Manfaat Teh Serai bagi Kesehatan Anda

Bagikan :

teh serai, manfaat teh serai, khasiat teh serai
Manfaat Teh Serai bagi Kesehatan AndaAda banyak manfaat dari teh serai yang dapat membantu Anda menjalani hidup sehat secara keseluruhan. Baca artikel Tulisanwanita.com berikut untuk memperkaya pengetahuan Anda tentang nilai kesehatan dari teh ini.

Nama ilmiah dari serai atau sereh adalah Cymbopogon. Herbal ini banyak digunakan di Indonesia, India, Sri Lanka dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Serai dapat dikenali dengan tanamannya yang tinggi, daun bergaris dengan aroma lemon-jeruk segar. Teh serai tersedia dalam bentuk kantong teh yang terdiri dari daun sereh kering. Teh serai adalah sumber yang kaya zat berkhasiat : vitamin A, C dan folat, mineral seperti kalium, kalsium, magnesium dan jumlah asam lemak baik. Manfaat kesehatan teh serai utamanya karena semua komponen gizi tersebut.

Manfaat kesehatan dari teh serai
Teh serai baik untuk sistem pencernaan. Ini berisi bahan aktif bernama Citral yang membantu dalam pencernaan makanan. Dengan demikian dapat digunakan untuk mengobati gejala pencernaan umum seperti diare, kembung, mual, kram perut, dll

Teh serai sangat bermanfaat bagi sistem saraf. Membuat saraf lebih kuat, aktif, dan sehat. Untuk alasan ini, serai digunakan untuk mengobati berbagai gangguan yang berhubungan dengan sistem saraf seperti vertigo, anggota badan gemetar, kurangnya refleks, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson dan sebagainya. Jika diminum secara teratur, teh serai dapat mencegah semua penyakit ini.

Studi penelitian telah menemukan bahwa serai memiliki sifat melawan kanker yang sangat baik. Sekarang komponen citral dalam teh mengaktifkan mekanisme apoptosis dari sel-sel kanker. Akibatnya, sel-sel ganas mulai menghancurkan diri mereka sendiri yang juga disebut sebagai bunuh diri sel. Hal yang paling menakjubkan adalah tidak ada sel-sel yang sehat dan normal dirusak karena proses itu.

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, Anda bisa menggunakan teh sereh untuk tujuan ini. Ia memiliki sifat diuretik yang meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hampir, empat persen dari total volume urin terdiri dari lemak. Akibatnya, sejumlah besar lemak dihilangkan karena sering buang air kecil. Dalam proses ini, juga akan menghilangkan kelebihan air yang tidak diinginkan dalam tubuh. Dengan cara ini Anda akan dapat mengurangi beberapa kilo dari tubuh Anda setiap minggu.

Manfaat lain dari efek diuretik teh sereh adalah bertindak sebagai agen detoksifikasi. Hal ini dapat digunakan untuk membersihkan berbagai organ internal tubuh yang meliputi ginjal, kandung kemih, liver, dan tentu saja saluran pencernaan. Juga memfasilitasi pembilasan racun seperti asam urat dan kolesterol dari tubuh.

Teh serai membawa perbaikan kondisi kulit secara keseluruhan. Sifat anti-mikrobanya dapat melawan infeksi bakteri pada permukaan kulit yang menyebabkan jerawat. Selain itu, kualitas zat dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit sehingga membuat kulit terlihat sehat.

Teh herbal ini dapat menyembuhkan insomnia dan berbagai jenis gangguan tidur lain. Itu karena teh ini memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh, dan mengurangi stres dan kecemasan yang sering membuat sulit tidur. Jadi, secangkir teh ini sebelum tidur dapat memberikan tidur nyenyak di malam hari.

teh serai sangat efektif untuk menurunkan demam tinggi karena akan meningkatkan keringat yang pada gilirannya membantu mendinginkan tubuh. Selain itu, juga melawan infeksi yang memicu demam. Ia bekerja sebagai analgesik dan meredakan rasa sakit dan peradangan. Jadi, itu digunakan untuk mengobati berbagai bentuk nyeri tubuh termasuk nyeri sendi, rematik, sakit kepala, dan cedera olahraga.

Bagaimana cara membuat teh serai?
Tuangkan satu cangkir air mendidih ke dalam satu sendok makan daun sereh kering. Tutup dan biarkan selama 5 menit. Jika Anda memiliki sereh di pekarangan Anda, maka Anda dapat mengambil beberapa daun segar, mengupas kulitnya hingga bersih, memotongnya menjadi potongan-potongan kecil dan dimasukkan dalam secangkir air mendidih selama 5 menit. Setelah itu, saring cairan, dan teh herbal Anda sudah siap. Tambahkan satu sendok teh madu sebagai pemanis sebelum Anda mengambil tegukan pertama. Ada juga beberapa orang lebih memilih menambahkan susu dan gula untuk menambah cita rasa. Anda dapat menikmatinya panas atau menambahkan es batu sebagai es teh. Anda dapat mengkonsumsi hingga empat cangkir teh ini setiap hari. Boleh diminum segera setelah makan atau sebelum tidur.

Tidak ada efek samping yang diketahui dari teh serai sejauh ini. Namun, wanita hamil harus menghindari teh ini karena tidak ada bukti yang meyakinkan apakah itu aman bagi mereka atau tidak. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan yang mendasar, maka Anda harus meminta saran dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengambil teh. Jika Anda membeli teh serai kemasan, pastikan membaca labelnya dengan hati-hati dan hanya berisi serai murni saja. Karena ramuan ini cenderung bereaksi negatif ketika dikombinasikan dengan beberapa bahan tambahan lainnya.


Loading...
Bagikan :

You may also like...