.

Efek Samping Teh Mawar
Sesuai bukti anekdotal, mengonsumsi teh mawar secara berlebihan dapat menyebabkan mual atau diare. Namun, ekstrak mawar biasanya tidak berbahaya, FDA mengakui aman dikonsumsi. Tetapi jika kamu sensitif terhadap makanan tertentu, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi teh mawar.


Teh mawar adalah minuman yang berkhasiat. Kelopak mawar kaya akan antioksidan, seperti antosianin, fitokimia anti-inflamasi, dan senyawa antimikroba. Dengan menambahkan ke minuman harian, kamu dapat menuai manfaatnya.


You may also like...